Meningkatkan Motivasi Kerja dari Karyawan

Dalam sebuah perusahaan seringkali terdapat karyawan yang dirasa memiliki motivasi kerja yang rendah. Hal ini ditunjukkan dengan produktivitas yang rendah, seperti : sulit koordinasi dengan berbagai alasan, tidak sesuai deadline, pulang lebih awal dan sebagainya.

Masalah seperti ini harus segera dianalisa dan diatasi. Setelah itu barulah bisa untuk disusun rencana agar motivasi kerja para karyawan terus terjaga. Adapun langkah yang dapat dilakukan oleh manajer pada khususnya dalam meningkatkan motivasi kerja karyawan diantaranya :

  1. Memberikan Reward & Punishment

Pada suatu penugasan atau tanggung jawab perlu diberikan penghargaan bagi yang memenuhi atau bahkan melampaui target. Penghargaan atau reward tersebut digunakan untuk memotivasi karyawan agar mampu menunjukkan kinerja terbaiknya. Dalam hal ini reward digunakan sebagai pemancing bagi para karyawan untuk memperolehnya. Reward tersebut dapat berupa bonus, insentif, promosi jabatan, dll.

Sebaliknya hukuman atau punishment diberlakukan apabila terdapat karyawan yang bekerja tidak memenuhi target. Aplikasi hukuman yang dapat diterapkan seperti pemangkasan gaji, penurunan jabatan, hingga pemecatan. Sama halnya dengan reward, punishment diterapkan untuk tetap memotivasi karyawan agar mampu bekerja sesuai target.

  1. Menjalin Komunikasi dengan Baik

Para manajer hendaknya menjalin komunikasi dengan baik bersama timnya. Selain itu, komunikasi sesama karyawan juga harus berjalan dengan baik. Seringkali karyawan kurang termotivasi dalam pekerjaannya dikarenakan buruknya komunikasi yang terbentuk di tempat kerjanya.

Komunikasi yang baik tidak hanya terjalin secara formal namun juga dapat dilakukan secara informal. Tujuan dari hal ini adalah membentuk suasana nyaman dan kekeluargaan di tempat kerja. Semakin nyaman (namun tetap profesional) maka semakin loyal karyawan di tempat kerjanya.

Membangun komunikasi yang baik dapat dilakukan secara individu (personal approach) ataupun melalui kebijakan perusahaan (company policy).

  1. Mengenali Kelebihan dan Kekurangan Karyawan

Tugas Manajer atau atasan adalah mengenali karakteristik timnya. Melalui hal ini potensi setiap karyawan akan dapat bisa digali dan dieksplorasi. Karyawan yang merasa dirinya diperhatikan dan merasa potensinya berguna bagi perusahaan akan tersanjung sehingga akan mampu memberikan yang terbaik.

Beda halnya dengan karyawan yang tidak pernah dieksplorasi dan digunakan potensinya oleh perusahaan. Mereka akan merasa tidak terlalu diperlukan yang tidak sesuai di bekerja di perusahaan tersebut. Padahal setiap potensi karyawan akan berbeda-beda satu dengan lainnya.

  1. Mengadakan Up-Grading atau Training Bagi Karyawan

Jalur formal dan legal yang dapat memotivasi karyawan dalam meningkatkan kinerjanya adalah dengan mengadakan team building atau training motivasi bagi karyawan. Acara ini biasa diadakan di awal maupun di tengah periode kepengurusan. Team Building ataupun training motivasi biasanya dilakukan/diisi oleh profesional di bidang motivasi untuk meningkatkan pemahaman karyawan akan dunia kerja dan pencapaian target di perusahaan.

Training-Motivasi-Kerja-082332360252
Training-Motivasi-Kerja-082332360252

PT INSPIERA SINERGI INDONESIA sebagi selaku salah satu provider training terkemuka di Indonesia telah banyak dan berpengalaman dalam membantu perusahaan / instansi dalam membantu mengadakan event training motivasi kerja, upgrading, team building karyawan bagi perusahaan / instansi / organisasi.  Hubungi 0823-3236-0252 Untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai layananan dari PT. Inspiera Sinergi Indonesia.



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Tinggalkan komentar