Pelatihan Public Speaking Terbaik di Malang dan Surabaya

Anda sedang mencari pelatihan public speaking yang murah dan berkualitas? PT Inspiera Sinergi Indonesia adalah solusi yang tepat bagi Anda. PT Inspiera siap memberikan kursus public speaking terbaik bagi Anda.

Istilah Public speaking berasal dari kata public yang berarti orang banyak / umum . Dan speaking yang berarti berbicara. Jadi secara garis besar public speaking adalah pengungkaan kata-kata yang ditujukan untuk orang banyak.

motivasi islami

Public speaking merupakan salah satu tehnik berbicara yang wajib dimiliki oleh setiap pembicara agar mampu menarik perhatian semua pendengar (audiens). Agar dapat menarik perhatian audiens. Selain persiapan materi yang matang ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh pembicara, yaitu:

  • Mempersiapkan mental dengan baik. Caranya adalah dengan memperhatikan dan memahami kondisi ruangan dan audiensnya
  • Berpenampilan yang baik , sebelum tampil di atas panggung.
  • Berlatih dengan baik dan teratur dengan tujuan untuk mengetahui mimik dan ekspresi wajah . Caranya dengan berlatih berbicara di depam cermin.
  • Berusaha menjadi diri sendiri.
  • Menyelipkan kata kata lucu atau humor humor ringan di antara materi pembicaraan. Dengan maksud agar suasana menjadi cair dan pendengar tidak merasa bosan.

Dengan perisapan yang matang. Pembicara akan bisa mengantisipasi kemungkinan adanya gangguan yang muncul ketika berada di atas panggung. Gangguan tersebut antara lain :

  • Kurang antusiasnya atau semangat para audiens untuk memperhatikan materi yang disampaikan
  • Karakter audiens yang tidak terduga atau diluar perkiraan.
  • Suasana ruangan yang tidak kondusif atau tidak mendukung.

Siapa Saja yang Membutuhkan Pelatihan Public Speaking?

Kemampuan publick speaking , sangat dibutuhkan oleh semua orang. Karena semua orang pasti berinteraksi atau berkomunikasi dengan orang lain.

  • Pejabat Negara (Politikus)

Untuk menyampaikan pendapat dan merebut kepercayaan konstituen.

  • Bos perusahaan pada karyawan

Bos dan karyawan juga membutuhkan kemampuan public speaking. Agar ketika seorang atasan  menyampaikan tentang pekerjaan kepada bawahan tidak salah .

  • Pegawai marketing

Pegawai marketing juga harus memiliki kemampuan public speaking. Tujuannya agar konsumen tidak bingung dan tertarik dengan apa yang kita tawarkan.

Agar materi pelajaran dapat diserap dan diterima dengan baik oleh semua murid / mahasiswa. Seorang guru wajib memiliki kemampuan public speaking yang baik. Agar ketika memberikan materi, materi tersebut bisa diterima dengan mudah dan dimengerti oleh semua murid/ mahasiswa.

training motivasi mahasiswa

Ciri-ciri Public Speaking yang Baik

Orang yang memiliki public speaking yang baik adalah orang yang mampu menyampaikan pesan kepada orang banyak. Namun pesan yang sampai pada pendengar bisa sesuai dengan apa yang ingin disampaikan.

Public speaking bukanlah kemampuan yang bisa dipelajari tanpa latihan yang cukup. Agar bisa memiliki kemampuan public speaking yang baik , harus memiliki jam terbang yang tinggi dan latihan yang intens.

Bagaimana cara menumbuhkan dan membangun kemampuan public speaking? Tentunnya dengan mengikuti pelatihan public speaking. Banyak sekali metode-metode yang bisa menumbuhkan kemampuan public speaking. PT. Inspiera siap memberikan training public speaking. Dengan metode-metode khusus yang sangat dipercaya bisa berhasil dalam menumbuhkan kemampuan public speaking. Metode-metode tersebut adalah :

1. Breaking the limit

Hal yang pertama harus dilakukan adalah merubah mindset atau pemikiran kita. Kita harus mempunyai kepercayaan bahwa kita semua diciptakan Tuhan dengan kemampuan berbicara yang baik. Metode ini sangat berpengaruh terhadap kemampuan public speaking. Karena jika metode ini tidak dilakukan maka pasti metode yang lain tidak akan berhasil.

2. Memberikan dasar-dasar komunikasi yang efektif

Komunikasi efektif adalah komunikasi yang tepat sasaran , berhasil dan sesuai tujuan. Agar komunikasi efektif ini bisa diserap ada dua metode yang digunakan, yaitu:

  • NLP : Neuron Lingustic Programer

NLP adalah sebuah metode pendekatan komunikasi . Metode ini diklaim dapat meningkatkan rasa peracaya diri, mengobati phobia , depresi dan gangguan kebiasaan. Untuk meningkatkan rasa percaya diri adalah hal yang penting untuk menumbuhkan kemampuan public speaking.

