Materi Pelatihan Sales Marketing  Untuk Karyawan

Semakin berkembangnya jaman membuat kebutuhan manusia semakin bertambah. Kebutuhan yang semakin kompleks ini memberikan respon bagi perusahaan-perusahaan untuk dapat mencukupi kebutuhan yang diinginkan. Dengan demikian persaingan antar perusahaan dalam memberikan pelayanan terbaik mereka bagi konsumen pun semakin ketat. Untuk itu diperlukan berbagai macam upaya agar pelayanan perusahaan Anda adalah yang terbaik bagi konsumen. Untuk dapat memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen perusahaan harus memiliki karyawan yang berkompeten dalam bidang penjualan dan pemasaran. Pada umumnya perusahaan memberikan pelatihan untuk dapat memiliki karyawan yang berkompeten tersebut. Pelatihan yang diberikan khususnya pelatihan sales marketing.

Pelatihan sales marketing merupakan salah satu pelatihan yang paling banyak dibutuhkan saat ini. Fokus pelatihan ini yaitu diperuntukkan bagi karyawan dan semua elemen yang berkaitan langsung dengan proses penjualan dan pemasaran. Pelatihan yang kami berikan berorientasi pada kebutuhan perusahaan. Sebagai tombak sebuah perusahaan aktifitas sales marketing memang harus lebih diperhatikan. Maka pelatihan merupakan solusi yang tepat dalam hal ini. Berbagai materi pelatihan sales marketing diberikan kepada karyawan agar mereka mampu memberikan kontribusi berupa penjualan yang efektif. Adapun materi yang akan diterima karyawan diantaranya:

Strategi Negosiasi

Dalam aktifitas penjualan kemampuan negosiasi adalah hal yang harus dimiliki seorang salesman. Sebab negosiasi merupakan pendekatan untuk menarik hati konsumen. Selain itu negosiasi juga menjadi jembatan untuk hubungan kemitraan. Seorang negosiator harus memiliki kemampuan menganalisa dan membaca dinamika negosiasi. Pemberian akan memberikan manfaat kepada karyawan berupa:

  • Memberikan dan meningkatkan kemampuan bernegosiasi
  • Mampu menemukan strategi dalam bernegosiasi
  • Mampu menganalisa proses negosiasi
  • Meningkatkan keterampilan baru
  • Memiliki kemampuan mendengarkan secaraefektif
  • Dapat membangun hubungan

Creative Marketing

Keadaan pasar yang kerap berubah adan berbeda-beda menyebabkan tim marketing harus mampu beradaptasi dalam segala kondisi dan situasi yang sedang terjadi. Disinilah kreativitas untuk memecahkan masalah digunakan. Kreativitas ini diperlukan untuk menentukan strategi marketing yang unik dan tepat sasaran. Namun tidak sembarangan kreativitas ini bisa dilakukan begitu saja. Kreativitas yang diciptakan harus berdasarkan riset yang didapatkan. Oleh karenanya perlu dilakukan riset dan berbagai pendekatan lainnya sebelum terjun ke lapangan.

Dengan diadakannya pelatihan maka karyawan akan diberikan pengetahuan mengenai pentingnya pengetahuan, kemampuan dan kemauan untuk dapat menghasilkan strategi penjualan dan pemasaran yang unik. Unik disini dalam artian berbeda dari competitor. Sehingga dengan begitu dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi perusahaan. Sehingga karyawan akan mendapatkan output berupa:

  • Pola pikir dan sikap yang kreatif
  • Mampu mempelajari teknik mengubah hal biasa menjadi luar biasa
  • Meningkatkan strategi menyusun program marketing yang kreatif
  • Dapat memaksimalkan tim kreatif

Manajemen Hubungan Dengan Pelanggan

Manajemen hubungan dengan pelanggan merupakan poin penting dalam penjualan. Banyak perusahaan yang kurang menyadari akan pentingnya menjaga hubungan dengan pelanggan. Melalui pelatihan ini merupakan langkah nyata untuk mewujudkan hubungan yang positif dengan pelanggan. Dengan mengutamakan poin ini maka perusahaan juga akan mendapat keuntungan berupa efektif dan efisien dalam memasarkan produk. Perusahaan Anda juga akan berani berkompetisi mengenai pelayanan bukan hanya dengan harga.

Program pelatihan ini ditujukan untuk memelihara dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Apalagi bagi pelanggan utama, pelayanan ini sangat menguntungkan bagi mereka. Dengan mengadakan pelatihan ini maka standar layanan yang menjamin kepuasan akan didapatkan perusahaan Anda. Sebab perusahaan Anda akan dianggap telah memperhatikan aspek-aspek yang dianggap penting oleh pelanggan. Karyawan yang mengikuti training ini akan mendapat putput berupa:

  • Pemahaman pentingnya hubungan dengan pelanggan
  • Meningkatkan kemampuan komunikasi efektif
  • Meningkatkan kemampuan pelayanan prima

 

Leave a Comment