Character Building, Kunci Sukses Efisiensi Karyawan

Karakter seseorang sangat berpengaruh terhadap kehidupannya dimana saja, kapan saja, dan bagi siapa saja. Karaketr terdiri dari watak, sifat kejiwaan dan akhlak seseorang. Jika  ketiga elemen tersebut dimiliki seseorang dengan baik, maka keberadaan dirinya untuk diterima di lingkungan dia berada sangat besar.

Orang akan menghargai dan merasa nyaman jika berhubungan dengan seseorang yang memiliki karakter yang baik. Sebab karakter seseorang dapat mempengaruhi kehidupan orang lain. Misalnya saja, seseorang yang berteman dengan orang yang memiliki watak suka berbohong, maka lambat laun dia akan terpengaruh oleh temannya. Kebiasaan dia bergaul dengan temannya melalui alam bawah sadar akan membuat dirinya memiliki kebiasaan yang sama dengan temannya.

Oleh karena itu sebuah character yang baik sangat penting dimiliki seseorang. Karakter tidak hanya dibangun untuk mereka sebagai orang yang memiliki peran besar dalam kehidupan seperti dokter, guru, dosen, dan seorang pemimpin. Karakter juga tidak hanya penting bagi seseorang karena jabatan dan pekerjaannya. Siapapun yang ingin diterima di lingkungan dan ingin menjadi sukses harus memiliki modal karakter yang baik.

Bagaimana Agar Dapat Memiliki Karakter Yang Baik?

Untuk memiliki karakter yang baik dibutuhkan latihan secara terus menerus. Sebab karakter bukan sesuatu yang instan untuk di dapatkan. Membangun sebuah karakter yang baik diperlukan waktu yang cukup lama karena harus melalui kebiasaan. Kebiasaan-kebiasaan baik akan membentuk sebuah karakter yang baik.

Pembentukan karakter bisa didapatkan dan diimplementasikan melalui lingkungan. Kebiasaan-kebiasaan dalam lingkungan menjadi sebuah nilai yang membudaya di dalam masyarakat. Budaya ini kemudian yang akan membentuk character seseorang. Oleh karena itu pembentukan character dapat saja terjadi di lingkungan seperti :

1. Lingkungan Keluarga

Keluarga merupakan tempat sosialisasi pertama bagi seseorang. Sejak kecil seseorang belajar dan menerima pendidikan yang pertama dari keluarga. Mulai dari belajar berbicara, cara makan, cara berinteraksi dengan orang, dan semua hal yang dilakukan sehari-hari. Keluarga adalah satu-satunya media pembentukan karakter yang paling utama. Pembentukan character paling baik adalah melalui keluarga. Oleh karena itu biasanya ketika melamar kerja di sebuah perusahaan, latar belakang keluarga sering kali ditanyakan.

Implementasi dari character building yang dilakukan di dalam keluarga akan berdampak pada dunia luar. Selain itu pembentukan karakter dari keluarga juga akan kembali ke keluarga. Sebab seseorang yang tumbuh dari keluarga melalui pembentukan karakter yang baik akan bertingkah laku baik pula di dalam lingkungan keluarga maupun diluar.

2. Lingkungan Sekolah

Lingkungan sekolah juga menjadi faktor yang dapat membentuk sebuah karakter. Jelas saja, karena sekolah merupakan lembaga pendidikan yang bertujuan untuk mencetak generasi yang berintegritas dan tentu saja berkarakter. Bahkan pendidikan karakter juga diajarkan di sekolah-sekolah. Hal ini mengingat akan pentingnya sebuah character building bagi semua orang.

Lembaga pendidikan menjadi media pembentuk karakter nomor dua setelah keluarga. Sebab pendidikan di sekolah ditempuh sejak kecil, dimana pada masa kecil adalah masa yang tepat untuk menerima pembelajaran.

