Kasembon Rafting: Simulasi Kerjasama Tim Yang Tepat

Kasembon rafting merupakan salah satu tempat wisata dengan konsep outbound berupa arung jeram yang terkenal di Malang.  Aktifitas ini menyatukan petualangan, edukasi, olahraga, rekreasi, maupun adventure dengan memanfaatkan aliran sungai. Dimana sungai yang digunakan yang memiliki jeram dengan menggunakan peralatan dayung, kayak, kano, dan perahu karet. Namun selain untuk menguji adrenalin pengunjung, rafting juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan pelatihan dan outbound perusahaan-perusahaan.

Salah satu kasembon rafting adalah di Malang, lebih tepatnya berada di perbatasan Malang dan Kediri di kawasan Desa Bayem, Kesambon, Kabupaten Malang. Tidak hanya sungai yang menantang, namun juga pemandangan yang sangat indah. Sangat cocok untuk melepaskan penat dan memacu adrenalin.

Lokasi dari tempat ini dikelilingi dengan bukit-bukit dan pegunungan hijau nan indah. Selain itu juga banyak terdapat sawah di samping-samping lokasi. Yang lebih bisa menarik perhatian pengunjung adalah ada lima kanal sungai dengan tinggi yang tidak biasa. Keindahan ini menjadi sarana refreshing untuk menghilangkan stress dan penat selama kegiatan di dalam kantor.

Rafting Untuk Meningkatkan Kerjasama Tim

Dalam olahraga ini biasanya 1 tim berada dalam 1 perahu dan memiliki seorang pemmpin sebagai pemandu. Agar perahu yang dinaiki dapat berjalan dengan baik dan tidak terbalik maka semua anggota harus mematuhi perintah dari seorang pemimpin. Semua anggota diwajibkan untuk mendayung dan mempertahankan diri serta menjaga keseimbangan perahu.

Oleh karena kegiatan rafting dilakukan di sungai yang memiliki arus yang deras dan merupakan kegiatan kelompok, maka setiap orang di perahu harus bekerja sama sebagai sebuah tim. Kerja tim ini membangun solidaritas yang memiliki keuntungan psikologis. Dengan kemampuan kerjasama tim yang baik dalam permainan ini maka akan terbawa pada lingkungan kerja di kantor.

Mengetahui Karakter Orang Lain

Selain megasah kerjasama tim melalui olahraga ini juga akan diketahui karakter seseorang atau karyawan lain. Seseorang yang egois dan mau menang sendiri akan keberatan untuk turut serta berusaha agar perahu yang dinaiki bersama tetap dalam keadaan stabil. Biasanya orang dengan karakter seperti ini tidak mau mendengarkan instruksi. Sehingga untuk semua anggota tim akan kesulitan membawa perahu dengan baik.

Berbeda dengan seseorang yang mau bekerjasama. Ia akan menuruti instruksi dari pemimpin agar semua anggotanya tetap aman dan dapat membawa perahu berjalan dengan baik. Hal inilah yang akan Anda dapatkan jika mengadakan rafting untuk karyawan Anda.

Mengasah Kemampuan Memimpin

Pemandu atau pemimpin dalam perahu rafting sangat berperan penting pada keselamatan anggotanya dan keberhasilan perahu mencapai tujuan.seorang pemimpin akan memandu agar perahunya dapat berjalan dengan baik dan semua anggota tim akan selamat.

Ini bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan. Pemimpin memegang tanggung jawab atas keberhasilan pemainan ini. Bagaimana ia mengendalikan perahu dan menginstruksikan anggotanya agar percaya dan menuruti instruksinya. Apabila kemampuan ini seriing diasah maka dapat dipastikan Anda akan mendpatkan pemimpin yang berkualitas untuk mengatur kelompoknya.

Pada outbound kasembon rafting tidak hanya menyediakan permainan rafting. Terdapat permainan edukatif dan seru lainnya seperti  flying fox, air softgun, dan paint ball, ataupun bisa jika hanya ingin sekedar bersepeda gunung. Bahkan terdapat juga paket corporate gathering untuk perusahaan yang ingin melakukan outbound.

Salah satu perusahaan training yang memberikan pelatihan kepada karyawan dengan simulasi outbound di Malang yaitu PT. Inspiera Sinergi Indonesia. Kami telah dipercaya perusahaan-perusahaan, Rumah Sakit dan berbagai instansi pendidikan untuk memberikan pelatihan bagi karyawan mereka. Dampak yang mereka rasakan yaitu produktifitas karyawan yang semakin meningkat sehingga meningkatkan profit bagi perusahaan. Bersama PT. Inspiera Anda juga bisa mendapatkan karyawan yang lebih produktif dengan mengadakan outbound bersama kami untuk produktifitas karyawan Anda.



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Tinggalkan komentar