Games Outbound Untuk Meningkatkan Kerjasama

Games Outbound merupakan salah satu bentuk pembelajaran ilmu terapan yang dilakukan di alam terbuka dengan berbagai bentuk permainan yang efektif. Kegiatan outbound biasanya dilakukan pada setiap organisasi, instansi, lembaga pendidikan, dan berbagai Lembaga lainnya. Tujuan dilakukan outbound adalah untuk mengenal dan memahami lebih dalam karakter antar individu dalam kondisi apapun.

Selain itu, dengan dilakukannya outbound juga akan membentuk kerjasama tim atau kelompok agar lebih kompak.. Adanya kegiatan ini juga untuk selalu mengedepankan games outbound (permainan-permainan) yang mampu menumbuhkan motivasi pada diri pesertanya. Mengingat pentingnya melakukan kegiatan outbound pada setiap instansi, organisasi serta lembaga, permainan outbound selalu dicari untuk membentuk kekompakan tim. Berikut beberapa games outbound yang dapat dipraktekkan, antara lain:

1. Permainan Ladang Ranjau

Permainan lading ranjau ini sering dimainkan dalam kegiatan outbound. Permainan ini dilakukan dengan tujuan untuk melatih fokus seseorang, kepercayaan antar individu dalam tim, komunikasi, dan juga pendengaran yang efektif. Cara bermainnya adalah dengan menaruh berbagai benda seperti botol, vola, dan berbagai peralatan lainnya secara acak di lantai. Setiap orang harus saling berpasangan, salah satu pasangannya diharuskan memakai penutup mata. Kemudian satu orang lainnya harus mampu menuntun temannya berjalan dari ujung ke ujung lainnya tanpa menginjak satupun benda yang berada di lantai. Satu orang dengan mata terbuka tersebut, harus dapat mengarahkan temannya (mata tertutup) dengan kata-kata untuk dapat sampai ke tempat tujuan akhir.

2. Memindahkan Karet

Games outbound yang satu ini menjadi salah satu game favorit dalam kegiatan outbound. Cara bermain games ini adalah dengan membagi peserta menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok yang telah ditentukan harus berdiri dan berbaris berbanjar. Kemudia semua peserta harus memegang sedotan dengan menggunakan mulut. Pemandu permainan akan menaruh karet gelang di sedotan yang telah digigit oleh orang yang baris paling depan. Selanjutnya karet gelang tersebut harus dipindahkan melalui sedotan hingga sampai ke orang yang ada di baris paling akhir. Tujuan dari games outbound ini adalah untuk melatih kesabaran agar lebih dapat berhati-hati daam melakukan sesuatu hal. Selain itu juga untuk melatih dan meningkatkan kerjasama kelompok.

3. Menara Air

Menara air menjadi games outbound yang dapat dilakukan yang bertujuan untuk melatih konsentrasi, kekompakan, dan kejasama dalam tim untuk mempertahankan kekuatan kaki. Cara melakukannya adalah dengan membentuk beberapa kelompok dengan jumlah anggota 6 orang. kemudian setiap kelompok akan diminta untuk tidur di lantai, selanjutnya menyatukan kedua kaki lurus ke atas dan membentuk satu titik. Di atas kaki tersebut akan diletakkan ember yang berisikan air dan bola. Peserta harus dapat mengambil bola tersebut satu persatu, serta menurunkan ember ke bawah tanpa menjatuhkan air yang ada di dalamnya.

4. Hujan Salju

Hujan salju merupakan permainan yang menggunakan tepung. Setiap anggota dalam kelompok harus mentransfer tepung secara estafet ke belakang di atas kepala dengan menggunakan telapak tangan. Peserta tidak boleh menengok kebelakang, kelompok yang dapat mengumpulkan tepung dengan banyak, maka akan menjadi pemenangnya. Games outbound yang disebut dengan hujan salju ini bertujuan untuk melatih kerjasama tim dan melatih fokus antar peserta.

5. Sarang Laba-laba

Permainan ini dilakukan dengan cara mengaitkan tali raffia di antara dua poho. Kemudian tali rapia dibuat menyerupai sarang laba-laba. Setiap kelompok harus berusahan untuk melewatkan semua anggotanya melalui lubang yang ada pada sarang laba-laba tersebut. Anggota yang berhasil melewati sarang laba-laba, tidak boleh kembali ke tempat semula. Namun, boleh membantu rekannya dari sisi seberang. Saat melewati lubang sarang laba-laba tersebut, peserta tidak diperbolehkan mengenai tali raffia. Jika peserta mengenai tali tersebut, harus mengulangnya dari awal. Tujuan permainan ini untuk melatih kemampuan dalam membuat strategi.

Dari penjelasan di atas, itulah beberapa games outbound yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kerjasama. Selain itu, games outbound juga memiliki manfaat untuk melatih tingkat kefokusan, pendengaran, serta komunikasi dalam setiap peserta dalam tim.

 



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Leave a Comment