3. Lingkungan Pergaulan

Ini merupakan faktor pembentuk character yang jarang orang sadari. Selain keluarga dan sekolah, lingkungan pergaulan atau teman bermain merupakan salah satu hal yang memiliki intensitas interaksi yang cukup banyak dalam kehidupan.

Banyak orang terjerumus menjadi orang berwatak buruk karena pergaulan. Ada sebuah perumpamaan yang terkenal “jika kita berada di dekat penjual minyak wangi maka kita akan tercim bau wangi”. Begitulah sebuah lingkungan pergaulan mempengaruhi seseorang. Oleh karenanya jika ingin menjadi manusia yang berwatak baik sebaiknya bergaul dengan lingkungan pergaulan yang baik.

4. Lingkungan Kerja Kantor

Bagi orang dewasa character building juga dibentuk melalui lingkungan kerja kantor. Atmosfir lingkungan kerja yang baik dan positif akan membentuk karakter yang baik pula. Pada umumnya di kantor memiliki etos atau budaya kerja yang mengatur setiap karyawannya. Melalui budaya kerja tersebut secara tidak langsung akan membentuk karakter.

Budaya dalam dunia kerja yang harus ditaati dan dilakukan setiap hari dan terus menerus akan menjadi kebiasaan. Dari kebiasaan yang dilakukan setiap hari ini melalui alam bawah sadar akan membentuk karakter. Sebagai contoh, sebuah kantor yang mengharuskan karyawannya masuk pukul 08.00 dan diberikan sanksi keterlambatan bagi karyawan yang tidak tepat waktu. Maka para karyawan akan berusaha untuk datang tepat waktu. Ini bukan hanya sebuah kedisiplinan kerja melainkan membuat karyawan menjadi memiliki sifat disiplin.

Pada dasarnya character building terbentuk oleh sebuah lingkungan yang mengharuskan terjadinya interaksi dalam waktu yang cukup lama. Sebuah character terbentuk dari budaya yang mengatur manusia di dalamnya. Oleh karena itu dimana pun berada memilih lingkungan yang baik dan positif akan berdampak baik dan positif juga bagi diri kita sendiri.

Dalam sebuah cooperation seperti rumah sakit maupun perusahaan character building sangat diperlukan. Budaya dan nilai-nilai yang menjadi aturan sebuah cooperation akan membentuk sebuah character bagi karyawannya. Dari budaya dan nilai-nilai yang baik yang diterapkan karyawan juga akan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif.

Membangun Karakter Baik Melalui Character Building Training

Pembangunan karakter dapat dilakukan secara khusus melalui sebuah training atau pelatihan. Pelatihan disini bertujuan untuk membentuk karyawan yang berintegritas melalui karakter yang baik. Sementara dalam perusahaan tujuannya yaitu untuk membangun kualitas sumber daya manusia yang mampu berkontribusi untuk kepentingan perusahaan.

Kualitas karakter yang dibutuhkan tersebut seperti kejujuran, tanggung jawab, kebenaran, keadilan, saling menghormati dan menghargai, disiplin, sopan santun, dan berbagai nilai moral positif lainnya. Melalui training, pembangunan karakter dirancang untuk mengarahkan karyawan dan pimpinan untuk berperilaku kerja dengan penuh integritas dan loyalitas.

Sifat, perilaku, kebiasaan serta moralitas peserta akan dilatih dan dibangun melalui character building training. Tentu saja ini akan menciptakan kepekaan karyawan terhadap nilai-nilai karakter. Dengan begitu kondisi ini akan membentuk pilar perusahaan yang kokoh dan semakin berkembang.

 

Mengapa Character Building Penting?

Sebuah karakter dapat diibaratkan seperti sebuah pohon. Seseorang yang memiliki character yang kuat layaknya seperti pohon yang besar dan kokoh. Pohon yang besar dan kokoh ini tentu saja memiliki bayangan yang dapat meneduhkan baik bagi orang yang singgah maupun yang hanya lewat.

