Manfaat Etos Kerja Yang Wajib Diketahui

Etos merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani “ethos” yang memiliki arti watak atau karakter. Menurut KBBI, etos memiliki makna karakteristik, kepercayaan, kebiasaan, sikap dan lainnya yang memiliki sifat khusus mengenai individu ataupun sekelompok manusia. Sedangkan kerja dalam KBBI merupakan semangat kerja yang menjadi ciri khas serta keyakinan seseorang maupun kelompok.

Etos kerja menjadi suatu hal yang sangat penting yang harus ditanamkan pada diri seseorang. Setiap orang harus memiliki jiwa etos kerja yang tinggi agar selalu menjadi lebih baik. Etos kerja sangat penting karena memiliki keuntungan bagi perusahaan. Ini beberapa manfaat etos kerja yang wajib diketahui, antara lain:

  1. Dengan memiliki etos kerja yang tinggi akan menjadikan hasil kerja dengan kualitas yang lebih baik.
  2. Etos kerja akan bermanfaat untuk membuka semua jaringan dalam komunikasi, keterbukaan, kegotongroyongan, kekeluargaan, dan kebersamaan. Selain itu, etos kerja bermanfaat untuk menemukan kesalahan dan cepat untuk memperbaikinya, serta cepat memperbaiki perkembangan yang timbul dari luar, dan juga akan dapat mengurangi laporan berupa data dan informasi yang salah maupun palsu.
  3. Manfaat lainnya yaitu jika memiliki etos kerja yang tinggi, maka akan menjadikan tingkat efisiensi dalam melakukan pekerjaan tinggi, kerajinan akan meningkat serta tingkat absensi akan berkurang, dan sikap tepat waktu atau disiplin.
  4. Adanya jiwa etos kerja akan membuat seseorang untuk melakukan perubahan atau fleksibel dan mempunyai sifat gesit dalam mempergunakan setiap kesempatan yang muncul.
  5. Etos kerja memiliki manfaat untuk meningkatkan kerjasama. Jika semua orang memiliki jiwa etos kerja yang sama tinggi, maka semua akan bersama-sama menyelesaikan tugas. Selain itu juga setiap orang akan lebih sadar terhadap tanggung jawabnya masing-masing dengan sangat baik. Dengan demikian, maka tidak ada lagi istilah saling menguntungkan orang lain.
  6. Etos kerja juga bermanfaat untuk meciptakan suasana kerja yang nyaman. Membudayakan jiwa etos kerja yang tinggi dalam lingkungan pekerjaan, akan memberikan tanggung jawabnya yang baik pada semua yang terlibat pada lingkungan kerja tersebut. Semua hal yang berkaitan dengan pekerjaan atau tugas, akan dikerjakan dengan tepat waktu. Hal ini akan menimbulkan suasana kerja yang nyaman ketika semua orang telah menyelesaikan pekerjaannya sesuai target dan tepat waktu.
  7. Menciptakan kekompakan dalam bekerja menjadi salah satu manfaat etos kerja yang paling penting. Akan menjadi perbandingan dalam lingkungan kerja jika satu orang memiliki etis kerja tinggi sedang yang lain malah malas-malasan. Hal ini menjadi tugas kelompok yang membutuhkan kerja sama, karena tentu saja pekerjaan tidak dapat terselesaikan dengan baik. Namun, apabila semua semua anggota memiliki etos kerja yang sama-sama tinggi, maka dapat dipastikan jika kelompok kerja tersebut akan harmonis dan kompak serta secara otomatis pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik dan akan mendapatkan hasil yang memuaskan.
  8. Manfaat etos kerja lainnya yaitu untuk mendorong timbulnya tingkah laku atau perbuatan dan akan membuat lebih bergairah dalam kegiatan atau aktivitas. Selain itu, etos kerja yang tinggi juga bermanfaat sebagai penggerak.

Berdasarkan penjelasan di atas, itulah beberapa manfaat etos kerja yang wajib diketaui. Etos kerja yang tinggi, akan membuat individu ataupun kelompok menjadi lebih baik dalam melakukan pekerjaan ataupun hal lainnya. Hal ini disebabkan karena setiap orang yang memiliki etos kerja, akan lebih terlihat pada sikap serta tingkah lakunya dalam melakukan pekerjaan atau bekerja.



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Tinggalkan komentar