Unsur Penting Dari Manajemen Kepemimpinan

Manajemen kepemimpinan adalah suatu teknik atau seni mengolah kemampuan diri dalam fungsi kepemimpinan. Manajemen kepemimpinan juga dapat dikatakan suatu tindakan untuk mengarahkan dan mengajak lain untuk menuju tujuan dengan cara yang efesien dan efektif. Manajemen kepemimpinan menjadi sangat penting bagi keberlangsungan kehidupan suatu kelompok. Dengan adanya kemampuan kepemimpinan yang tertanam dalam diri, maka akan sangat membantu kita dalam menjalankan segala aktifitas yang berkaitan dengan keorganisasian. Kepemimpinan diperlukan untuk dapat menciptakan kegiatan suatu organisasi untuk mencapai tujuan secara maksimal. Membentuk jiwa kepemimpinan sejak dini dapat ditumbuhkan dengan adanya manjaemen kepemimpinan yang baik dan benar. Banyak manfaat yang akan dirasakan saat kita telah dapat memanajemen jiwa kepemimpinan dalam diri. Berikut beberapa unsur penting  dari sebuah manajemen kepemimpinan yang baik dan benar, yaitu :

1. Planning (Perencanaan)

Unsur pertama yang penting dalam sebuah manajemen kepemimpinan adalah perencanaan. Dimana perencanaan bertujuan untuk agar aktivitas atau kegiatan yang ingin dilaksanakan dapat lebih terarah sesuai dengan apa yang telah direncanakan. perencanaan berfungsi untuk membentuk konsep-konsep yang baik dan benar yang ingin dicapai. Perencanaan atau planning menjadi hal utama yang krusial dan penting untuk menentukan sebuah tujuan yang menjadi dasar awal. Dengan adanya tujuan yang jelas maka dapat dipastikan segala sesuatunya akan berjalan sesuai dengan apa yang telah diarahkan.

Perencanaan juga dapat dikatakan sebuah penjabaran dari visi yang ingin dicapai. Tanpa adanya penjabaran dari sebuah tujuan yang ingin dicapai, maka kewajiban yang dilakukan hanya akan berjalan karena keterpaksaan semata. Inilah mengapa sebuah perencanaan menjadi unsur penting dari sebuah manajemen kepemimpinan yang baik dan benar.

2. Organizing (Pengorganisasian)

Unsur kedua yang terdapat dalam sebuah manajemen kepemimpinan adalah pengorganisasian. Pada hakikatnya sebuah manajemen kepemimpinan yang ada dalam organisasi tertentu haruslah menjadi objek yang dapat diarahkan serta diatur agar dapat mudah dalam pencapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sesuai dengan penjabaran dari visi awal.

Fungsi pengorganisasian ini ialah akan mengatur setiap sumber daya yang diperlukan. Baik itu sumber daya manusia maupun sumber daya lainnya yang terkait dengan tujuan pencapaian target awal. dengan adanya pengorganisasian yang baik dan benar, sumber daya yang ada didalam sebuah organisasi dapat berjalan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Inilah mengapa pentingnya pengorganisasian dalam sebuah kepemimpinan manajemen.

3. Staffing (Penempatan)

Fungsi dari manajemen kepemimpinan adalah memudahkan segala seuatu yang berkaitan dengan segala aktivitas dalam sebuah organisasi. Penempatan disini artinya adalah sebuah proses penempatan dari setiap anggota suatu kelompok pada tempat dan bagiannya masing-masing sesuai dnegan kemampuannya. Dalam fungsi penempatan ini juga dapat menjadikan sebuah sistem dalam organisasi berjalan dengan rapih dan sesuai dengan visi awal.

4. Coordinating (Pengarahan)

Fungsi dari suatu koordinasi atau pengarahan ini adalah untuk meningkatkan keefesienan dan keefektifan kinerja anggota kelompok dalam sebuah organisasi. Pengarahan disini juga berfungsi untuk menciptakan lingkungan atau suasana kerja yang baik dan teratur agar dapat semakin baik dan konsisten. Proses pengarahan juga memerlukan seorang yang memiliki manajemen kepemimpinan yang mumpuni serta kompeten. Agar dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

5. Controling (Pengendalian)

Fungsi terakhir yang menjadi unsur penting dalam sebuah manajemen kepemimpinan yaitu fungsi pengendalian. Yang memiliki fungsi untuk memberikan penilaian atau evaluasi tentang kinerja yang telah dicapai oleh suatu kelompok. Hal ini menjadi penilaian final yang akan menjadi acuan dan menjadi parameter tentang visi yang akan dilakukan kedepannya.

Itulah beberapa unsur penting yang ada dalam sebuah manajemen kepemimpinan. Dimana ini akan sangat berpengaruh terhadap iklim organisasi sehinga kinerja suatu kelompok dapat terjaga. Sudah seharusnya sebagai seorang pemimpin dapat menjalankan unsur-unsur manajemen kepemimpinan di atas agar dapat menjalankan kelompoknya untuk menuju tujuan bersama.

 



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Tinggalkan komentar