Sama seperti pohon tersebut, seseorang yang memiliki karakter yang positif tidak hanya akan dirasakan dampak baiknya untuk diri sendiri. Melainkan akan berpengaruh juga pada orang lain. Dengan begitu orang akan terpengaruh dari character yang dimilikinya.

Melalui pembentukan karakter, orang yang sudah mengenal dirinya sendiri akan mudah mengenal orang lain. Hal ini karena seseorang yang berkarakter dapat memahami orang lain melalui persepsi positifnya. Sehingga orang yang bercharacter mampu menyesuaikan diri dengan berbagai tipe orang yang berbeda-beda.

Pembentukan character sangat penting dimiliki bagi seorang pemimpin. Sebab seorang pemimpin harus dapat menjadi contoh yang baik bagi bawahannya. Pemimpin yang beracharacter secara tidak langsung akan mempengaruhi bawahannya bertingkah laku sama seperti dirinya, bahkan tanpa mengatur dan memaksa bawahannya.

Disamping itu pemimpin juga harus mempu menyesuaikan diri dengan lingkungan dan orang yang berbeda-beda. Jika sudah memiliki character positif dan kokoh maka dia dapat berbaur dengan mudah dan akan membuat karyawannya merasa nyaman. Sehingga produktifitas kerja dalam roda perusahaan akan berjalan dengan baik.

Siapa Saja Yang Membutuhkan Character Building?

Pada dasarnya pembangunan karakter dibutuhkan semua orang. Namun secara spesifik, kebutuhan character building ditujukan untuk beberapa kelompok, diantaranya :

1. Karyawan Perusahaan.

Tidak hanya pemimpin, bagi karyawan perusahaan mereka juga membutuhkan pembentukan karakter. Karyawan yang mengikuti pelatihan pembentukan karakter akan mendapatkan output berupa sikap, perilaku, serta pandangan terhadap diri sendiri maupun pekerjaannya. Dengan begitu karyawan akan dapat mengontrol dan membawa dirinya ke arah yang lebih baik.

2. Pelajar Dan Mahasiswa

Bagi mahasiswa dan pelajar, pembentukan karakter bertujuan untuk memotivasi diri mereka untuk dapat mencapai cita-citanya. Saat ini banyak pelajar maupun mahasiswa yang belum bisa menetapkan tujuan dan cita-citanya. Akibatnya mereka menjadi tidak semangat dan tidak antusias dalam kegiatan belajar. Oleh karenanya pemberian materi character building sangat diperlukan bagi mereka. Apalagi pelajar dan mahasiswa yang merupakan generasi penerus bangsa di masa depan.

3. Komunitas

Sebuah komunitas memang selalu berhadapan dengan masyarakat. Banyak sosialisasi-sosialisasi yang disampaikan kepada masyarakat melalui komunitas. Sebagai kelompok yang dekat dengan masyarakat sudah seharusnya setiap anggota komunitas memiliki karakter yang baik. Bahkan melalui character yang baik inilah sebuah komunitas dapat diterima oleh masyarakat. Baik dalam komunitas masyarakat maupun politik, character building sangatlah dibutuhkan.

4. Tenaga Pengajar

Character building sangat dibutuhkan bagi tenaga pengajar. Pasalnya sebagai panutan bagi para pelajar, seorang tenaga pengajar seperti guru maupun dosen harus memiliki karakter yang baik. Karakter yang baik dan positif ini yang nantinya akan menjadi contoh bagi para siswa mereka. Lebih dari itu, seorang tenaga pengajar yang berkarakter juga akan lebih disegani dan dihormati di tengah lingkungan masyarakat.

Character building memang dibutuhkan siapa saja yang menginginkan kesuksesan. Sebab kesuksesan bukan berasal dari sifat yang malas, tidak disiplin, dan mudah menyerah. Melalui pelatihan pembentukan karakter Anda dapat memahami sejauhmana karakter Anda saat ini. Dengan begitu Anda akan menjangkau sejauhmana kesuksesan menanti Anda di depan.

