Asah Kreatifitas dan Karakter Karyawan Melalui Outbound Games

Outbound games atau permainan luar ruangan adalah suatu kegiatan atau aktifitas yang dilakukan dengan konsep pelatihan diluar ruangan. Bisanya outbound games ini dibuat untuk melatih motorik serta kepekaan sosial seseorang terhadap lingkungannya. Karena outbound games ini merupaka kegiatan atau aktivitas bermain di luar ruangan yang dapat merangsang kreatifitas dan karakter karyawan, oleh karenanya metode outbound games banyak diadakan perusahaan untuk meningkatkan kualitas SDM karyawan mereka.  Kegiatan bermain diluar ruangan atau outbound ini dapat juga digunakan sebagai sarana media untuk menambah wawasan serta pengalaman yang akan didapatkan melalui serangkaian kegiatan fisik berupa berbagai permainan yang akan dilakukan.

Dengan adanya outbound games ini diharapkan dapat mampu memicu pembentukan karakter, pengetahuan, hard skill, serta soft skill pada karyawan. Karena dengan outbound games dapat meningkatkan antusiasme karyawan dalam semua kegiatan serta pembelajaran. Outbound games yang telah dilakukan akan menjadi pengalaman berharga sekaligus pembelajaran yang tidak mudah dilupakan oleh seseorang. Dengan aktifitas-aktifitas yang menyenangkan, peserta tentu akan lebih meresapi apa yang disampaikan dan diajarkan. Pengalaman dalam outbound games ini akan mengembangkan serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan. Adapun tujuan dari adanya outbound games adalah sebagai berikut.

  1. Melatih karyawan untuk memahami perasaan orang lain, mendengarkan pendapat, serta masukan serta menghargai perbedaan yang ada.
  2. Meningkatkan motivasi dan semangat karyawan
  3. Melatih kemandirian dan mengambil keputusan dengan tepat
  4. Meningkatkan rasa solidaritas sesame karyawan
  5. Melatih karyawan agar mampu berkomunikasi serta mengemukakan pendapatnya dengan baik.
  6. Melatih kratifitas karyawan dalam memecahkan masalah
  7. Sarana yang dapat digunakan untuk mengembangkan karakter
  8. Membuka pikiran anak agar lebih memiliki wawasan serta pengetahuan yang terbuka.

Permainan Outbound Games Yang Biasa Dimainkan

Banyaknya manfaat outbound ini bagi karyawan memang menjadi daya tarik sendiri bagi perusahaan untuk memberikan training kepada karyawannya. Berikut adalah beberapa jenis kegiatan yang dapat dijadikan outbound games bagi karyawan.

1. Almost Infinite Circle

Outbound games dilakukan dengan meminta peserta untuk dapat melepaskan tali yang terikat dengan tali pada pasangan mainnya. Yang mana tali tersebut keduanya terikat pada masing-masing pergelangan tangan. Aturan mainnya adalah tidak diperbolehkan memotong tali menggunakan benda tajam ataupun tumpul dan tidak boleh membuka simpul yang mengiktanya.

2. Grass In The Wind

Outbound games yang satu ini membutuhkan kekompakan tim, dimana peserta secara bergantian diharuskan merubuhkan diri kearah rekan sesama tim yang berdiri tepat disekililingnya. Kemudian rekan-rekan yang lainnya bertugas menahan dan mendorongnya ke arah lain. aturan main dari outbound games ini adalah satu tim harus membuat lingkaran kecil dengan posisi tangan berada didepan dada, kemudia ada satu orang yang beridi di tengah lingkaran, tugas peserta yang berdiri di tengah ini adalah merubuhkan badan layaknya kayu yang tumbang ke rerumputan. Dengan peserta lainnya harus menahan dan mendorongnya agar tidak terjatuh ke rumput.

3. Permainan Ladang Ranjau

Permainan lading ranjau ini sering dimainkan dalam kegiatan outbound. Permainan ini dilakukan dengan tujuan untuk melatih fokus seseorang, kepercayaan antar individu dalam tim, komunikasi, dan juga pendengaran yang efektif. Cara bermainnya adalah dengan menaruh berbagai benda seperti botol, vola, dan berbagai peralatan lainnya secara acak di lantai. Setiap orang harus saling berpasangan, salah satu pasangannya diharuskan memakai penutup mata. Kemudian satu orang lainnya harus mampu menuntun temannya berjalan dari ujung ke ujung lainnya tanpa menginjak satupun benda yang berada di lantai. Satu orang dengan mata terbuka tersebut, harus dapat mengarahkan temannya (mata tertutup) dengan kata-kata untuk dapat sampai ke tempat tujuan akhir.

Masih ada banyak lagi permainan outbound yang bisa dimainkan untuk melatih dan membangun kreatifitas serta karakter seseorang. Permainan outbound lainnya yang terbukti mampu meningkatkan kualitas SDM bisa dilakukan melalui pelatihan bersama kami.



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Leave a Comment