7 Cara Komunikasi Efektif Untuk Menjalin Hubungan Baik di Kantor

7 Cara Komunikasi Efektif Untuk Menjalin Hubungan Baik di Kantor

Dalam sebuah sesi training motivasi komunikasi efektif yang bertajuk Pelayanan Prima (Service Excellent). Pak Eko Andi Suryo, Ph.D sebagai pemateri menjelaskan bahwa selain memberikan pelayanan ke pihak eksternal yakni pelanggan, karyawan juga harus memberikan layanan pada pihak internal yakni rekan kerja baik dalam satu departemen maupun lain departemen.

Marc dan Angel dalam blognya memberikan tips-tips komunikasi efektif untuk membangun hubungan baik dengan siapa saja. Tips ini bisa digunakan untuk membangun hubungan kerja, relasi, persahabatan bahkan hingga hubungan keluarga atau percintaan. Silahkan disimak.

1. Komunikasi Efektif : Jangan mencoba untuk membaca pikiran orang lain.

Don’t try to read other people’s minds. Don’t make other people try to read yours. Communicate!

Itulah yang dikatakan Marc dan Angel. Jangan mencoba untuk membaca pikiran orang lain. Jangan membuat orang lain terpaksa membaca apa yang sedang Anda pikirkan. Kunci komunikasi efektif adalah : Berkomunikasilah!

Tips ini sederhana namun kita sering melupakannya. Dengan bertambahnya tingkat intelektualitas, kita sering mencoba menganalisis dan menduga-duga apa yang dipikirkan orang lain. Sehingga mulailah otak kita terjangkit penyakit prasangka buruk yang berakibat pada semakin parahnya perasaan merasa benar sendiri.
Stop menduga-duga sekarang juga, dan mulailah menjalin komunikasi.

2. Perlakukan orang lain seperti keluarga Anda sendiri.

Treat everyone with the same level of respect you would give to your grandfather and the same level of patience you would have with your baby brother.

Artinya, perlakukan orang lain dengan level penghormatan yang sama ketika Anda memperlakukan Kakek Anda, dan level kesabaran yang sama ketika Anda memperlakukan Bayi Anda sendiri. Itulah kunci komunikasi efektif yang kedua.

Dengan memposisikan orang lain sebagai bagian dari keluarga kita sendiri, kita akan lebih hormat dalam melayani mereka. Memang kita tidak memiliki hubungan darah dengan mereka. Namun dengan menganggap mereka sebagai saudara kita sendiri, maka akan tumbuh hubungan yang lebih kuat dalam berinteraksi.

3. Jangan Malu. Mulailah pertemanan. Bertemulah dengan orang-orang baru.

Don’t be shy. Network with people. Meet new people.

Demikian yang dikatakan oleh Marc dan Angel. Jangan malu untuk memulai sebuah persahabatan. Orang-orang yang sukses dalam karirnya rata-rata bukan disebabkan oleh otak mereka yang brilian. Tapi lebih banyak disebabkan karena mereka mampu mengelola hubungan dengan orang lain. Terlebih hubungan dengan Atasan dan rekan kerja. Mereka yang sukses adalah mereka yang dicintai lingkungannya.

4. Komunikasi Efektif : Tanyalah orang lain jika Anda tidak yakin.

Ask someone if you aren’t sure. Terkadang kita terkekang oleh rasa gengsi dan sangat takut untuk bertanya. Masalah ini sering menjebak karyawan baru. Jangan malu bertanya, guru saya mengajarkan lebih baik terlihat bodoh 5 menit saat bertanya daripada bodoh selamanya.

Jadi meskipun Anda tergolong senior, jangan malu bertanya pada yang lebih junior jika memang Anda tidak yakin tentang hal itu. Karena jika keputusan yang Anda ambil mengakibatkan kesalahan fatal, bisa merusak reputasi Anda sendiri.

5. Tersenyumlah lebih sering, meskipun dalam kondisi yang sangat tidak nyaman.

Smile often, even to complete strangers.

Senyum adalah sihir yang halal, begitu kata orang Arab. Memang seutas senyuman bisa memperbaiki keadaan, seburuk apapun itu. Cobalah, dan rasakan keajaiban dari seutas senyuman.

6. Ikutilah kata hatimu.

Follow your heart. Don’t waste your life fulfilling someone else’s dreams and desires.

Ikuti kata hatimu. Jangan menghabiskan kehidupanmu untuk mengikuti impian dan keinginan orang lain meskipun sangat menggoda.

Anda harus memiliki pendirian yang teguh tentang impian-impian Anda sendiri. Dalam komunikasi yang efektif, Anda tak harus selalu mengikuti orang lain demi mendapatkan pengakuan dan perhatian mereka. Dalam hal-hal prinsip seperti impian, Anda harus punya plan yang jelas. Dan Anda harus bangga dengan hal itu.

7. Jangan buang waktu untuk cemburu.

Don’t waste your time on jealously. The only person you’re competing against is yourself.

Jangan membuang waktu untuk memelihara kecemburan. Satu-satunya orang yang harus kamu saingi adalah dirimu sendiri.

Dalam menjalin relasi, Anda akan sering digoda dengan kisah-kisah sukses teman anda. Ya, kisah sukses yang berbalut sedikit kesombongan dan rasa bangga. Mereka memang sukses, namun jika Anda telah memiliki impian sendiri, Pede aja lagih. Tak perlu iri dan dengki atas kesuksesan mereka. Tersenyumlah dan ucapkanlah rasa bahagia atas kesuksesannya. Berdoalah agar kesuksesan mereka menular pada Anda, Amin.

So, dengan siapa Anda seharusnya berkompetisi? Tentu saja dengan diri Anda sendiri, dengan umur Anda, dengan umur orang tua yang ingin Anda bahagiakan. Apakah waktu Anda cukup untuk merealisasikan mimpi-mimpi tersebut, padahal kematian tak tentu kapan datangnya. Selain mencoba berkomunikasi dengan orang lain, cobalah menjalin komunikasie efektif dengan diri Anda sendiri.

Demikian 7 tips untuk membangun hubungan yang baik dengan siapa saja. Dalam sesi Training Motivasi Service Excellent, bukan hanya dibahas tentang memperbaiki hubungan kerja namun juga meningkatkan kepuasan pelanggan secara signifikan.

Anda tertarik untuk mengadakan Training Service Excellent. Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi efektif karyawan perusahaan Anda? silahkan kontak Inspiera di 081.230.231.150

Salam hangat, Inspiera Sahabat Perubahan!

Leave a Comment