7 Wisata Arung Jeram Paling Seru di Jawa Timur

Arung jeram atau rafting adalah suatu aktifitas atau olahraga mengarungi sungai berjeram dengan menggunakan alat tertentu. Alat untuk melakukan aktifitas tersebut ada berbagai macam. Bisa menggunakan kano dan dayung, perahu karet atau menggunakan kayak.

Rafting Kasembon
Arung Jeram 081.230.231.150

Arung jeram adalah olahraga kelompok yang sangat mengandalkan kekompakan dan kerja sama tim. Jadi faktor utama dalam keberhasilan olahraga ini adalah kerjasama tim. Olahraga ini merupakan olahraga yang sangat beresiko (high risk sport). Tapi semua orang bisa melakukan olahraga ini asalakan dalam keadaan sehat dalam fisik maupun mental dan cermat dalam membaca medan.

Manfaat Arung Jeram

Olahraga arung jeram sangat bermanfaat bagi tubuh, antara lain :

  • Melatih kekuatan otot
  • Melatih kebersamaan
  • Menyehatkan jantung
  • Melatih emosi
  • Memberrsihkan paru-paru

Grade Medan Olahraga Arung Jeram

Medan (sungai) untuk melakukan olahraga arung jeram terbagi menjadi beberapa kelas.

  1.  Kelas 1 / easy : Medan yang lurus dengan jeram yang mudah untuk dilalui.
  2.  Kelas 2 / novice : Aliran sungai yang deras serta terdapat batu-batu yang mendongkak. Dibutuhkan beberapa manuver untuk melalui jeram.
  3.  Kelas 3 / intermeditiate : Aliran sungai dengan jeram yang tidak beraturan dan sedikit sulit dihindari. Serta dibutuhkan manuver yang rumit untuk melaluinya.
  4.  Kelas 4 / advanced : Aliran dengan banyak pusaran air. Manuver yang dilakukan sangat cepat. Jadi penumpang harus selalu siap.
  5.  Kelas 5 / expert : Sungai dengan jeram yang panjang dan besar, serta banyak hole yang susah dihindari. Dibutuhkan perlengkapan safety yang mumpuni.
  6.  Kelas 6 / extreme : Aliran sungai yang sangat berbahaya. Jadi hanya boleh dilakukan oleh pengarung jeram yang sudah handal / ahli. Serta tim penyelamat harus selalu siap siaga.

Di Indonesia sendiri banyak sekali tempat-tempat untuk melakukan olahraga arung jeram. Khusus di Jawa Timur ada 7 tempat wisata arung jeram yang seru dan paling terkenal. Beberapa di antaranya sudah menjadi primadona di Indonesia.

Berikut 7 tempat terbaik wisata arung jeram di Jawa Timur

Kasembon rafting Kab. Malang

Outbound rafting Malang ini terletak di Desa Bayem Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang. Kasembon rafting menjadi salah satu tempat rafting terkenal di Indonesia. Dengan medan sepanjang 7,5 km yang dikelilingi bukit dan banyaknya jeram yang memacu adrenalin. Medan ini  menggunakan aliran dari sungai Sumberdadang. Grade / tingkat kesulitan rafting disini setara kelas 2 dan 3. Jarak tersebut bisa dilalui oleh seorang rafter pemula dengan waktu sekitar 2 jam.

Songa rafting Probolinggo Jatim

Arung Jeram 085.110.434343

Dengan menggunakan aliran sungai Pekalen Atas yang terletak di Desa Ranu Gedang. Medan disini memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan dengan sungai Pekalen Bawah. Sungai ini memiliki kedalaman sekitar 3 meter dan memiliki banyak jeram (sekitar 30 buah). Jarak pengarungannya sekitar 12 km, yang dapat ditempuh oleh rafter selama kurang lebih 3,5 jam. Di medan rafting ini juga ada jeram yang paling terkenal ,yaitu jeram inul. Karena para rafter akan bergoyang seperti inul ketika melewati jeram tersebut.

Kaliwatu rafting Batu

Arung Jeram 085.110.434343

Kota wisata batu terkenal dengan tempat olahraga extreme. Selain paralayang dan downhill kota wisata batu juga memiliki tempat untuk penggemar olahraga arung jeram. Terletak di Desa Pandanrejo Kecamatan Bumiaji yakni Kaliwatu rafting. Dengan menyusuri sungai Brantas sebagai medan Kaliwatu rafting sangat direkomendasikan bagi anda pecinta olahraga extreme, khususnya arung jeram.

Selain menggunakan perahu karet sebagai alat disini juga menyediakan donat boat bagi anda yang ingin mencoba pengalaman baru. Jarak tempuh untuk menyusuri medan disini sekitar 7,5 km dengan waktu sekitar 2 jam untuk para rafter. Jika anda lelah setelah berarum jeram , disini juga menyediakan rest area untuk anda beristirahat.

