Ciptakan Team Building Dengan Outbound Arung Jeram Sukabumi

Dalam semua organisasi termasuk perusahaan team building sangat diperlukan. Kekompakan, kerjasama tim, dan kebersamaan diperlukan untuk saling bersinergi mewujudkan tujuan yang diinginkan bersama. Untuk menciptakan kekompakan tim tidak dapat diwujudkan dengan mudah dan instan. Apalagi soft skill ini tidak diberikan pemahaman khusus bagi karyawan di dalam lingkungan kantor. Pelatihan team building biasanya diadakan di luar jam kerja di dalam kantor. Salah satu pelatihan untuk membentuk team building dilakukan melalui arung jeram. Kegiatan ini dapat dilakukan di lokasi arung jeram Sukabumi. Di daerah ini tersedia banyak tempat rafting atau arung jeram yang biasa dimanfaatkan perusahaan-perusahaan. Melalui kegiatan arung jeram ini diharapkan karyawan mampu mengimplementasikan team building di dalam lingkungan kerja.

Manfaat Kegiatan Arung Jeram

Arung jeram Sukabumi selain dilakukan sebagai sarana hiburan dan refreshing yang menyenangkan juga memiliki banyak manfaat bagi karyawan. Beberapa manfaat yang didapatkan yaitu:

  1. Menguji ketahanan fisik dan mental
  2. Melatih kekompakan dan kerjasama dengan teman satu tim
  3. Menguji adrenalin
  4. Meningkatkan relaksasi, yaitu menyegarkan tubuh dari stres akibat kepenatan sehari hari
  5. Dapat membuat tubuh sehat karena meningkatkan kemampuan jantung dan paru – paru, kekuatan dan daya tahan otot, serta fleksibilitas sendi bahu dan pinggang.

Tempat Arung Jeram Sukabumi

Mengingat banyaknya manfat yang diperoleh dengan melakukan kegiatan arung jeram, maka tak heran banyak sekali tempat yang disediakan untuk  keperluan olahraga ini. Di Sukabumi sendiri ada beberapa tempat yang dapat dijadikan sebagai sarana untuk melakukan arung jeram, diantaranya:

  1. Sungai Citarik
  2. Sungai Cisadane
  3. Sungai Citatih
  4. Rafting Kalibaru

Tujuan Pelatihan Team Building Dengan Memanfaatkan Olahraga Arung Jeram

Program Pelatihan Team Building memiliki beberapa tujuan sebagai berikut:

  1. Meningkatkan rasa memiliki (sense of belonging)dankepercayaan (TRUST) terhadap nilai-nilai organisasi yang termanifestasikan dalam perilaku sehari-hari di tempat kerja.
  2. Meningkatkan kesadaran dan sensitifitas atas fenomena yang terjadi di tempat kerja dan berlatih menjadi bagian dari solusi (part of solution).
  3. Menghidupkan kembali (reawakening) komitmen manajemen untuk melaksanakan corporate culture yang telah disepakati oleh the founding father dari organisasi atau perusahaan .
  4. Melepaskan dan menetralisir (release) masalah-masalah emosional dan sosial yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan nilai, interaksi harian di kantor maupun tekanan di luar lini perusahaan
  5. Membangunsemangat kebersamaan (sinergi) dengan prinsip-prinsip leadership dan followership yang seimbang
  6. Mengurangi ego sektoral sekaligus meningkatkan performance sebagai satu team (Teamwork)

Siapa Yang Butuh Outbound Team Building?

Team building memiliki peran penting untuk menyatukan pemikiran sebuah kelompok. Terutama di sebuah perusahaan yang sangat memerlukan kerja sama yang bagus. Tetapi tidak hanya untuk sebuah perusahaan yang memiliki banyak karyawan, sebuah sekolah juga diwajibkan untuk membangun sebuah tim agar kerja sama antar siswa semakin erat. Dan berikut adalah siapa saja yang membutuhkan team building agar lebih efisien.

  • Sekolah (Guru dan Siswa)

Untuk sebuah sekolah tentunya juga memerlukan team building yang bagus, baik untuk siswa maupun untuk guru,. Menjalin kerja sama yang bagus antar siswa dengan siswa lain, guru dengan guru, dan guru dengan siswa tentunya dapat meningkatkan interaksi antar sesama.

Guru akan lebih mudah untuk menerangkan sebuah pelajaran ke siswa, dan siswa tidak akan canggung lagi untuk bertanya pada guru. Selain team building, Inspiera menghadirkan training motivasi atau meningkatkan motivasi guru agar dapat lebih bersemangat dalam memberi pelajaran. Contoh yang pernah diberikan motvasi oleh tim Inspiera adalah dalam acara “Public Training Guru PGRI Tulungagung” dengan peserta 500 orang.

  • Mahasiswa

Mahasiswa adalah masa depan sebuah negara. Team building untuk meningkatkan kualitas pemikiran dan juga jiwa sosial tentunya wajib untuk mahasiswa. Inspiera akan memberikan kelas untuk mahasiswa yang ingin meningkatkan kualitas diri dalam sebuah tim, baik dengan motivasi ataupun kegiatan outbound.

Beberapa universitas yang telah menghadirkan tim Inspiera adalah Universitas Muhammadiyah Pare-Pare dan Universitas Gorontalo.

  • Perusahaan

Perusahaan sangat penting untuk membentuk sebuah tim yang kokoh agar dapat menyentuh target perusahaan. Team building dengan mentor Inspiera pastinya dapat membuat karyawan lebih kompak dan juga lebih termotivasi untuk menjadi tim yang solid dan evisien.

Selain itu, team building dengan konsep outbound, dapat meningkatkan kembali semangat karyawan. Dengan konsep yang seru dan juga kegiatan yang menyenangkan, pastinya karyawan menjadi semangat untuk bekerja.

Beberapa perusahaan yang telah menggunakan jasa Inspiera untuk kegiatan Team building adalah Bank Indonesia, Bea Cukai Gresik, PT Varindo Lombok Inti, Kantor Pajak Kanwil III Malang, dan masih banyak lagi.



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Leave a Comment