Membangun Tim (Team Building)

Membangun tim biasa disebut dengan team building dimana ini dilakukan dengan beraneka macam aktivitas yang digunakan untuk meningkatkan hubungan sosial dengan mendefinisikan peran masing-masing individu dalam suatu tim yakni dengan melakukan kolaborasi dari berbagai tugas. Hal ini berbeda dari pelatihan tim, dimana merupakan aktivitas yang dirancang dengan menggabungkan manajer bisnis, pembelajaran dan pengembangan/ baik internal maupun eksternal dan bagian HR Business Partner (jika ada peran) yang ini bertujuan meningkatkan efisiensi, daripada hubungan interpersonal.

Berbagai aktivitas dalam team building ini ditujukan agar masalah interpersonal dalam kelompok bisa diekspos dan diatasi. Dari waktu ke waktu, kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja dalam sebuah tim yang berbasis lingkungan. Team building merupakan salah satu dasar pengembangan organisasi yang dapat diterapkan dalam kelompok-kelompok seperti tim olahraga, kelas-kelas sekolah, unit militer atau hingga awak pesawat.

Lingkup dari team building meliputi:
1.Penyelarasan tujuan
2.Pembangunan hubungan kerja yang efektif
3.Peran dalam suatu tim yang pasti
4.Solusi permasalahan dalam tim

Membangun tim merupakan pendekatan yang banyak digunakan dalam membangun atau mengembangkan organisasi atau khususnya organisasi dalam perusahaan
Dari semua kegiatan organisasi, sebuah studi menunjukkan bahwa pengembangan tim memiliki dampak yang kuat dalam meningkatkan kinerja keuangan sebuah organisasi. Sementara itu di sisi lain berdasarkan sebuah hasil studi lainnya menunjukkan bahwa program pengembangan tim meliputi membangun tim dan pelatihan tim, meningkatkan kinerja tim dan pengawas secara keseluruhan.

Dalam Team Building tersebut perlu tujuan yang jelas yang harus dipahami secara individu untuk mencapai tujuan tersebut. Anggota tim perlu untuk dilibatkab dalam perencanaan tindakan untuk mengidentifikasi cara-cara untuk menentukan keberhasilan dan kegagalan dan mencapai tujuan. Hal ini dimaksudkan untuk memperkuat motivasi dan menumbuhkan rasa kepemilikan atas organisasi/perusahaan tersebut. Dengan mengidentifikasi hasil yang spesifik dan tes tambahan sukses, tim dapat membuat ukuran atas kemajuan mereka.

Dalam mencapai tujuan perlu peningkatan anggota tim-tim dengan membangun pemahaman mereka sendiri dan orang lain masing-masing peran dan tugas. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi ambiguitas dan menumbuhkan pemahaman tentang pentingnya struktur dengan kegiatan yang bertujuan untuk mendefinisikan dan menyesuaikan peran dalam organisasi/perusahaan tersebut. Ini menekankan dalam perusahaan/organisasi perlu bagi anggota memiliki saling ketergantungan dengan nilai masing-masing sehingga memiliki anggota fokus pada peran mereka sendiri dalam tim untuk menyukseskan perusahaan /organisasi tersebut.

Team-Building-Training-0823-3236-0252
Team-Building-Training-0823-3236-0252

PT INSPIERA SINERGI INDONESIA sebagi selaku salah satu provider training terkemuka di Indonesia telah banyak dan berpengalaman dalam membantu perusahaan / instansi dalam membantu mengadakan event Team Building Training bagi perusahaan / instansi / organisasi. Hubungi 0823-3236-0252 Untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai layananan dari PT. Inspiera Sinergi Indonesia.



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Tinggalkan komentar