Obech rafting Pacet Mojokerto

Obech rafting bisa dikatakan yang paling unik dan menarik. Kenapa? Karena rafting disini kita tidak menggunakan dayung seperti rafting pada umumnya. Selain itu kita juga sudah dihadapkan dengan jeram-jeram yang bervariasi sejak kita melakukan start. Pemandangan selama rafting disini juga sangat luar biasa indahnya. Aliran sungai disini memiliki grade 2 dan 3. Pemandangan selama perjalanan dan ketika anda melakukan rafting sangan menakjubkan. Sawah-sawah , perkebunan dan perbukitan adalah pemandangan alam yang akan anda jumpai disini. Obech rafting sendiri terbagi menjadi 2 medan. Sungai Kromong Atas dan sungai Kromong Bawah dengan jarak tempuh masing-masing medan sekitar 2 jam (sungai Kromong Atas) dan 3 jam (sungai Kromong Bawah).

Bosamba rafting Bondowoso

Bosamba rafting adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Taman Krocok Kec. Wonosari Bondowoso. Bosamba adalah singkatan dari Bondowoso Sampean Baru. Nama itu sesuai dengan nama sungai yang di gunakan untuk kegiatan rafting , yaitu sungai sampeyan baru. Dengan jarak 12 km dari kota bondowoso tempat wisata ini sangat mudah ditemukan. Waktu tempuh untuk rafting disini dari start sampai finish sekitar 2-3 jam. Dengan 27 jeram besar dan kecil dan ada 3 titik pesona air terjun yang sangat memanjakan mata. Tidak salah jika Bosamba rafting adalah tempat yang digemari olahe rafter Nasional sampai mancanegara.

Ndayung rafting Malang

Arung Jeram 085.110.434343

Terletak di Desa Gubuklakah Poncokusumo tempat wisata  ini bisa ditempuh sekitar 45 menit dari kota Malang. Selain menyediakan wahana rafting, Ndayung rafting juga menyediakan wisata edukasi petik apel, jungle tracking dan yang lain. Dengan lokasi yang berada dilereng gunung semeru sebelah utara, area ini memiliki view yang sangat indah. Anda juga bisa menikmati sunset di sore hari. Medan disini memiliki 20 jeram dengan 2 jeram andalan. 2 jeram tersebut biasa disebut welocome dan double jeram loading dengan ketinggian 4-5 meter. Medan ini sangat cocok untuk rafter pemula maupun rafter profesional. Selain itu lokasi base camp  dekat dengan air terjun coban pelangi. Jadi sangat cocok bagi anda untuk bersantai melepas lelah setelah berarum jeram.

Batu rafting

Batu rafting adalah area rafting yang terletak di kota wisata Batu. Lokasinya tidak jauh dari pusat (alun-alun) kota Batu. Lokasi base campnya pun mudah dijangkau, sekita 500 meter dari pusat perbelanjaan lippo plasa. Batu rafting menggunakan aliran sungai brantas sebagai medan. Disini anda akan di ajak untuk memacu adrenalin anda selama kurang lebih 2 jam. Jalur di batu rafting terbagi menjadi 3 dengan sekitar 215 jeram. Anda juga akan disuguhkan air terjun yang memanjakan mata di area jalur rafting. Banyak sekali fasilitas yang di sediakan disini.

Bagi anda yang memiliki hobi olahraga ekstreme atau sekedar ingin mencoba sensasi olahraga rafting anda bisa bekerja sama dengan PT. Inspiera Sinergi Indonesia. Perusahaan berbasis jasa dibidang pelayanan dan peningkatan kualitasSDM. Dengan pengalaman selama 13 tahun menangani kegiatan outbond dan training pelatihan SDM. PT. Inspiera Sinergi Indonesia sangat dipercaya untuk menangani acara- acara outbond dan pelatihan SDM.

Pelatihan dan pengembangan SDM

Anda tidak perlu bingung dengan alat transportasi untuk menuju ke area. Anda juga tidak perlu bingung mencari tempat penginapan. Karena keperluan kegiatan selama acara semuanya akan di persiapkan oleh tim kami. Jadi anda hanya perlu berlibur dan menikmati wisata rafting di tempat yang anda inginkan.

Selain menangani program acara outbond dan pelatihan SDM. PT. Inspiera Sinergi Indonesia juga menyediakan jasa pelatihan motivasi karyawan yang sangat bermanfaat bagi kemajuan dan semangat kerja karyawan anda. Anda ingin mendapatkan solusi meningkatkan semangat dan prestasi karyawan anda? Segera hubungi no : 081.230.231.150



CALL Bpk. Andik: 
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (Tsel SMS/TELP)
 
OFFICE : 0341 - 5023416 
EMAIL : inspieraid@gmail.com 
ALAMAT : Joyoland  A18, Malang, Jawa Timur

Leave a Comment