Motivasi Untuk Karyawan, Dari Diri Sendiri Dan Dari Pimpinan

Jika Anda seorang karyawan sebuah perusahaan, mempunyai motivasi sangatlah penting bagi karir Anda. Pasalnya motivasi untuk karyawan berperan sebagai pendorong bagi Anda untuk terus bekerja dengan semangat dan dapat melakukan pekerjaan dengan baik. apabila Anda dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan berhasil maka Anda berhak mendapatkan penghargaan. Penghargaan ini merupakan prestasi bagi diri Anda sendiri dan baik untuk masa depan karir Anda.

Motivasi yang dimiliki setiap orang berbeda-beda. Untuk menciptakan motivasi dapat dilakukan oleh diri sendiri maupun dari pimpinan Anda. Motivasi yang diciptakan diri sendiri berasal dari faktor individu atau internal diri Anda. Hal tersebut dapat berupa cita-cita atau impian yang menjadi motivasi untuk melakukan pekerjaan secara maksimal. Sementara motivasi dari pimpinan Anda dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti pada pembahasan berikut ini.

Cara Memotivasi Karyawan

1. Dengar Dan Hargai Ide-ide Baru Karyawan

Tidak ada salahnya meluangkan waktu sedikit untuk berbincang dan mendengarkan ide-ide baru karyawan. Kita semua tahu bahwa setiap orang ingin didengarkan, tak terkecuali juga karyawan Anda. Dengan mendengarkan ide-ide karyawan mereka akan merasa dihargai sebagai bawahan. Hal ini tentu saja akan membuktikan bahwa Anda seorang atasan yang berwibawa dan bijaksana.

2. Bantu Merencanakan Karier Karyawan

Setiap karyawan pasti memiliki keinginan untuk naik jabatan. Hal ini sebagai bentuk prestasi bagi diri mereka sendiri untuk mendapatkan jenjang karir yang lebih baik. Jika Anda seorang pemimpin yang bijak tentu saja Anda tidak boleh menutup mata harapan karyawan Anda. Berikan penilaian terhadap karyawan secara obyektif. Berikan pula pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas diri mereka.

3. Apresiasi Kinerja Sekecil Apa pun

Semua orang pasti ingi dihargai, begitu pula dengan Anda dan karyawan Anda. Perhatikan setiap kinerja karyawan Anda. Apabila terdapat peningkatan terhadap kinerjanya apresiasilah sekecil apapun. Dengan memberikan apresiasi terhadap karyawan maka akan menambah semangat lagi bagi mereka.

4. Bangun Kepercayaan Antara Anda dan karyawan

Cara memotivasi karyawan juga bisa dilakukan dengan membangun kepercayaan dengan karyawan. Seperti yang kita tahu bahwa kepercayaan merupakan modal untuk hubungan kerja yang lebih baik. Bangunlah hubungan baik Anda dengan karyawan melalui rasa saling percaya.

Hal-hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Menumbuhkan Motivasi

  1. Sering membaca biografi orang-orang sukses
  2. Rubah kebiasaan buruk
  3. Selalu ingat tujuan dan niat Anda bekerja
  4. Miliki idola orang-orang sukses untuk mendorong Anda agar sukses seperti mereka
  5. Ingatlah orang yang Anda sayangi untuk memberikan kebahagiaan bagi mereka
  6. Biasakan berpikir positif
  7. Buat target sebagai bentuk pencapaian prestasi Anda
  8. Bergaulah dengan orang-orang sukses dan yang memiliki mindset positif

Kata Motivasi Untuk Karyawan

Tiger Woods

“Satu hal yang Ayah Saya ajarkan kepada saya, yaitu jangan pernah mendengar apa yang menjadi ekspektasi orang lain terhadap diri Anda. Anda harus hidup sesuai dengan hidup yang Anda inginkan dan hidup sesuai dengan ekspektasi Anda.”

Soichiro Honda

“Ada pepatah Jepang yang mengatakan ‘Angkat layar dengan tangan Anda yang lebih kuat’, artinya Anda harus mengejar peluang yang muncul dalam kehidupan dengan kemampuan Anda yang paling Anda kuasai.”

Booker T. Washington

“Sukses itu tidak diukur oleh posisi yang telah diraih seseorang dalam kehidupan, tapi hambatan yang telah ia atasi saat berusaha untuk sukses.”

Conrad Hilton

“Sukses berkaitan dengan tindakan. Melainkan orang sukses terus melangkah. Mereka membuat kesalahan namun tidak menyerah.”

Thomas Jefferson

“Jangan pernah menunda sampai besok jika Anda bisa melakukan hari ini.”

Carlton Fisk

“Bukan apa yang Anda capai,  namun apa yang Anda atasi. Itulah yang mendefinisikan karier Anda.”

Serena Williams

“Ketika Anda kalah, Anda bangun, Anda membuatnya lebih baik. Anda coba lagi.”



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Leave a Comment