Manfaat Pelatihan Serta Pentingnya Pelatihan Kerja Bagi Karyawan

Pelatihan kerja merupakan seluruh kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan kompetensi kerja, sikap, disiplin, produktivitas, dan etos kerja pada tingkat keahlian dan keterampilan kerja sesuai dengan kualifikasi jabatan dan jenjang pekerjaan. Pelatihan kerja juga dapat didefinisikan sebagai usaha untuk memperbaiki prestasi kerja suatu pekerjaan tertentu yang menjadi tanggung jawabnya.

Adanya pelatihan kerja bertujuan untuk meningkatkan keterampilan para setiap karyawan sesuai dengan perubahan teknologi. Selain itu, pelatihan sangat penting dilakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja organisasi dan memberi wawasan kepada para karyawan untuk dapat lebih mengenal organisasinya dan meningkatkan kemampuan peserta latihan. Selain memiliki tujuan, pelatihan bagi karyawan memberikan manfaat dan memiliki alasan yang penting mengapa harus dilakukan pada sebuah perusahaan, organisasi, maupun instansi.

Manfaat Pelatihan

Pelatihan sangat dibutuhkan untuk setiap perusahaan, organisasi, instansi maupun Lembaga lainnya. pelatihan dapat memberikan manfaat baik untuk pribadi, maupun untuk kepentingan perusahaannya. Berikut beberapa manfaat pelatihan, antara lain:

  1. Pelatihan dapat memberikan manfaat untuk memberikan pelajaran seumur hidup. Materi yang disampaikan dan diterima melalui pelatihan, dapat diperlajari dan diterapkan selama hidup para karyawan.
  2. Meningkatkan produktivitas dengan kemampuan yang dimiliki oleh para karyawan, sehingga akan berefek pada perusahaan.
  3. Menemukan potensi karyawan melalui pelatihan.
  4. Memperbaiki penampilan atau kemampuan individua tau kelompokmdengan harapan memperbaiki organisasi maupun perusahaan.
  5. Melalui pelatihan perusahaan dapat menyiapkan para karyawan untuk dapat menduduki jabatan yang lebih tinggi.

Alasan Pentingnya Pelatihan Kerja

Selain memiliki tujuan serta manfaat, pelatihan kerja juga sangat penting dilakukan bagi karyawan karena beberapa alasan. Berikut alasan pentingnya :

  1. Karyawan yang menduduki jabatan tertentu dalam sebuah perusahaan, terkadang belum tentu memiliki kemampuan yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan pada jabatan tersebut. Karyawan menduduki jabatan tersebut atas dasar tersedianya formasi, bukan karena kemampuan yang dimiliki. Dengan demikian, pelatihan ini memang sangat penting dilakukan bagi karyawan agar dapat meningkatkan kemampuan yang diperlukan.
  2. Pelatihan kerja juga penting dilakukan untuk meningkatkan daya saing sebuah perusahaan dan untuk memperbaiki produktivitas. Daya saing perusahaan saat ini tidak hanya bisa mengandalkan asset berupa modal yang dimiliki. Namun, sumber daya manusia menjadi elemen yang sangat penting untuk data meningkatkan daya saing. Hal ini karena sumber daya manusia menjadi aspek yang paling utama sebagai penentu daya saing.
  3. Alasan penting lainnya dilakukan pelatihan kerja bagi karyawan adalah untuk perubahan lingkungan kerja dan tenaga kerja. Perubahan tersebut meliputi perubahan pada teknologi proses, seperti munculnya metode kerja baru atau teknologi kerja baru. Sedangkan perubahan pada tenaga kerja seperti semakin beragamnya tenaga kerja yang memiliki latar belakang nilai, kahlian, sikap, yang berbeda sehingga memerlukan pelatihan kerja guna menyamakan perilaku dan sikap para tenaga kerja terhadap pekerjaan.
  4. Pentingnya pelatihan inibagi karyawan agar diperoleh efisiensi dan efektvitas kerja yang sesuai dengan masa pembangunan. Sehingga banyak perusahaan, instansi, maupun organisasi yang merasa terpanggil untuk melakukan pelatihan kerja.
  5. Pelatihan penting dilakukan pada sebuah perusahaan untuk menyesuaikan dengan berbagai peraturan yang ada. Peraturan tersebut seperti standar pelaksanaan pekerjaan yang dikeluarkan oleh para asosiasi industry dan pemerintah. Hal ini karena untuk menjamin kualitas produksi atau keselamatan serta kesehatan kerja.

Berdasarkan uraian di atas, itulah manfaat pelatihan serta alasan pentingnya pelatihan kerja bagi karyawan. Pelatihan ini baik dilakukan untuk semua perusahaan, instansi, maupun organisasi karena untuk membuat perusahaan tersebut menjadi lebih baik. Hal ini karena, didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas.



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Leave a Comment