Manfaat Aktivitas Team Building

Aktivitas Team Building adalah salah satu kegiatan yang tepat untuk membangun kebersamaan dalam perusahaan/organisasi. Ketika rutinitas kerja telah menjadi hal paling membosankan karena menjalankan setiap harinya dengan tanpa pembaharuan apapun. Termasuk semangat kerjasama, kekompakan, saling mendukung dan juga lainnya perlu ditingkatkan secara berkala dan berkelanjutan.

Dalam aktivitas Team Building akan banyak tantangan dengan beberapa permainan mulai dari individu, berdua, kelompok kecil hingga sinergi dalam game kelompok besar. Melalui permainan-permainan tersebut, peserta team building akan merasakan semangat kebersamaan, ketrampilan menyelesaikan pekerjaan dengan efektif, pelatihan jiwa kepemimpinan, keberanian mengambil keputusan, bagaimana menekan egoisme demi tercapainya tujuan utama, bagaimana saling mendukung, dan lain sebagainya.

Pada saat pelaksanaan Team Building peserta akan merasa Fun, namun tetap ada unsur pembelajarannya sehingga akan mudah diingat oleh peserta. Namun, bagaimanapun juga, kegiatan Team Building yang sukses adalah ketika peserta dapat mengaplikasikan esensi dari Aktivtas Team Building tersebut ketika kembali ke dalam lingkungan kerjanya dan dapat mengaplikasikannya dalam jangka waktu yang panjang.

Team-Building-Perusahaan-0823-3236-0252
Team-Building-Perusahaan-0823-3236-0252

Berikut merupakan beberapa manfaat dari Aktivitas Tim Building / Outbound :

-Meningkatkan Efisiensi Kerja
Setiap orang dalam tim bisa jadi memiliki pandangan dan pemikiran yang berbeda-beda. Namun ketika masuk dalam hubungan kerja, semua harus sepakat. Dalam kegiatan Team Building ini para peserta akan diajak “bermain” dengan kelompok kecil hingga kelompok besar dengan batasan waktu yang ditentukan, setiap tim kerja harus memahami target dalam kelompok dan memiliki satu visi yang sama dalam bekerja.
Jika terjalin kerja sama yang baik, efisiensi kerja jadi meningkat. Setiap orang akan menjalankan fungsinya secara bersamaan sesuai tanggung jawab masing-masing, sehingga pekerjaan di kantor menjadi cepat terselesaikan.

-Beban Kerja Menjadi Lebih Ringan
Banyak hal yang dapat dikerjakan jika dilakukan bersama-sama. Suatu pekerjaan besar akan terasa mudah jika dikerjakan oleh beberapa orang. Meski setiap orang memiliki tugas masing-masing sesuai delegasi yang dibagikan oleh atasan, semuanya akan saling melengkapi untuk mencapai tujuan bersama.
Dalam sebuah tim, bisa dibagikan beban kerja dan untuk bisa saling memberikan bantuan pada anggota tim lainnya. Semua orang akan saling tolong-menolong dan belajar untuk tidak memperhatikan kepentingan pribadi, tetapi mengutamakan kepentingan bersama.

-Menjalin Komunikasi
Dalam suatu team pasti ada atasan dan bawahan. Team building akan membantu membangun komunikasi antara atasan dan bawahan dengan baik untuk mewujudkan tujuan organisasi

-Menyatukan Perbedaan Pendapat
Banyaknya orang yang tergabung dalam suatu team dapat menyebabkan adanya perbedaan pendapat dalam melakukan pekerjaan untuk mewujudkan tujuan organisasi. Adanya team building inilah yang mampu menyatukan perbedaan pendapat menjadi sebuah masukan untuk memperbaiki kerja suatu team dalam meuwujudkan tujuan organisasi

-Menumbuhkan Sikap Saling Percaya
Setiap anggota team memiliki tanggung jawabnya masing-masing dalam pekerjaannya. Tiap-tiap anggota team tersebut harus menyelesaikan tanggung jawabnya sendiri dan percaya kepada anggota lain yang melakukan pekerjaan sesuai dengan jatahnya. Kepercayaan ini harus ada agar tidak terjadi suatu rasa paling bisa dan menganggap orang lain tidak bisa mengerjakannya.

PT INSPIERA SINERGI INDONESIA sebagi selaku salah satu provider training terkemuka di Indonesia telah banyak dan berpengalaman dalam membantu perusahaan / instansi dalam membantu mengadakan event outbound maupun Tim Building Training bagi perusahaan / instansi / organisasi. Hubungi 0823-3236-0252 Untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai layananan dari PT. Inspiera Sinergi Indonesia.



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Tinggalkan komentar