Pentingnya Menyiapkan Modul Traning Kepemimpinan

Bagi perusahaan pengadaan raining sangatlah penting. Sebab training bertujuan untuk memberikan kemampuan serta pemahaman terhadap karyawan untuk terus meningkatkan produktifitasnya.  Salah satu training yang penting diberikan yaitu training kepemimpinan. Mengapa penting? Sebab semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi pemimpin. Dengan memberikan training tersebut maka perusahaan membuka peluang kepada semua karyawan untuk dapat mengeksplorasi dirinya untuk menjadi seorang pemimpin. Sebelum mengikuti pelatihan atau training tersebut ada baiknya Anda membuat modul training kepemimpinan.

Pentingnya Menyiapkan Modul Training Kepemimpinan

Adanya modul training kepemimpinan ini efektif untuk intansi Anda. Hal tersebut biasanya berkaitan dengan substansi dan tujuan untuk apa dilakukan sebuah training atau pelatihan.

Agar modul traning kepemimpinan yang dibuat dapat dilaksanakan dengan lancar tanpa kendala, maka ada baiknya dari pihak karyawan atau perusahaan tersebut melakukan segala persiapan yang cukup matang. Sehingga apapun yang akan menjadi tujuan dalam training tersebut dapat tercapai dengan baik dan maksimal. Disamping itu selain untuk mengasah kemampuan dan juga mendapatkan ilmu yang baru, traning juga dibutuhkan untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab serta bahkan menambah motivasi tersendiri bagi karyawan terhadap tugas baru yang akan mereka dapat.

Hal ini tentu berguna untuk mengembangkan potensi, baik pada kemampuan dan juga kepribadian dari karyawan tersebut. Misalnya, sebelum mengikuti traning mereka menjadi karyawan yang cenderung lebih menutup diri bahkan membatasi pergaulan yang bisa saja menghambat pada karirnya. Tetapi setelah mengikuti pelatihan mereka menjadi pribadi yang mempunyai rasa percaya diri yang cukup tinggi, sehingga mereka pandai dalam berinteraksi dengan banyak orang.

Dengan demikian secara tidak langsung, maka mereka telah dapat membuka diri untuk pergaulan yang cukup luas, serta membuka networking yang baik kepada semua rekan kerja ataupun bisnis.

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa setiap perusahaan pasti membutuhkan training kepemimpinan untuk karyawannya. Sebab dengan memberikan pelatihan atau training harapannya adalah karyawan harus mampu memaksimalkan manfaat dari training yang diadakan sesuai dengan yang tertulis pada modul training kepemimpinan yang telah dibuat.

Sebagai karyawan juga seharusnya dapat memaksimalkan kesempatan tersebut dan tidak boleh menyia-nyiakannya. Apabila perusahaan tempat Anda bekerja telah mengikutsertakan Anda di dalam training, itu berarti perusahaan telah memberikan apresiasi lebih terhadap apa yang telah Anda kerjakan. Atau lebih tepatnya hal tersebut sebagai bentuk penghargaan atau perhatian perusahaan terhadap prestasi dan juga kemampuan yang Anda miliki, walaupun mungkin Anda sendiri tidak menyadarinya.

Cara Menyusun Modul Training Kepemimpinan

1. Identifikasi Kebutuhan Training

Anda harus mengidentiffikai kebutuhan untuk menyusun modul pelatihan. Dalam poin ini Anda harus mengetahui dan memtakan batasan dan ruang lingkup penyusunan modul pelatihan kerja yang merujuk kepada peraturan perundangan yang berlaku. Selain itu, Anda juga harus paham tentang rencana penyusun modul pelatihan kerja harus disusun sesuai dengan target dengan mempertimbangkan sumber daya yang tersedia dan target waktu penyelesaian

2. Merumuskan Draft Modul

Poin kedua, merumuskan draft atau kerangka konsep modul yang akan dibuat. Anda bisa membuatnya dengan merumuskan kompetensi atau unit kompetensi dari stándar kompetensi kerja dipilih untuk dijabarkan kedalam modul pelatihan kerja sesuai dengan pelatihan kerja yang akan dialksanakan

3. Lakukan Validasi Draft Modul

Setelah membuat draft, maka selanjutnya lakukan validasi draft tersebut. Metode pembahasan draft modul pelatihan kerja dipilih dengan mempertimbangkan ketersediaan sumber daya manusia Anda dan karekteristik bidang kerja atau lapangan usaha yang tercakup dalam modul.

4. Bahas Lebih Dalam Mengenai Draft Modul

Setelah draft yang dibuat telah divalidasi dengan baik maka selanjutnya lakukan pembahasan lebih dalam mengenai narasumber, SDM serta apa yang dibutuhkan perusahaan. Pelaksanaan validasi draft modul pelatihan kerja dirancang dengan mengikutsertakan para nara sumber, pihak industri dan para pakar pelatihan kerja sesuai dengan bidang kerja atau lapangan usaha Anda.

5. Menyelesaikan Penyusunan

Modul pelatihan kerja yang telah tersusun kemudian dicermati kembali. Hal ini bertujuan untuk memastikan kesesuaiannya dengan kebutuhan substansi teknis dan sistimatika penulisan modul yang ditetapkan.

 

 

 

 



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Leave a Comment