Aspek, Indikator Dan Cara Meningkatkan Kepuasan Kerja

Seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa kepuasan kerja merupakan suatu ekspresi atau perasaan seseorang ketika mampu atau tidak mampu memenuhi sebuah harapan dari proses kerja serta kinerjanya di dalam lingkungan pekerjaan atas perannya dalam sebuah perusahaan maupun organisasi.

Tingkat kepuasan yang dirasakan oleh setiap individu berbeda-beda dan hal ini terjadi bila beberapa faktor dapat terpenuhi.  Kepuasan kerja itu sendiri memiliki 6 aspek di dalamnya. Aspek-aspek tersebut merupakan yang dapat mempengaruhi kepuasan kerja, diantaranya yaitu:

1. Pekerjaan Itu Sendiri

Stiap pekerjaan mengharuskan keterampilan dan kemampuan khusus agar dapat dikerjakan dengan baik. Sulit tidaknya pekerjaan dan mampu tidaknya melakukan suatu pekerjaan itulah yang akan merespon kepuasan kerja bagi masing-masing karyawan.

2. Atasan

Atasan juga merupakan aspek kepuasan kerja selanjutnya. Atasan yang menghargai pekerjaan bawahannya akan menimbulkan rasa puas tersendiri bagi bawahan yang telah melaksanakan pekerjaannya. Sebaliknya atasan yang sombong, angkuh dan tidaka pernah menghargai pekerjaan bawahannya pun akan menimbulkan ketidakpuasan karyawan.

3. Teman Kerja

Teman kerja sebagai aspek yang dapat mempengaruhi kepuasan kerja berhubungan dengan interaksi yang terjadi antar sesama karyawan. Hubungan yang positif di dalam lingkungan kerja akan menciptakan kepuasan kerja bagi karyawan.

4. Promosi

Adanya promosi akan menjadi sebuah motivasi untuk meningkatkan kinerja karyawan. Promosi bagi perusahaan yang diberikan kepada karyawan juga merupakan bentuk apresiasi atas pekerjaan yang telah dilakukan dengan baik. Oleh sebab itu aspek ini juga penting dalam mempengaruhi kepuasan kerja karyawan.

5. Gaji

Selain promosi gaji juga menjadi aspek yang dalam kepuasan kerja. Karyawan akan merasa puas menerima gaji atau upah yag sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan. Begitu pula sebaliknya karyawan tidak akan merasa puas jika upah yang diterima tidak sebanding dengan tugas yang dikerjakannya.

6. Kondisi Lingkungan Kerja

Aspek kepuasan kerja yang terakhir yaitu kondisi lingkungan kerja. Ini juga merupakan hal yang mempengaruhi puas tidaknya karyawan bekerja di perusahaan Anda. Fasilitas di lingkungan kerja seperti tempat parkir, tempat ibadah, kantin dan perlengkapan kerja lainnya akan mempengaruhi kinerja karyawan Anda.

Indikator Kepuasan Kerja

1. Menyenangi dan mencintai pekerjaannya

Karyawan yang menyenangi dan mencintai pekerjaan akan mengerjakan tugasnya dengan senang hati bukan sebagai beban. Dengan begitu untuk mencapai prestasi dan rasa puas terhadap kinerjanya akan mudah tercapai.

2. Memiliki moral kerja positif

Moral kerja positif berhubungan dengan batiniah yang terdapat dalam diri karyawan. Karyawan yang telah mencintai pekerjaan maka akan diikuti dengan moral kerja positif yang akan dilakukan selama ia bekerja.

3. Sikap disiplin terhadap pekerjaan

Kepuasan kerja karyawan juga dapat diukur dari sikapnya terhadap pekerjaan. Apabila karyawan selalu disiplin baik dalam mengerjakan pekerjaan dan tugas-tugasnya maupun disiplin masuk kerja berarti mencerminkan karyawan tersebut memiliki kualitas kerja yang bagus.

4. Prestasi yang diraih

Karyawan yang merasa puas akan pekerjaannya dapa dilihat dari prestasi yang diraih. Semakin banyak prestasi yang diraih maka semakin besar rasa puas terhadap pekerjaannya.

Cara Meningkatkan Kepuasan Kerja

Untuk dapat meningkatkan kualitas kerja karyawan maka dapat dilakukan oleh karyawan itu sendiri maupun Anda sebagai pimpinan perusahaan. Sebagai seorang pemimpin dan berupaya untuk meningkatkan kepuasan kerja karyawan maka beberapa hal berikut ini bisa Anda lakukan.

  1. Jadilah pendengar yang baik
  2. Prioritaskan kesehatan karyawan
  3. Berikan reward pada karyawan
  4. Beri tantangan untuk memotivasi
  5. Ciptakan lingkungan kerja yang positif

 



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Tinggalkan komentar