Prinsip Yang Diajarkan Pada Pelatihan Menjadi Motivator 

Motivator merupakan seseorang yang memiliki profesi atau pencaharian dari memberikan motivasi kepada orang lain. Motivasi yang diberikan kepada orang lain biasanya melalui sebuah pelatihan (training). Akan tetapi, dapat juga diberikan melalui coaching, counseling dan mentoring. Seorang motivator tak hanya sekedar memberikan motivasi kepada akseptor keluarga berencana saja, melainkan kepada semua orang siapap pun yang membutuhkan. Pemberian motivasi umumnya dilakukan dalam bentuk pelatihan. Untuk dapat menjadi seorang motivator juga sebelumnya harus mengikuti pelatihan. Pelatihan menjadi motivator merupakan pelatihan yang diperuntukkan bagi para motivator yang ingin menciptakan masterpiece dan menyampaikannya kepada khalayak luas. Untuk menjadi seorang motivator, ada prinsip utama yang harus dikuasai agar seseorang dapat menjadi seorang motivator yang handal, antara lain:

Prinsip Yang Diajarkan Pada Pelatihan Menjadi Motivator 

Motivator bukan Hanya Pemateri

Seorang motivator bukan hanya sebagai seorang yang memberi materi (pemateri), namun motivator juga sebagai seorang role model. Kredibilitas yang dimiliki oleh seorang motivator tidak hanya dapat diukur melalui caranya dalam menyampaikan materi. Akan tetapi, akan diukur dari kemampuannya untuk membuktikan apa yang disampaikan melalui contoh nyata. Seorang motivator harus dapat membuktikannya dengan mengatakan apa yang dilakukan dan melakukan apa yang dikatakan.

Motivator Menjadikan Peserta sebagai Bintang Utama

Pelatihan menjadi motivator akan mengajarkan bahwa dampak merupakan hal yang paling utama dan sangat penting bahkan di atas segalanya. Hal ini karena, untuk mengukur keberhasilan seorang motivator bukan melalui pujian serta tepuk tangan yang datang padanya. Akan tetapi, dapat dilihat melalui perubahan positif yang terjadi pada peserta setelah mengikuti pelatihan. Motivator harus dapat memotivasi para peserta dengan menjadikan semua peserta pelatihan sebagai bintang utama. Sehingga peserta pelatihan akan mampu menerima dengan baik motivasi yang diberikan oleh motivator.

Motivator dapat Mengelola Audience dan Menguasai Proses

Audience atau peserta pelatihan merupakan manusia dengan karakteristik yang berbeda-beda. Seorang motivator yang baik seharusnya mengerti bagaimana mengelola karakter yang berbeda tersebut agar audience tetap merasa nyaman. Hal tersebut dapat dipelajari dalam pelatihan menjadi motivator.

Tidak Ada Audience yang Sulit

Kerap kali dalam pelatihan seorang motivator akan menyalahkan kondisi audience yang tidak kondusif. Semestinya reaksi yang ditimbulkan oleh para peserta pelatihan ditentukan melalui fleksibilitas motivator dalam ruangan. Jika seorang motivator kurang adaptif dan fleksibel, jangan heran bila reaksi para peserta tidak sesuai dengan harapan. Oleh sebab itu, tidak ada peserta atau audience yang sulit, melainkan yang ada motivator yang tidak fleksibel. Materi pelatihan menjadi motivator juga akan membahas terkait dengan teknik untuk menghadapi situasi yang seperti kasus di atas.

Motivator Ditujukan untuk Membuat Peserta Mau, Tahu dan Mampu

Profesi sebagai seorang motivator sebaiknya tidak hanya untuktransfer pengetahuan kepada para peserta dan membuat peserta menjadi paham saja. Akan tetapi, peserta juga harus ikut termotivasi serta memiliki keinginan yang kuat untuk bertindak dan melakukan perubahan. Jadi, sebagai seorang motivator harus mampu mengarahkan para peserta untuk dapat melakukan perubahan kea rah yang lebih baik lagi, bukan malah sebaliknya.

Berdasarkan uraian di atas, itulah penjelasan mengenai prinsip utama menjadi motivator handal dalam materi pelatihan menjadi motivator. Motivator harus menguasai prinsip utama untuk dapat menjadi seorang motivator yang handal. Meskipun seorang motivator bukanlah dewa yang dapat mengubah perilaku seseorang dalam sekejab. Akan tetapi, prinsip tersebut setidaknya dapat menjadi panduan dalam memberikan hasil yang maksimal kepada para peserta yang mengikuti pelatiha.



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Leave a Comment