MANFAAT TEAM BUILDING PERUSAHAAN

Team Building memainkan peran penting dalam mencapai tujuan di sebuah perusahaan. Selain itu, dari sisi tim pun team building dirasa dapat memberikan manfaat riil bagi karyawan.

Berikut beberapa manfaat dari tim bwilding bagi karyawan dalam sebuah organisasi/perusahaan adalah sebagai berikut:
1.Memungkinkan Karyawan Saling Mengenal Lebih Jauh Satu Sama Lain
Dalam dunia kerja, tentunya tidak semua karyawan bisa langsung saling mengenal dan bisa akrab. Padahal di dunia profesional menuntut untuk tidak individualis dan saling mengenal satu sama lain. Disinilah dibutuhkan sebuah aktivitas yang bisa mempererat perkenalan ini. Tim bwilding merupakan aktivitas yang tepat untuk memberi kesempatan melihat sisi lain kolega yang biasanya tidak disadari.
Dari aktivitas ini, karyawan bisa lebih saling mengenal kolega yang mungkin jarang bertegur sapa, dan belajar mengenal karakternya secara lebih baik. Dengan saling mengenal, karyawan akan lebih siap bersikap terbuka nantinya. Keterbukaan inilah yang akan menjadi jembatan komunikasi dan berujung kerja sama tim yang lebih kuat.
2.Meningkatkan Komunikasi Verbal
Seiring kemajuan teknologi, frekuensi komunikasi lisan semakin menurun dan menyebabkan fenomena “autis” (maknanya adalah terus sibuk dengan gadget masing-masing sehingga tidak ada lagi komunikasi lisan). Bahkan karena kecanggihan teknologi, menyebabkan tidak perlu lagi bertemu untuk bekerja sama. Contohnya adalah dalam sistem kerja remote dengan menggunakan tele conference.
Solusi terhadap realita ini adalah dengan cara team building. Tim bwilding memberi anggota kelompok untuk berhenti dengan kesibukkannya dan hadir sepenuhnya, bahkan mereka yang bekerja remote.
Disini, komunikasi lisan atau verbal akan dipicu melalui kegiatan-kegiatan menarik. Komunikasi verbal inilah yang akan meningkatkan hubungan antara anggota kelompok.
3.Meningkatkan Semangat Kerja Sama
Biasanya dalam team building terdapat berbagai kegiatan yang bersifat kompetitif. Seperti lomba antara kelompok/tim dengan Wujud yang bervariasi, seperti olahraga, outbound, hingga games menarik. Tujuan dari adanya kompetisi yakni memunculkan motivasi untuk menang. Kemenangan ini yang biasanya membawa rasa percaya diri dan bangga.
Dengan adanya unsur kompetisi, anggota kelompok akan mengupayakan kemenangannya. Pada akhirnya, tujuan untuk menang ini akan membakar semangat kerja sama di dalam masing-masing anggota tim.
4.Melatih Jiwa Kepemimpinan
Dalam kegiatan team building, potensi jiwa kepemimpinan ini akan dipacu untuk keluar. Peserta akan didorong untuk menumbuhkan rasa percaya diri sehingga potensi kepemimpinannya keluar. Lewat aktivitas team building, anggota tim yang belum menjadi atasan bisa mencoba simulasi menjadi pemimpin tanpa perlu khawatir akan risiko yang tinggi.
5.Memulihkan Semangat dalam Bekerja
Team building memberi kesempatan rehat sejenak dari rutinitas pekerjaan bagi para karyawan, dan inilah yang akan mengisi ulang energi yang selama ini telah hilang. Team building juga umumnya bersifat rekreasi, sehingga memberikan karyawannya waktu untuk bersenang-senang dan saling berbagi cerita dengan kerabat. Hal ini tentu meringankan beban di hati dan akan menimbulkan semangat baru dalam bekerja.

Team-Building-Training-0823-3236-0252
Team-Building-Training-0823-3236-0252

Aktifitas Team Building tersebut harus diberikan oleh lembaga training / konsultan yang terpercaya agar hasil pelatihan tersebut memiliki dampak bagi perusahaan tersebut. PT INSPIERA SINERGI INDONESIA sebagi selaku salah satu provider training terkemuka di Indonesia telah banyak dan berpengalaman dalam membantu perusahaan / instansi dalam membantu mengadakan event Pelatihan team building dan berbagai pelatihan lainnya bagi perusahaan / instansi / organisasi. Hubungi 0823-3236-0252 Untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai layananan dari PT. Inspiera Sinergi Indonesia.



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Tinggalkan komentar