Contoh Permainan Outbound Serta Manfaatnya Bagi Karyawan

Saat ini outbound memang menjadi kegiatan yang rutin dilakukan perusahaan-perusahaan untuk meningkatkan kinerja karyawan mereka. Sebagai sarana refreshing yang edukatif banyak permainan yang ditawarkan melalui outbound. Beberapa contoh permainan outbound tersebut yaitu:

Contoh Permainan Outbound

1. Almost Infinite Circle

Outbound games dilakukan dengan meminta peserta untuk dapat melepaskan tali yang terikat dengan tali pada pasangan mainnya. Yang mana tali tersebut keduanya terikat pada masing-masing pergelangan tangan. Aturan mainnya adalah tidak diperbolehkan memotong tali menggunakan benda tajam ataupun tumpul dan tidak boleh membuka simpul yang mengiktanya.

2. Grass In The Wind

Outbound games yang satu ini membutuhkan kekompakan tim, dimana peserta secara bergantian diharuskan merubuhkan diri kearah rekan sesama tim yang berdiri tepat disekililingnya. Kemudian rekan-rekan yang lainnya bertugas menahan dan mendorongnya ke arah lain. aturan main dari outbound games ini adalah satu tim harus membuat lingkaran kecil dengan posisi tangan berada didepan dada, kemudia ada satu orang yang beridi di tengah lingkaran, tugas peserta yang berdiri di tengah ini adalah merubuhkan badan layaknya kayu yang tumbang ke rerumputan. Dengan peserta lainnya harus menahan dan mendorongnya agar tidak terjatuh ke rumput.

3. Permainan Ladang Ranjau

Permainan lading ranjau ini sering dimainkan dalam kegiatan outbound. Permainan ini dilakukan dengan tujuan untuk melatih fokus seseorang, kepercayaan antar individu dalam tim, komunikasi, dan juga pendengaran yang efektif. Cara bermainnya adalah dengan menaruh berbagai benda seperti botol, vola, dan berbagai peralatan lainnya secara acak di lantai. Setiap orang harus saling berpasangan, salah satu pasangannya diharuskan memakai penutup mata. Kemudian satu orang lainnya harus mampu menuntun temannya berjalan dari ujung ke ujung lainnya tanpa menginjak satupun benda yang berada di lantai. Satu orang dengan mata terbuka tersebut, harus dapat mengarahkan temannya (mata tertutup) dengan kata-kata untuk dapat sampai ke tempat tujuan akhir.

4. Menara Air

Menara air menjadi games outbound yang dapat dilakukan yang bertujuan untuk melatih konsentrasi, kekompakan, dan kejasama dalam tim untuk mempertahankan kekuatan kaki. Cara melakukannya adalah dengan membentuk beberapa kelompok dengan jumlah anggota 6 orang. kemudian setiap kelompok akan diminta untuk tidur di lantai, selanjutnya menyatukan kedua kaki lurus ke atas dan membentuk satu titik. Di atas kaki tersebut akan diletakkan ember yang berisikan air dan bola. Peserta harus dapat mengambil bola tersebut satu persatu, serta menurunkan ember ke bawah tanpa menjatuhkan air yang ada di dalamnya.

5. Sarang Laba-laba

Permainan ini dilakukan dengan cara mengaitkan tali raffia di antara dua poho. Kemudian tali rapia dibuat menyerupai sarang laba-laba. Setiap kelompok harus berusahan untuk melewatkan semua anggotanya melalui lubang yang ada pada sarang laba-laba tersebut. Anggota yang berhasil melewati sarang laba-laba, tidak boleh kembali ke tempat semula. Namun, boleh membantu rekannya dari sisi seberang. Saat melewati lubang sarang laba-laba tersebut, peserta tidak diperbolehkan mengenai tali raffia. Jika peserta mengenai tali tersebut, harus mengulangnya dari awal. Tujuan permainan ini untuk melatih kemampuan dalam membuat strategi.

Manfaat Permainan Outbound

Sebagai salah satu kegiatan yang penting bagi perusahaan outbound memiliki manfaat yang menguntungkan bagi karyawan itu sendiri maupun bagi perusahaan. Adapun manfaat mengadakan outbound diantaranya yaitu:

  1. Menumbuhkan jiwa kepemimpinan
  2. Melatih kerjasama tim
  3. Mengasah kemampuan berstrategi dan menganalisa
  4. Meningkatkan sportifitas dan kedewasaan
  5. Menumbuhkan rasa kebersamaan
  6. Menjalin kekerabatan yang lebih erat
  7. Saling mengenal dan menghargai antar karyawan

 



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Tinggalkan komentar