5 Hal yang dapat Dilakukan untuk Meningkatkan Kepuasan Kerja Karyawan

Kepuasan kerja merupakan suatu ekspresi atau perasaan seseorang ketika mampu atau tidak mampu memenuhi sebuah harapan dari proses kerja serta kinerjanya di dalam lingkungan pekerjaan atas perannya dalam sebuah perusahaan maupun organisasi. Tingkat kepuasan yang dirasakan oleh setiap individu berbeda-beda dan hal ini terjadi bila beberapa faktor dapat terpenuhi. Faktor tersebut berupa kebutuhan individu serta yang berkaitan dengan derajat kesukaan dan ketidak sukaan karyawan atau pekerja.

Kepuasan kerja karyawan menjadi hal yang sangat penting dalam perkembangan serta produktivitas perusahaan. Seorang karyawan yang tidak puas bekerja pada perusahaannya, ada kemungkinan bahwa motivasi untuk berinovasi serta meningkatkan profit menjadi berkurang. Dengan demikian, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kepuasan kerja karyawan, antara lain:

1. Beri Waktu Kerja Yang Lebih Efisien

Membuat waktu kerja lebih efisien agar seorang karyawan dapat memiliki kepuasan dalam bekerja. Deadline yang sangat ketat serta jadwal kerja yang terlalu padat dapat menimbulkan stress pada sebagian karyawan. Mengurangi waktu meeting agar menjadi lebih efisien serta di atur secara efektif tanpa perlu ada basa-basi yang tidak penting sehingga hanya akan membuang waktu secara percuma. Oleh sebab itu, mencoba untuk melihat kembali standar operasional prosedur yang telah dibuat dan selalu menerapkan kebijakan yang dapat membuat kerja lebih efisien, sehingga dapat meningkatkan kepuasan kerja karyawan.

2. Prioritaskan Kesehatan Karyawan

Untuk dapat meningkatkan kepuasan kerja karyawan, maka sangat diperlukan untuk memprioritaskan kesehatan karyawan. Kesehatan karyawan akan sangat mempengaruhi kinerjanya yang dapat berdampak pada perkembangan perusahaan. Cara yang dapat dilakukan untuk memprioritaskan kesehatan karyawan adalah dengan selalu memberikan makanan yang lebih sehat jika sedang rapat, jangan memberikan kudapan yang kurang bernutrisi, bukan hanya gula tanpa kalori. Selain itu, saat sedang bekerja seorang karyawan hanya duduk di kursi dari pagi hingga malam hari dan kurang bergerak sehingga rentan untuk terkenan penyakit. Oleh sebab itu, cobalah untuk selalu mengadakan kegiatan olahraga selama seminggu sekali serta pemberian vitamin secara berkala.

3. Berikan Reward Atau Penghargaan Untuk Pekerjaan Yang Berhasil

Memberikan reward atau penghargaan secara khusus kepada karyawaan saat dapat melakukan pekerjaan dengan berhasil seperti dapat mencapai angka penjualan dan dapat menyelesaikan proyek dengan tepat waktu. Jika hal tersebut dilakukan, akan membuat para karyawan yang telah berhasil melakukan pekerjaannya merasa lebih dihargai, sehingga akan menimbulkan kepuasan tersendiri bagi karyawan karena dapat melakukannya. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memberikan penghargaan kepada karyawan, seperti memberi cuti tambahan, tiket jalan-jalan, dan lainnya yang menyenangkan.

4. Sediakanan Sarana Dan Prasarana Yang Menunjang

Adanya sarana dan prasarana yang menunjang dan mendukung dapat membuat pekerjaan yang dilakukan dapat meraih keberhasilan dan pelaksanaan kerja akan semakin memuaskan para karyawan jika dibandingkan dengan bekerja yang didukung tanpa sarana yang menunjang. Akan tetapi, ada beberapa karyawan yang tetap dapat bekerja dengan baik meski tanpa adanya sarana dan prasarana yang menunjang, namun karyawan yang seperti ini sangat jarang sekali.

5. Berikan Pekerjaan Sesuai Dengan Kemampuan

Kepuasan kerja dapat ditentukan dengan berat ringannya suatu pekerjaan. Pekerjaan yang berat terkadang akan menjadi beban bagi karyawan. Akan tetapi, setiap orang tentu memiliki kinerja yang berbeda-beda. Ada seorang yang merasa suatu pekerjaan itu berat dilakukan, namun menurut orang lain ringan, begitu pula sebaliknya. hal tersebut tergantung dengan kecakapan dan kemampuan teknis maupun non-teknis yang dimiliki oleh setiap orang. pekerjaan yang dapat dilakukan sesuai dengan standar kelayakan dan dapat memungkinkan bagi setiap orang yang mengerjakannya akan mencapai kepuasan kerja karyawan.

Berdasarkan uraian di atas, itulah 5 hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kepuasan kerja karyawan. Kepuasan kerja karyawan menjadi salah satu hal yang sangat penting guna meningkatkan produktivitas perusahaan. Sebab kepuasan kerja akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan perusahaan.



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Tinggalkan komentar