6 Cara Memotivasi Karyawan Agar Lebih Giat Bekerja

Apapun pekerjaannya dan bagaimana pun kita menyukai pekerjaan tersebut tentu saja ada titik jenuh dan lelah yang dirasakan. Sebab kegiatan yang dilakukan terus menerus tentu akan membosankan. Hal ini juga bisa terjadi pada semua kryawan di perusahaan. Lalu apa yang seharusnya seorang pemimpin lakukan jika karyawan mereka mengalami hal demikian? Maka jawabannya adalah memotivasi karyawan. Cara memotivasi karyawan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya yaitu dengan mengadakan pelatihan. Namun ada hal-hal sederhana yang bisa dilakukan untuk memotivasi karyawan, beberapa diantaranya yaitu:

1. Dengar Dan Hargai Ide-ide Baru Karyawan

Tidak ada salahnya meluangkan waktu sedikit untuk berbincang dan mendengarkan ide-ide baru karyawan. Kita semua tahu bahwa setiap orang ingin didengarkan, tak terkecuali juga karyawan Anda. Dengan mendengarkan ide-ide karyawan mereka akan merasa dihargai sebagai bawahan. Hal ini tentu saja akan membuktikan bahwa Anda seorang atasan yang berwibawa dan bijaksana.

Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang memberi kesempatan bagi karyawan untuk mengembangkan kreativitas melalui ide-idenya. Hargailah setiap pendapat atau ide yang diajukan oleh karyawan. Dengan demikian mereka akan lebih semangat untuk bekerja lebih giat lagi untuk perusahaan Anda.

2. Bantu Merencanakan Karier Karyawan

Setiap karyawan pasti memiliki keinginan untuk naik jabatan. Hal ini sebagai bentuk prestasi bagi diri mereka sendiri untuk mendapatkan jenjang karir yang lebih baik. Jika Anda seorang pemimpin yang bijak tentu saja Anda tidak boleh menutup mata harapan karyawan Anda. Berikan penilaian terhadap karyawan secara obyektif. Berikan pula pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas diri mereka.

Dengan demikian mereka akan merasa memiliki peluang yang sama untuk mendapatkan jenjang karir yang lebih baik. Tentu saja hal ini akan merangsang mereka untuk bekerja dengan lebih baik lagi. Membantu membangun karir karyawan juga akan berdampak positif bagi kemajuan perusahaan Anda.

3. Apresiasi Kinerja Sekecil Apa pun

Semua orang pasti ingi dihargai, begitu pula dengan Anda dan karyawan Anda. Perhatikan setiap kinerja karyawan Anda. Apabila terdapat peningkatan terhadap kinerjanya apresiasilah sekecil apapun. Dengan memberikan apresiasi terhadap karyawan maka akan menambah semangat lagi bagi mereka.

Oleh sebab itu melakukan evaluasi terhadap kinerja karyawan adalah hal yang penting. Melalui evaluasi ini Anda dapat mengerti sejauh mana kemampuan dan kapasitas karyawan Anda. Dengan memahami hal ini Anda akan lebih mudah untuk mengarahkan karyawan.

4. Bangun Kepercayaan Antara Anda dan karyawan

Cara memotivasi karyawan juga bisa dilakukan dengan membangun kepercayaan dengan karyawan. Seperti yang kita tahu bahwa kepercayaan merupakan modal untuk hubungan kerja yang lebih baik. Bangunlah hubungan baik Anda dengan karyawan melalui rasa saling percaya.

Salah satu cara untuk membangun kepercayaan yaitu dengan melakukan komunikasi yang baik dengan karyawan. Selain itu, jangan pernah menaruh curiga atau keraguan terhadap pekerjaan yang diberikan akan tidak dapat dikerjakan dengan baik. Hal ini justru akan memunculkan rasa pesimis bagi karyawan. Akui kemampuannya dan percayakan pekerjaan sesuai tanggung jawab mereka.

5. Buat Suasana Kerja yang Positif dan Menyenangkan

Salah satu ciri lingkungan yang positif yaitu lingkungan kerja yang nyaman dan membuat karyawan semangat. Sering kita jumpai di dalam kantor terdapat karyawan yang bergosip pada saat jam kerja. Ini merupakan tanda-tanda lingkungan kerja yang tidak positif.

Jangan sampai hal ini terjadi pada perusahaan Anda. Sebagai seorang pemimpin Anda harus dapat menciptakan lingkungan kerja yang positif. Jangan beri celah karyawan untuk bergosip saat jam kerja masih berlangsung. Hal ini akan mengganggu karyawan lain dan menjadikan karyawan malas bekerja. Jangan lupa untuk memberikan fasilitas yang lengkap agar suasana di lingkungan kerja menjadi lebih nayaman dan membuat semangat.

6. Rencanakan waktu gathering dan refreshing bersama

Quality time adalah kata yang tepat untuk menggambarkan ini. Gathering dan refreshing adalah hal yang tepat untuk menghilangkan stress karyawan Anda. Tidak ada salahnya berkumpul bersama karyawan untuk sekedar ngobrol santai di restoran ataupun café.

Kebersamaan di luar lingkungan kerja seperti ini biasanya lebih efektif untuk meningkatkan kedekatan bersama karyawan. Jika karyawan merasa nyaman memiliki pemimpin yang mementingkan quality time tentu saja ini akan menjadi prestasi membanggakan bagi Anda. Cara memotivasi karyawan ini juga bisa Anda lakukan melalui outbound. Dengan outbound justru tidak hanya refreshing yang didapat tapi juga ada pembentukan karakter yang akan dibangun melalui berbagai permainan di dalamnya.

 



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Tinggalkan komentar