Pengertian Dan Tujuan Pelatihan Team Building

Banyak hal yang bisa dilakuknan untuk meningkatkan kemampuan tim, agar bisa menghilangkan masalah interpersonal dalam kelompok. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan adalah dengan mengadakan pelatihan team building. Melalui pelatihan pengembangan tim maka karyawan akan dilatih dan diberikan simulasi untuk memecahkan masalah dan menciptakan kekompakan kelompok.

Pembangunan tim sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas sebuah hubungan antar seseorang baik untuk sekolah, kantor, dan organisasi sosial. Jika memiliki team building yang baik, tentunya pekerjaan akan bisa dikerjakan dengan lebih efektif.

Salah satu tanda bahwa organisasi Anda membutuhkan pelatihan tem building yaitu jika di dalam organisasi anggotanya kurang memiliki kerjasama tim yang baik. Seorang pemimpin tentu saja harus memahami tingkah laku dari anggotanya. Mencari seseorang yang mampu bekerja atau saling melengkapi dalam sebuah tim adalah ciri seorang pemimpin yang sangat bijak. Jika sebuah tim mulai tidak menujukkan kerja sama yang baik, di sinilah pelatihan team building diperlukan.

Dengan adanya team building maka kekompakan anggota dalam organisasi dapat terjaga. Alhasil pekerjaan akan dapat terselesaikan dengan efektif. Begitu pentingnya team building ini dalam sebuah organisasi. Hal ini karena tidak terlepas dari tujuan dari pelatihan team building itu sendiri. Pembahasan mengenai pengertian dan tujuan pelatihan team building akan dibahas berikut.

Pengertian Team Building

Pelatihan team building merupakan program pelatihan yang memanfaatkan alam dan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran yang efektif untuk membantu peserta mendapatkan pembelajaran langsung mengenai kerjasama tim. Team building training biasanya diadakan oleh perusahaan yang ingin meningkatkan jiwa kepemimpinan, skill komunikasi, kemampuan bekerjasama, dan semangat juang para karyawannya dalam bekerja.

Lebih dari itu team building training dapat menjadi sarana refreshing untuk menyegarkan pikiran dan menghilangkan kepenatan karyawan.  Tentu saja hal ini juga didukung dengan berbagai aktivitas yang menunjang soft skill mereka dalam pekerjaan. Selain itu team building training juga dapat membangun keakraban sesama karyawan sehingga nantinya mereka akan lebih mudah melakukan kerjasama dan menghasilkan produktivitas yang meningkat bagi perusahaan.

Team building biasanya dilakukan indorr maupun outdoor. Pada pelatihan outdoor pelatihan ini dilakukan dengan memanfaatkan wahana outbound. Melalui outbound peserta akan diberikan simulasi mengenai bagaimana menjalin kerjasama yang baik di dalam organisasi.

Apa Saja Tujuan dari Pelatihan Team Building?

Program Pelatihan Team Building memiliki beberapa tujuan sebagai berikut :

  1. Meningkatkan rasa memiliki (sense of belonging) dan kepercayaan (TRUST) terhadap nilai-nilai organisasi yang termanifestasikan dalam perilaku sehari-hari di tempat kerja.
  2. Meningkatkan kesadaran dan sensitifitas atas fenomena yang terjadi di tempat kerja dan berlatih menjadi bagian dari solusi (part of solution).
  3. Menghidupkan kembali (reawakening) komitmen manajemen untuk melaksanakan corporate culture yang telah disepakati oleh the founding father dari organisasi atau perusahaan .
  4. Melepaskan dan menetralisir (release) masalah-masalah emosional dan sosial yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan nilai, interaksi harian di kantor maupun tekanan di luar lini perusahaan
  5. Membangun semangat kebersamaan (sinergi) dengan prinsip-prinsip leadership dan followership yang seimbang
  6. Mengurangi ego sektoral sekaligus meningkatkan performance sebagai satu team (Teamwork)

PT  Inspiera Sinergi Indonesia merupakan perusahaan penyedia training motivasi untuk karyawan. Kami menyediakan pelatihan team building dengan outbound sebagai media pembelajaran. Sebagai penyedia training dan motivasi yang cukup dikenal banyak perusahaan, kami telah berpengalaman memberikan pelatihan di berbagai perusahaan yang tersebar di seluruh Indonesia. Berbagai macam pelatihan telah kami berikan untuk membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan perusahaan.



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Leave a Comment