Manfaat Memilih Motivator Jenaka Dalam Pelatihan

Pelatihan atau training adalah kegiatan yang dilakukan di dalam ruangan dan terdapat satu narasumber dan banyak audiens. Pada prosesnya pelatihan bertujuan untuk memberkan materi kepada audiens agar dapat memahami materi yang disampaikan. Dalam pemberian materi dapat berupa presentasi tatap muka. Biasanya kegiatan ini berlangsung hingga kurang lebih 2 jam. Terkadang peserta pelatihan merasa penat dan jenuh karena harus pasif mendengar narasumber atau trainer berbicara. Namun tentu saja ini akan berbeda jika Anda menggunakan motivator jenaka.

Seorang motivator jenaka selain memberikan materi dan motivasi melalui pelatihan, namun juga dapat menyelipkan humor ringan kepada peserta. Tentu saja ini akan membuat suasana pelatihan menjadi hidup dan tidak kaku. Disamping itu juga peserta menjadi tidak jenuh dan lebih rileks.

Manfaat Menggunakan Humor Dalam Pelatihan

Menggunakan humor dalam memberikan materi di dalam pelatihan dapat mencerahkan, menggugah dan menghibur para peserta. Pendekatan ini sangat efektif agar peserta dapat lebih cepat menyerap apa yang telah disampaikan.

Selain itu, menggunakan humor dalam penyampaian materi maka trainer akan dapat membangun kedekatan dengan peserta. Tentu saja ini menjadi poin penting agar materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh peserta.

Menyelipkan humor pada saat pelatihan juga membuat kondisi psikis dan fisik peserta menjadi segar dan kembali bersemangat. Bahkan peserta juga turut antusias dalam mengikuti pelatihan. Tidak hanya itu humor juga dapat membuat peserta mengingat poin-poin penting yang disampaikan trainer melalui humor tersebut. Secara singkat berikut ini merupakan manfaat memberikan sedikit humor ketika pelatihan:

  • Membuat peserta tidak bosan dan jenuh
  • Dapat membuat peserta lebih santai dan rileks saat mendengar penyampaian materi
  • Dapat lebih mudah mengingat materi yang disampaikan
  • Dapat termotivasi terhadap materi yang disampaikan

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memberikan Humor

Ketika memberikan humor maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Beberapa diantaranya yaitu humor yang sebaiknya diberikan dan yang sebaiknya dihindari. Humor akan bermanfaat dan efektif diberikan jika otentik dengan isi dan subtansi materi yang disampaikan, humor juga harus memiliki relevansi dengan apa yang sedang Anda sampaikan, bila perlu dan jika bisa berikan humor yang belum pernah peserta engan sebelumnya. Dengan memperhatikan beberapa poin-poin tersebut maka kemungkinan besar humor yang diberikan dapat menghibur dan tidak garing.

Humor juga tidak sembarangan diberikan ketika pelatihan. Apalagi pelatihan merupakan peltihan dalam ruang yang berisi audiens dengan pendidikan yang tinggi dan terkesan formal. Sehingga Anda juga harus pintar-pintar dalam memilih humor. Maka sebaiknya Anda menghindari humor yang bersifat menyerang peserta, dan yang lebih penting yaitu berikan humor yang bebas dari unsur suku, agama, ras, golongan, politik dan pornografi. Anda juga harus memperhatikan humor Anda agar tidak terlalu panjang agar peserta tidak kehilangan minat mendengarkan humor yang Anda buat. Anda juga perlu waspada terhadap humor yang dapat menimbulkan penghinaan atau kemarahan. Dan yang penting lagi jangan pernah mengulang humor yang telah ada, sehingga Anda tidak dicap membosankan.

Menjadi motivator jenaka memang banyak disukai karena peserta merasa terhibur. Motivator jenaka juga tidak terlepas dari humor-humor yang dibuat untuk hiburan sekaligus penyampaian materi yang menyenagkan peserta. Beberapa ketentuan humor di atas dapat Anda perhatikan jika ingin memberikan humor ketika berbicara di depan umum, bukan hanya di pelatihan namun juga saat presentasi. Mengingat manfaatnya yang cukup efektif bagi keberlangsungan presentasi Anda maka memberikan humor pada peserta menjadi perlu untuk dilakukan.

 



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Leave a Comment