Materi Sumber Daya Manusia Dari Pengertian Hingga Fungsinya

Sumber daya manusia atau SDM merupakan elemen penting dalam sebuah perusahaan. Sebagai elemen penting di dalam perusahaan beberapa peran pentingnya meliputi mendesain dan mengimplementasikan perencanaan dan penyusunan karyawan, pengembangan karyawan serta evaluasi kinerja. Oleh karena begitu pentingnya peran sumber daya manusia di dalam perusahaan maka pada artikel ini kami rangkum hal-hal yang berkaitan dengan SDM ini. Berikut kami ulas mengenai materi sumber daya manusia mulai dari pengertian, fungsi, hingga tujuan sumber daya manusia bagi perusahaan.

Pengertian Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia di dalam perusahaan lebih dikenal dengan manajemen sumber daya manusia atau MSDM. Manajemen sumber daya manusia itu sendiri merupakan upaya mengatur semua hal yang berkaitan dengan sumber daya manusia atau tenaga kerja. Dalam hal ini mencakup merekrut, mengembangkan, memotivasi hingga mengevaluasi eluruh kinerja sumber daya manusia.

Adapun beberapa ahli juga mengemukakan pendapat merkea mengenai MSDM. Beberapa pengertian manajemen sumber daya manusia menurut ahli diantaranya.

Anwar Prabu Mangkunegara

Menurut Anwar Prabu Mangkunegara manajemen sumber daya manusia adalah suatu perencanaan pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan, terhadap pengadaan, pengembangan, pemberian remunerasi, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pemisahan tenaga kerja dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

Sonny Sumarsono

Sonny Sumarsono (2003) mengartikan bahwa sumber daya manusia mempuyai beberapa pengertian yaitu sumber daya manusia adalah usaha kerja yang bermanfaat bagi keberlangsungan produksi. Sedangkan makna yang kedua, sumber daya manusia merupakan kelompok manusia yang terdiri dari manusia yang memiliki kemampuan untuk memberikan jasa.

M.T.E Hariandja

Sumber daya manusia oleh Hariandja dimaknai sebagai salah satu faktor penting bagi sebuah perusahaan selain faktor modal. Faktor sumber daya manusia ini dianggap penting karena membutuhkan pengelolaan yang baik dalam rangka peningkatan mutu organisasi maupun perusahaan.

Fungsi Sumber Daya Manusia

1. Sebagai Tenaga Kerja

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa sumber daya manusia merupakan elemen penting di dalam perusahaan. Sebab sumber daya manusia merupakan tenaga kerja yang dimiliki perusahaan. Tenaga kerja merupakan roda penggerak jalannya sebuah perusahaan. Tanpa tenaga kerja maka perusahaan telah mati. Sebab tenaga kerja berperan memberikan kontribusi untuk kemajuan perusahaan sesuai dengan tujuan bersama.

2. Sebagai Pemimpin

Seorang pemimpin di dalam perusahaan adalah berasal dari tenaga kerja atau merupakan sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan itu sendiri. Sumber daya menusia yang memiliki kapasitas besar dan berkompeten berfungsi sebagai pemimpin di dalam kelompok.

3. Sebagai Tenaga Usahawan

Sumber daya manusia juga merupakan tenaga usahawan. Tenaga usahawan yang dimaksud yaitu mereka yang dapat menjalankan pekerjaannya yang berhubungan denga menciptakan produk yang bermanfaat bagi orang banyak dan menguntungkan perusahaan.

Tujuan Sumber Daya Manusia

1. Membantu Perusahaan Mencapai Tujuan

Salah satu yang menjadi tujuan utama adanya SDM yaitu mencapai tujuan perusahaan. Divisi manajemen sumber daya manusia juga bertanggungjawab dalam hal penerapan kebijakan yang dibuat serta memperhatikan dampak kebijakan dan prosedur terhadap para pekerja.

2. Memberi Dukungan

Selain membantu mencapai tujuan adanya SDM juga memberikan dukungan terhadap perusahaan. Bentuk nyata dari dukungan tersebut adalah berupa perekrutan SDM berkualitas dan menciptakan kondisi yang kondusif di perusahaan.

3. Menyelesaikan Masalah

Kita semua tahu bahwa setiap organisasi atau perusahaan pasti akan menghadapi masalah. Seringkali masalah tersebut membawa perusahaan pada situasi krisis dan resiko negatif bagi banyak pihak. Disinilah peran MSDM sangat penting dalam menyelesaikan masalah yang ada di perusahaan.



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Leave a Comment