Dengan kerendahan hati kami bersedia membantu Anda yang ingin memahami lebih jauh pembangunan character Anda. Tidak hanya karyawan, namun tenaga pendidik serta mahasiswa dan pelajar juga membutuhkan character building.

Kami menyediakan beragam materi character building yang telah disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Materi yang dipilih adalah sesuai dan tepat sasaran. Disamping itu kami juga melayani pelatihan untuk pelajar, mahasiswa, tenaga pendidik dan karyawan. Ratusan klien baik komunitas, tenaga pengajar, dan cooperation telah bekerjasama dengan kami untuk meningkatkan pembangunan character anggotanya.

Apa Yang Akan Anda Dapatkan Dengan Mengikuti Training Character Building?

Melalui pembentukan karakter banyak hal yang bisa didapatkan. Apalagi bagi seorang pemimpin perusahaan, character building menjadi modal untuk menjalankan roda perusahaan untuk mencapai kesuksesan. Dalam perusahaan, karyawan yang telah mengikuti pelatihan pembangunan character akan mendapatkan output berupa :

1. Diterima Di Lingkungan Kerja

Hal pertama yang akan dirasakan bagi karyawan yang telah melakukan pelatihan pembangunan karakter adalah diterima di lingkungan kerja. Mengapa? sebab jika seseorang dapat membentuk karakter dengan baik, maka akan dengan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Apalagi orang yang berkarakter tentu memiliki watak dan akhlak yang baik. Jika seseorang memiliki kedua hal tersebut tentu saja orang akan dengan mudah menerimanya.

2. Mudah Berbaur Dengan Lingkungan Kerja

Jika sudah diterima dengan baik di lingkungannya maka seseorang akan lebih mudah berbaur. Bagi seorang pemimpin ini sangat diperlukan, karena dengan berbaur dengan karyawan maupun lingkungan kerja lainnya akan dengan mudah mengidentifikasi masalah dan kendala yang dihadapi. Dengan begitu masalah dan kendala akan lebih mudah dan cepat untuk diminimalisir.

3. Menciptakan SDM Berkualitas

Pemimpin maupun karyawan yang bercharacter dapat menyesuaikan diri serta berbaur dengan semua lingkungan kerja. Salah satu keuntungan yang didapatkan yaitu akan lebih terpancar kecerdasannya. Sebab dalam dunia kerja maupun bisnis bukan mengenai kecerdasan intelektualnya saja yang diutamakan, melainkan pemimpin yang bercharacter juga sangat diperlukan.

4. Dapat Menjadi Panutan

Secara alami manusia akan meniru hal-hal yang menurut mereka baik. Kondisi ini terjadi melalui alam bawah sadar. Oleh karenanya seorang pemimpin yang berkarakter dapat dengan mudah menjadi panutan bawahannya. Hal ini sangat menguntungkan bagi seorang pemimpin, sebab apabila seorang bawahan telah menjadikan pemimpinnya sebagai panutan, maka akan dengan mudah mengontrol dan mengarahkan bawahan untuk bekerja dengan baik dan benar.

5. Mudah Meraih Kesuksesan

Apabila pemimpin telah memiliki keempat poin di atas maka peluang untuk sukses semakin terbuka. Pasalnya dengan memiliki modal karakter seperti poin di atas akan dengan mudah mengontrol dan mengarahkan bawahan. Begitu pula bawahan akan lebih menghormati dan menghargai pemimpin yang berkarakter dan menjadi panutan. Dengan hubungan yang positif seperti ini akan meningkatkan kinerja serta produktifitas perusahaan Anda.

