3 Game Training Motivasi Karyawan

Melakukan sebuah game atau permainan secara fisik merupakan kegiatan yang menyenangkan dan hampir disenangi oleh banyak orang. Salahsatu game atau permainan yang banyak memiliki manfaat bagi pengembangan diri kita adalah game training motivasi. Dimana selain bermain kita juga dapat mendapatkan manfaat yaitu memotivasi diri guna meningkatkan semangat serta kualitas pribadi. Bermain sebuah game training motivasi ternyata sangat penting bagi usaha pengembangan diri. Selain melakukan hal-hal yang menyenangkan, bermain game juga memacu kinerja saraf motorik untuk dapat berkerja maksimal sesuai dengan intruksi. Untuk itu pentingnya game training motivasi agar dilakukan secara rutin.

Game training motivasi merupaka sebuah permainan yang dirancang untuk memicu kinerja otak dan fisik bekerja secara maksimal. Meskipun sebuah permainan, namun terdapat sebuat tujuan atau target yang harus dicapai. Untuk itu game training motivasi penting bagi seseorang yang ingin melakukan peningkatan kualitas diri. Baik itu meningkatkan produktifitas kerja, keahlian dalam mengontrol diri, serta bentuk pengembangan-pengembangan diri lainnya. Berikut adalah beberapa contoh game training motivasi yang dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.

1. Game Ekor Naga

Game training motivasi yang dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja yaitu game ekor naga. Permainan ini cukup populer dan sering dilakukan saat acara-acara training motivasi dan sejenisnya. Karena permainan ini termasuk dalam game yang cukup mudah dilakukan. selain itu game ekor naga juga tergolong pada permainan yang sangat menyenangkan sehingga membuat pesertanya bahagia dan tidak mudah bosan. Cara bermainnya yang cukup mudah menjadikan game ini cocok dilakuakn saat training motivasi dan event-event serius lainnya.

Cara bermainnya yaitu cukup dengan membuat kelompok yang terdiri dari beberapa orang. Semakin banyak jumlah orang yang tergabung dalam kelompok maka permainan akan semakin menyenangkan dan seru.  Setelah kelompok membentuk baris memanjang, maka orang yang berada paling depan akan menjadi kepala naga. Sedangkan yanng berada paling belakang menjadi ekor naga. Lalu setiap kelompok harus saling berhadapan. Game nya adalah masing-masing kepala naga harus memakan ekor naga yang berada paling belakang. Tugas peserta yang lain ialah menjaga agar ekor naga tetap terjaga dan tidak dimakan oleh lawan. Permainan ini melatih kerjasama tim.

2. Game Lawan Kata Atau Kebalikan

Game training motivasi selanjutnya yang sering dilakukan ialah permainan lawan kata. Dimana game ini sangat membutuhkan konsentrasi serta fokus yang lebih. Dimana setiap kata yang diucapkan oleh trainer haruslah kembali diucapkan oleh peserta dengan kebalikannya. Misalnya seorang trainer menyebutkan kata besar maka peserta harus menyebutkan dengan kencang kata kecil. Begitu seterusnya. Namun biasanya seorang trainer akan melakukannya dengan cepat dan kosakata yang cukup sulit. Sehingga kita akan dibuat cukup kewalahan dengan kata-kata yang harus dibalik itu. Permainan training motivasi ini cukup ampuh meningkatkan konsentrasi peserta.

3. Membuat Ikatan Panjang

Selanjutnya yang juga menjadi game training motivasi adalah permainan membuat ikatan panjang. Game ini merupakan salahsatu game training motivasi yang unik untuk dilakukan karena media yang digunakan adalah tubuh kita sendiri. Dimana satu kelompok terdiri dari 10 orang atau lebih dan membentuk sebuah barisan. Lalu terdapat sebuah clue atau petunjuk dimana kita harus membuat suatu bentuk benda dengan barisan kelompok tersebut. Misalnya membuat bentuk bulan, maka kita harus membuat lingkaran dan menyerupai bulan bersama dengan kelompok kita. Dan begitu seterusnya. Game training motivasi ini membutuhkan kreatifitas sekaligus kerjasama tim.

Itulah beberapa game training motivasi yang dapat diberikan. Dimana permainan-permainan ini bukan hanya sebagai hiburan tetapi juga dapat digunakan sebagai media pengembnagan diri.



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Tinggalkan komentar