Mewujudkan Team Building untuk Perusahaan

Team building merupakan suatu upaya yang dibuat secara sadar dengan tujuan mengembangkan kerja sama kelompok dalam suatu organisasi. Team atau organisasi ini bisa berarti team atau organisasi tersendiri dalam masyarakat atau bisa diartikan team atau organisasi sebuah perusahaan secara keseluruhan atau salah satu bagian dari sebuah perusahaan.

Dimanapun keberadaannya, tim atau kelompok memiliki karakeristik sebagaimana berikut ini:
1.Terdiri dari dua orang atau lebih dalam interaksi sosial baik secara verbal maupun non verbal.
2.Anggota kelompok harus mempunyai pengaruh satu sama lain supaya dapat diakui menjadi anggota suatu kelompok.
3.Mempunyai struktur hubungan yang stabil sehingga dapat menjaga anggota kelompok secara bersama dan berfungsi sebagai suatu unit.
4.Anggota kelompok adalah orang yang mempunyai tujuan atau minat yang sama.
5.Individu yang tergabung dalam kelompok, saling mengenal satu sama lain serta dapat membedakan orang-orang yang bukan anggota kelompoknya.

Dengan berbagai karakteristik sebegaimana tersebut diatas, maka sudah pasti akan terjadi dinamisasi di dalam tim atau organisasi tersebut. Semakin besar tim atau organisasi, dinamisasinya juga akan semakin besar. Olah karena itu disinilah peran penting pemimpin dalam memimpin dan membimbing tim tersebut. Disinilah kemudian diiperlukannya team building.

Umumnya team building dilakukan untuk memperbaiki kinerja kelompok yang dirasa kurang baik.
Adapun beberapa kondisi yang dipertimbangkan dalam melakukan team building adalah sebagai berikut:
1.Kelompok yang memerlukan peningkatan moralitas dan hasil kerja tim.
2.Pihak pimpinan yang kurang bersikap dan bertindak sebagai bagian sebuah kelompok.
3.Apabila terpicu kurang pengertian antar sesama anggota kelompok, tidak ada arahan dan semangat kerja yang timbul dalam suatu kelompok, sehingga kelompok kehilangan arah kerja.
4.Kelompok baru dimana terdapat beberapa individu yang menonjol tapi tidak dapat bekerja sama.
5.Kurangnya rasa percaya diri antar sesama anggota tim sehingga tidak dapat dicapai kesepakatan terhadap tujuan bersama tim dan adanya ketidaktahuan akan kemungkinan peluang yang dapat dilakukan oleh anggota tim.

Team Builidng memberikan manfaat dalam pencapaian tujuan perusahaan dan juga dapat memberikan manfaat riil bagi karyawan. Salah satu upaya untuk mewujudkan Team Building pada tim /Karyawan di Perusahaan/organisasi adalah dengan mengadakan Pelatihan Team Building.

Team-Building-Training-0823-3236-0252
Team-Building-Training-0823-3236-0252

Pelatihan tersebut harus diberikan oleh lembaga training / konsultan yang terpercaya agar hasil pelatihan tersebut memiliki dampak bagi perusahaan tersebut. PT INSPIERA SINERGI INDONESIA sebagi selaku salah satu provider training terkemuka di Indonesia telah banyak dan berpengalaman dalam membantu perusahaan / instansi dalam membantu mengadakan event Pelatihan team building dan berbagai pelatihan lainnya bagi perusahaan / instansi / organisasi. Hubungi 0823-3236-0252 Untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai layananan dari PT. Inspiera Sinergi Indonesia.



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Tinggalkan komentar