Macam-macam Motivasi Kerja Karyawan

Ada banyak karyawan di Indonesia. Berikut contoh beberapa motivasi kerja karyawan di perusahaan, kantor, secara umum. Yakni :

1. Mendapatkan gaji tiap bulan
Motivasi pertama adalah mendapatkan gaji tiap bulan. Baik itu sebagai pegawai negeri sipil, karyawan tetap, atau karyawan kontrak, penghasilan bulanan tetap adalah satu hal yang dicari. Karena dengan gaji bulanan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan hidup pribadi dan keluarga.
Kebutuhan hidup antara lain:
Biaya hidup sehari-hari
Biaya pendidikan anak
Biaya cicilan rumah
Sedangkan keinginan antara lain:
Membeli mobil atau rumah baru
Berwisata baik di dalam maupun luar negeri
Hal yang kurang baik dari motivasi jenis ini adalah hanya mengejar gaji bulanan sehingga mungkin saja setiap hari hanya berangkat bekerja dan menyelesaikan semua pekerjaan. Dengan demikian, hanya pergi pagi pulang sore dan akhir bulan mendapat gaji.
2. Mencapai sasaran karier
Motivasi kedua adalah mencapai sasaran karier. Karyawan yang memiliki motivasi macam ini akan bekerja dengan baik dan bahkan melebihi deskripsi kerjanya karena ada posisi lebih tinggi yang diincar.
Selain itu, karyawan seperti ini akan memperhatikan dan meningkatkan kemampuan yang mendukung kariernya, seperti keterampilan berkomunikasi, mengelola waktu, mengelola anggaran, dan memimpin orang. Motivasi kerja sepert ini sangat bagus dimiliki karena karyawan “dipaksa” atau dengan kesadaran sendiri bersaing dengan teman kerja demi mencapai sasaran karier masing-masing.
Selain itu, keterampilan dan perilaku kerja karyawan akan meningkatkan produktivitas dan juga berguna dalam mencari pekerjaan di perusahaan lain.
3. Berkarya
Selain mendapatkan gaji dan mencapai sasaran karier, motivasi kerja karyawan yang lain adalah berkarya. Karyawan yang memiliki motivasi ini adalah mereka yang menghayati makna karyawan, yaitu orang yang berkarya, bukan buruh atau pekerja.
Dengan demikian, karyawan akan memberikan yang terbaik sehingga karyanya berkontribusi besar kepada kemajuan perusahaan.
4. Mencari pengalaman
Mencari pengalaman merupakan motivasi kerja yang dimiliki oleh karyawan yang baru lulus (fresh graduate) atau bekerja sebagai karyawan kontraktor, karyawan honorer, atau karyawan magang.
Dengan pengalaman yang dimiliki, karyawan memiliki nilai tambah untuk mencari pekerjaan yang lebih baik.
5. Beribadah
Motivasi terakhir yang dimiliki karyawan untuk bekerja adalah beribadah. Motivasi ini dimiliki oleh karyawan yang tingkat spiritualitasnya tinggi.
Bagi karyawan seperti ini, bekerja adalah ibadah karena menafkahi keluarga dan memberikan manfaat bagi orang lain.

Selain itu, karyawan seperti ini sangat memperhatikan keberkahan uang yang diterima sehingga tidak mau memakan gaji buta atau uang yang tidak halal.
Karyawan seperti ini memperhatikan seputar karier tetapi tidak terlalu ngotot mencapainya sehingga kemudian tidak terlalu berambisi dan menghalalkan segala cara untuk mencapai peningkatan karir. Karyawan ini akan bekerja dengan sebaik-baiknya dan memercayai bahwa hal baik akan mendapatkan hal baik pula.

Keragaman motivasi kerja karyawan tentunya tidak menjadi masalah selama tidak saling mengganggu. Keberagaman motivasi ini tidak perlu diperdebatkan karena pada hakikatnya setiap orang berbeda-beda. Yang penting adalah dapat bekerja secara baik demi kemajuan perusahaan.

Training-Motivasi-Kerja-082332360252
Training-Motivasi-Kerja-082332360252

Salah satu upaya untuk meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan pada Perusahaan adalah dengan mengadakan Pelatihan Motivasi Kerja Karyawan. Pelatihan tersebut harus diberikan oleh lembaga training / konsultan yang terpercaya agar hasil pelatihan tersebut memiliki dampak bagi perusahaan tersebut.

PT INSPIERA SINERGI INDONESIA sebagi selaku salah satu provider training terkemuka di Indonesia telah banyak dan berpengalaman dalam membantu perusahaan / instansi dalam membantu mengadakan event Pelatihan motivasi kerja karyawan bagi perusahaan / instansi / organisasi. Hubungi 0823-3236-0252 Untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai layananan dari PT. Inspiera Sinergi Indonesia.



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Tinggalkan komentar