Bangun Character Building Karyawan Bersama PT. Inspiera Sinergi Indonesia

Karakter merupakan perilaku yang tertanam dengan kuat dalam diri seseorang yang dibentuk selama bertahun-tahun. Karakter itu sendiri terbentuk dari proses melihat, mendengar, menyerap dan mengikuti sehingga masuk ke dalam pikiran bawah sadar dan menjadi kebiasaan untuk dilakukan.

Namun pemahaman tentang character building ini masih sering disepelkan banyak orang. Padahal pembentukan character sangat penting dan terbukti dengan fakta yang terjadi. Berdasarkan sebuah fakta menyebutkan sebanyak satu per tiga perusahaan yang terdaftar pada majalah Fortune 500 tahun 1970 namun kemudian lenyap pada tahun 1983. Hal ini disebabkan karena faktor internal seperti perilaku kurang disiplin, malas, egois dan tidak mau bekerjasama. Faktor internal ini akibat buruknya character yang dimiliki karyawan.

Tentu saja Anda tidak menginginkan hal ini terjadi dalam perusahaan Anda bukan? Oleh karena itu mulai sekarang tanamkan character building bagi karyawan Anda. Pemahaman karyawan mengenai pembentukan karakter sangat dibutuhkan. Hal ini akan merangsang karyawan untuk berperilaku baik. Dengan begitu kinerja karyawan Anda akan meningkat dan berdampak baik bagi produktifitas perusahaan ataupun bisnis Anda. Lalu bagaimana mendapatkan pemahaman mengenai character building bagi karyawan Anda?

Melalui PT. Inspiera Sinergi Indonesia kami menjawab permasalah pada karyawan Anda. Pemahaman mengenai character building bisa perusahaan Anda dapatkan dengan mengikuti training dan seminar yang kami sediakan. Para trainer kami akan memberikan motivasi serta pemahaman mengenai pembentukan karakter yang baik. Baik bagi karyawan maupun bagi pemimpin perusahaan Anda.

Kami telah dipercaya untuk memberikan training maupun seminar untuk meningkatkan motivasi pribadi karyawan. Dengan motivasi yang tinggi para klien telah membuktikan progress kerja perusahaan yang lebih baik. Bahkan beberapa cooperation telah merasakan sendiri dampak baiknya dengan mengikuti training yang kami berikan. Beberapa cooperation tersebut bahkan rutin mengadakan training bersama kami. Sebab mereka sangat memperhatikan dan mementingkan karyawannya.

Siapa Lagi Yang Ingin Meningkatkan Produktifitas Karyawan Bersama Trainer Berpengalaman PT. Inspiera?

Kami telah dipercaya ratusan klien sebagai layanan training dan motivator yang terbukti membawa progress baik bagi perusahaan mereka. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari para trainer kami yang menyampaikan materi dan pelatihan kepada peserta.

Kami memiliki trainer handal dan berpengalaman untuk memotivasi karyawan agar bekerja dengan lebih giat lagi. Beberapa trainer kami diantaranya Feri Dwi Sampurno, dr. Arief Alamsyah Nasution, MARS dan Andik Top sebagai motivator termuda di Inspiera Sinergi Indonesia.

Ketiga trainer kami telah berpengalaman memberikan pelatihan baik dengan skala besar seperti berbagai cooperation maupun skala kecil seperti sekolah-sekolah. Konsep pelatihan yang kami berikan terfokus dan tidak membosankan. Sehingga peserta dapat menerima materi dengan baik dan tidak merasa bosan.

Banyak klien yang melakukan repeat order maupun menjalin kerjasama dengan kami untuk memberikan pelatihan kepada karyawan mereka secara rutin. Hal ini disebabkan karena mereka telah merasakan sendiri kemajuan yang terjadi pada perusahaan mereka.

Kini saatnya bagi Anda untuk bergabung bersama kami guna membangun budaya kerja karyawan dengan baik. Segera konsultasikan kebutuhan pelatihan Anda bersama kami di 081.230.231.150.

 

 

 

 



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Tinggalkan komentar