Memahami Penerapan Service Excellence

Kita sering mendengar istilah service excellence. Pegawai atau frontliner yang melayani dengan baik sering disebut servicenya excellent, seperti Customer Service bank yang melayani dengan ramah, sopan, dan solutif. Ada berbagai pengertian service excellent yang banyak dipahami oleh masyarakat, dimana orang dapat beranggapan bahwa seperti itulah yang bisa diartikan sebagai service excellent atau pelayanan prima.

Beberapa anggapan tentang definisi service excellent diantaranya layanan yang sangat memahami kebutuhan customer, atau layanan yang menitik beratkan pada penepatan janji terhadap customer. Ada juga yang berpendapat bahwa service excellent mengandung arti memberikan kepuasan yang lebih daripada yang diharapkan oleh customer, sehingga konsumen jatuh cinta pada produk / layanan / perusahaan tersebut. Ada pula yang melihat dari sisi emotional seperti ketika customer merasa sangat diperhatikan oleh pemberi jasa, seperti dengan menyebutkan salah satu kesukaan atau hobby yang akan sangat berkesan bagi seseorang.

Penerapan Service Excellent di Perusahaan
Biasanya untuk menerapkan Service Excellent ditetapkan standar-standar, seperti :
Customer Service (CS) Bank :
Sikap dalam melayani
Penampilan fisik
Kemampuan menjelaskan product dan fasilitas bank (Product Knowledge)
Kemampuan menggiring calon nasabah untuk menggunakan product bank yang bersangkutan
Kemampuan menangani komplain (Complaint Handling)

Apabila poin-poin tersebut dipenuhi dengan baik masih harus di validasi langsung oleh nasabah apakah pelayanannya benar-benar prima, ditinjau dari sisi nasabah itu sendiri. Oleh karena itu biasanya dilakukan juga survey terkait kepuasan konsumen.

Training-Service-Excellence-0823-3236-0252
Training-Service-Excellence-0823-3236-0252

Salah satu aktivitas yang dapat meningkatkan Service Excellence pada karyawan dalam perusahaan adalah membuat secara khusus event Training Service Excellence itu sendiri. Dan disini PT INSPIERA SINERGI INDONESIA selaku salah satu provider training terkemuka di Indonesia telah banyak dan berpengalaman dalam membantu perusahaan / instansi dalam membantu mengadakan event Service Excellent Training bagi perusahaan / instansi / organisasi. Hubungi 0823-3236-0252 Untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai layananan dari PT. Inspiera Sinergi Indonesia.



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Tinggalkan komentar