  • Hipnosis

Hipnosis adalah metode dengan cara memberikan sugesti atau motivasi. Metode ini digunakan untuk merubah pemikiran orang atau ketakutan orang tersebut. Jika anda mempunyai sebuah masalah yang membuat anda tidak bisa mengungkapkan sesuatu. Maka metode ini bisa merubah pemikiran anda. Dan bisa membantu anda menyelesaikan masalah anda.

3. Praktek

Sesi ketiga dalam pelatihan public speaking adalah Praktek… Praktek… Praktek…

Setelah anda mendapatkan kursus public speaking dengan baik. Yang perlu anda lakukan adalah mempraktekkan pengetahuan anda. Karena pengetahuan tidak akan berhasil tanpa praktek. Dengan praktek anda akan menjadi terbiasa dan tidak ada hambatan yang akan mengganggu. Tentunya diimbangi dengan latihan yang intens . Agar kemampuan public speaking anda semakin meningkat.

Dalam public speaking ada beberapa jenis penyampaian yang bisa digunakan untuk menguasai materi public speaking.

Jenis-jenis Public Speaking

  • Memoriter/ memorizing

Public speaking yang menggunakan naskah pidato yang sudah dihafalkan.

  • Ad libitum / Impromtu

Public speaking yang mendadak atau tanpa persiapan. Biasanya terjadi ketika acara siaran.

  • Reading complete text

Public speaking yang dilakukan dengan cara membaca naskah yang sudah dipersiapkan. Public speaking ini biasanya dilakukan oleh pejabat negara atau orang penting yang memberikan sambutan di acara formal.

  • Using note

Public speaking yang menggunakan alat bantu. Seperti catatan, pointer atau menggunakan slide materi yang ditayangkan dilayar LCD Projector.

Dari ke empat cara diatas. Cara “using note” dianggap sebagai cara terbaik untuk public speaking. Karena pembicara bisa bebas berimprovisasi. Dan pembicara bisa mengendalikan materi yang dibuat didalam catatan atau slide. Jadi materi yang disampaikan akan sesuai dengan apa yang sudah dipersiapkan.

Dalam melakukan public speaking banyak hal yang harus diperhatikan.  Agar para audens bisa antusias dan merasa nyaman dalam menerima materi yang disampaikan.

Hal-hal Yang Harus di Perhatikan Ketika Public Speaking

1. Penampilan

Penampilan adalah hal utama yang harus di perhatikan. Karena yang pertama kali dilihat audiens adalah penampilan anda. Kenakan pakaian yang cocok dengan suasa, perhatikan asesoris yang dipakai. Pastikan pakaian anda serasi dan rapi.

2. Perhatikan intonasi dan volume suara

Atur volume suara sedemikian rupa, sehingga bisa menyesuaikan ruangan. Yang terpenting adalah semua pendengar bisa mendengar dengan jelas materi yang disampaikan. Intonasi yang dimaksud adalah bagaimana kita mengatur ritme berbicara. Agar materi yang disampaikan tidak membosankan dan membuat ngantuk.

3. Persiapan materi

Dalam pelatihan public speaking selalu ditekankan cara mematangkan materi sebelum tampil. Luasnya wawasan dan pengetahuan anda, akan menambah sempurna public speaking. Karena semakin luas wawasan seorang pembicara akan menambah kewibawaan dan mantapnya bobot materi.

4. Waktu

Sampaikan materi sesuai dengan waktu yang ditentukan. Jadi mengontrol waktu adalah salah satu faktor sempurnanya public speaking.

5. Tata bahasa

Tata bahasa yang dimaksud adalah ketika kita menyampaikan materi gunakanlah gaya bahasa dan contoh-contoh  yang relevan bagi pendengar. Tujuannya agar materi yang kita sampaikan bisa diterima dengan mudah oleh setiap audiens. Misalnya kita berbicara dengan tukang sayur, pasti akan berbeda dengan kita birbicara dengan mahasiswa atau pekerja kantoran.

kursus public speaking

Karena pada dasarnya kita semua adalah mahluk sosial yang membutuhkan komunikasi dan interaksi. Jadi agar komukasi kita baik dan sesuai dengan apa yang ingin kita sampaikan. Public speaking sangat dibutuhkan dalam hal tersebut.

Dapatkan pelatihan public speaking di PT. Inspiera Sinergi Indonesia. Bersama dengan trainer-trainer nasional yang berpengalaman dibidang pelatihan. Segera hubungi no : 085.110.434343

 

 

 

 

 



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com