5 Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Sebuah Perusahaan

Manajemen sumber daya manusia atau disingkat manajemen SDM merupakan sebuah proses ataupun upaya manajemen dalam pengorganisasian, kepemimpinan, perencanaan dan pengendalian sebuah kegiatan yang berhubungan dengan pengadaan, analisis dan evaluasi pekerjaan, promosi, pengembangan serta pemutusan hubungan kerja dalam rangka untuk mencapai tujuan perusahaan yang sudah ditetapkan. Manajemen sumber daya manusia memiliki beberapa fungsi dalam kehidupan, salah satunya dalam berbagai kegiatan dunia kerja. Berikut 5 fungsi manajemen sumber daya manusia, antara lain:

1. Evaluasi

Manajemen sumber daya manusia memiliki fungsi dalam evaluasi. Evaluasi yang dimaksud adalah dalam melakukan pelatihan serta penilaian. Pelatihan serta penilaian dilakukan oleh departemen sumber daya manusia yang memiliki tanggung jawab dalam pengadaan sumber daya manusia bagi sebuah prusahaan. Pelatihan dilakukan untuk memastikan bahwa setiap karyawan mendapat penilaian serta evaluasi terhadap performance yang dimiliki. Selain itu, pelatihan juga dilakukan untuk para karyawan agar dapat membuat standar kerja yang dinilai baik dan dapat membuat penilaian yang akurat.

2. Perencanaan

Perencanaan merupakan salah satu fungsi manajemen sumber daya manusia yang banyak menyita waktu karena menjadi bagian yang paling penting dalam sebuah proses manajemen. Perencanaan program karyawan dapat membantu dalam mencapai tujuan organisasi yang bersangkutan. Selain itu, perencanaan dalam manajemen sumber daya manusia memiliki fungsi sebagai upaya dalam pengambilan keputusan yang sudah diperhitungkan dengan matang mengenai berbagai hal-hal yang akan dilakukan. Proses perencanaan ini juga berguna untuk mengatur orang-orang dalam menyelesaikan tugas-tugas yang telah diberikan dan dibebankan kepada masing-masing orang.

3. Pengembangan

Pengembangan menjadi fungsi manajemen sumber daya manusia yang paling penting untuk mengembangkan sumber daya manusia yang dilaksanakan oleh sebuah perusahaan dengan melakukan pelatihan dan pendidikan yang saling berkesinambungan. Fungsi pengembangan dilakukan setelah mendapatkan sumber daya manusia (tenaga kerja) agar dapat sampai pada tingkat tertentu sesuai dengan pengembangan organisasi yang bersangkutan. Selain itu, fungsi pengembangan juga memiliki peranan sebagai upaya untuk penyiapan individu agar dapat menanggung tanggung jawab yang berbeda atau tanggung jawab yang lebih tinggi dalam sebuah perusahaan.

4. Membangun Relasi

Manajemen sumber daya manusia berperan penting serta memiliki fungsi untuk membangun relasi. Membangun relasi disini untuk melakukan negosiasi dengan pihak perserikatan pekerja. Departemen yang berperan dalam manajemen sumber daya manusia harus memiliki peran aktif untuk mencari jalan persetujuan antara perusahaan dengan serikat pekerja dan untuk membantu dalam menghindari datangnya keluhan. Selain itu, departemen juha harus berusaha agar tidak terjadi adanya tindakan tidak sehat yang dapat dilakukan oleh semua para karyawan. Tindakan tersebut seperti adanya demonstrasi dan mogok kerja.

5. Kompensasi

Kompensasi merupakan fungsi manajemen sumber daya manusia yang bertujuan untuk meberikan jasa yang layak serta memadai atau untuk memberikan reward dan kompensasi kepada para karyawan. Kompensasi yang akan diberikan kepada karyawan dapat berupa kenaikan gaji, pemberian bonus, atau promosi kenaikan jabatan. Kompensasi menjadi bentuk motivasi yang diberikan kepada karyawan dalam fungsi manajemen sumber daya manusia. Bentuk kompensasi yang akan diberikan diatur oleh departemen sumber daya manusia dan system kompensasi yang akan diberikan diseimbangkan dengan kinerja serta manfaat yang diberikan. Pemberian kompensasi menjadi fungsi yang paling penting dan berpengaruh terhadap peningkatan hasil kerja para karyawan. Hal ini karena semakin tinggi kompensasi yang diberikan, maka akan semakin tinggi pula hasil kerja yang diberikan oleh para karyawan.

Berdasarkan penjelasan di atas, itulah 5 fungsi MSDM dalam sebuah perusahaan. Manajemen sumber daya manusia memiliki fungsi serta peranan yang sangat penting. Manajemen sumber daya dalam sebuah perusahaan juga memiliki fungsi yang dapat mendukung sumber daya manusia untuk mendukung perusahaan serta meningkatkan potensi sumber daya manusia dalam berkarya.



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Tinggalkan komentar