Kelebihan Dan Kelemahan Metode Pelatihan Presentasi

Pelatihan merupakan sebuah program yang diberikan guna menutupi kesenjangan antara kemampuan karyawan dengan tuntutan pekerjaan. Dengan demikian akan dapat memperbaiki prestasi kerja pada suatu pekerjaan tertentu, yang sedang menjadi tanggung jawabnya. Kegiatan ini biasanya akan dirancang agar dapat mewujudkan tujuan organisasi dan para karyawan secara perorangan. Pelatihan memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah melalui pelatihan para karyawan akan menjadi lebih terampil dan produktif.

Pelatihan dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai metode, agar dapat memberikan manfaat kepada para peserta karyawan secara baik. Metode yang dapat digunakan salah satunya adalah metode pelatihan presentasi. Metode pelatihan presentasi menjadi metode yang snagat tepat karena penyampaian informasi dan pengetahuan langsung dari seorang trainer dengan menggunakan komunikasi satu arah. Seorang trainer saat menggunakan metode presentasi harus memiliki kemampuan atau keahlian yang lebih spesifik terkait dengan materi pelatihan yang akan dipresentasikan kepada para peserta pelatihan. Metode pelatihan presentasi sangat tepat jika dilengkapi dengan alat bantu yang dapat menambah daya tarik atau memiliki nilai tambah dari materi yang akan dipresentasikan.

Kelebihan Dalam Metode Pelatihan Presentasi

Metode pelatihan presentasi memiliki berbagai kelebihan. Berikut beberapa kelebihan dalam metode pelatihan presentasi, antara lain:

1. Menstransfer Pengetahuan dengan Jumlah Peserta Banyak

Melalui metode pelatihan presentasi, seorang trainer dapat menyampaikan pengetahuan atau materi dengan jumlah peserta pelatihan yang banyak. Seorang trainer akan lebih mudah dalam menyaipakn dan memberikan materi kepada para peserta pelatihan, meski memiliki jumlah peserta yang banyak.

2. Menyajikan Teks, Gambar atau Foto dan Audio

Seorang trainer dapat menampilkan teks, gambar atau foto, audio dan bahkan juga video agar dalam penyampaian materi akan menjadi lebih menarik. Melalui berbagai sajian yang diberikan, peserta pelatihan akan lebih mudah menerima serta menyerap materi yang disampaikan. Peserta pelatihan tidak hanya mendengar penjelasan materi yang disampaikan, tetapi juga dapat melihat langsung contoh-contoh materi yang diberikan melalui berbagai foto serta video.

3. Peserta Lebih Aktif

Metode pelatihan presentasi akan membuat para peserta menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Selain itu, melalui metode ini juga akan merangsang diskusi secara aktif antara trainer dengan para peserta. Bahkan juga diskusi antara peserta satu dengan peserta lainnya. Sehingga kegiatan pelatihan akan menjadi lebih hidup.

Kelemahan Dalam Metode Pelatihan Presentasi

Selain memiliki berbagai kelebihan, metode pelatihan presentasi juga memiliki kelemahan. Adapun kelemahan dalam metode pelatihan presentasi, antara lain:

1. Bergantung pada Media Pendukung

Kelemahan dalam menggunakan metode pelatihan presentasi adalah para peserta pelatihan akan bergantung pada media pendukung. Peserta pelatihan akan fokus pada materi yang diberikan melalui media pendukung yang diberikan. Peserta sulit untuk menerima materi melalui yang lainnya.

2. Sulit Diterapkan pada Beberapa Peserta

Tidak semua orang dapat mudah menerima materi hanya dengan mendengarkan, karena ada beberpaa orang yang mudah menerima materi melalui praktek langsung. Selain itu, melalui metode ini juga tidak semua peserta mampu berdiskusi setelah presentasi disampaikan.

3. Berpotensi Membosankan

Bagi beberapa peserta, peltiahan yang dilakukan dengan menggunakan metode presentasi juga akan berpotensi membosankan. Peserta yang tidak aktif dalam kegiatan pelatihan, hanya akan mendengarkan dan membuatnya mersa lebih bosan. Tidak semua peserta dapat berpartisipasi dengan baik dalam diskusi melalui presentasi, sehingga akan membuatnya sangat bosan.

Pelatihan presentasi akan memiliki dampak yang baik bagi para peserta pelatihannya dan juga akan memberikan dampak yang tidak baik terhadap pesertanya. Hal ini disebabkan, tidak semua peserta mudah menerima materi menggunakan metode ini.



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Leave a Comment