Tujuan Diadakannya Pelatihan Untuk Karyawan

Training atau pelatihan merupakan usaha untuk maningkatkan kemampuan karyawan sesuai dengan yang dikehendaki organisasi. Usaha tersebut dilakukan melalui peningkatan kemampuan kerja yang dimiliki karyawan  dengan cara menambah pengetahuan dan keterampilan serta mengubah sikap. Upaya yang dilakukan untuk meingkatkan kemampuan ini dilakukan melalui pemberian pelatihan berupa hardskill maupun softskill.

Kita tentu sepakat bahwa karyawan merupakan kekayaan organisasi yang paling berharga. Sebab dengan segala potensi yang dimilikinya, karyawan dapat terus dilatih dan dikembangkan, sehingga lebih berdaya guna dan prestasinya menjadi semakin optimal untuk mencapai tujuan organisasi.

Pada karyawan baru seringkali terjadi pada bahwa kemampuan dan keterampilan yang mereka miliki belum sesuai dengan yang diharapkan organisasi sehingga biasanya organisasi harus selalu melakukan program pelatihan untuk mereka. Namun pada kenyataannya pelatihan tidak hanya dilakukan untuk karyawan baru saja. Karyawan lama pun membutuhkan pelatihan untuk memaksimalkan kemampuan dan keahliannya. Sebab kemampuan dan keahlian yang telah dimiliki perlu di-upgrade untuk memberikan penyegaran serta menyesuaikan tuntutan pekerjaan yang berubah.

Tujuan Pelatihan Karyawan

1. Sebagai Upaya Memperbaiki Kinerja  Agar Lebih Baik

Karyawan-karyawan yang membutuhkan pelatihan biasanya  bekerja dengan tidak memuaskan. Hal ini disebabkan karena kekurangan keterampilan da nkeahlian yang mereka miliki. Melalui program pelatihan dan pengembangan yang berintegritas akan bermanfaat dalam meminimalkan masalah dan meningkatkan kinerja.

2. Meningkatkan Keahlian Karyawan Sesuai Dengan Kemajuan Teknologi

Seorang trainer melalui pelatihan akan memastikan bahwa karyawan dapat mengaplikasikan teknologi baru secara efektif. Dengan kemampuan yang dimiliki karyawan yang sesuai dengan kemajuan teknologi maka perusahaan akan mudah bersaing dan cepat mengalami perkembangan. Apalagi saat ini semua kegiatan dan aktifitas menggunakan teknologi, sehingga karyawan dituntut untu senantiasa paham dan peka terhadap kemajuan teknologi.

3. Membantu Memecahkan Masalah Operasional

Dengan melakukan pelatihan karyawan maka para karyawan akan dihapdapkan pada simulasi dalam pemecahan masalah yang harus dihadapi. Sehingga semua karyawan yang mengikuti pelatihan akan dapat memahami bagaimana cara yang baik dalam menyikapi sebuah masalah. Tentu saja hal ini sangat berguna bagi keberlangsungan perusahaan. Dimana kemampuan ini akan mendorong perusahaan menjadi lebih baik lagi.

4. Mempersiapkan Karyawan Untuk Promosi

Pelatihan untuk karyawan juga sering diadakan saat perusahaan mempromosikan karyawannya pada jabatan baru. Seorang karyawan yang naik jabatan tentu belum memahami betul mengenai SOP, aturan, tanggung jawab dan kewajibannya pada jabatan tersebut. Melalui pelatihan karyawan akan diberi pengetahuan dan wawasan mengenai seluk beluk pekerjaan yang akan dijalankannya ke depan. Dengan kata lain pelatihan diselenggarakan untuk memberdayakan karyawan agar dapat menguasai keahlian yang dibutuhkan untuk pekerjaan berikutnya dijenjang atas organisasi. Selain itu hal ini bertujuan agar memudahkan transisi pekerjaan karyawan saat ini ke posisi/pekerjaan yang melibatkan tanggung jawab yang lebih besar.

5. Mengorientasikan Karyawan Terhadap Organisasi

Saat menjadi karyawan baru dalam sebuah perusahaan seorang karyawan akan membentuk kesan pertama mereka terhadap organisasi  dan tim manajemen. Pada tahap ini fungsi pelatihan berperan sebagai rambu-rambu petunjuk bagaiaman seorang karyawan baru harus bertindak dan berperilaku. Karena alasan inilah, perusahaan mengadakan orientasi sebagai upaya bersama dengan tujuan mengorientasikan para karyawan baru terhadap organisasi dan pekerjaan secara benar.

6. Meningkatkan Keterampilan Dan Kemampuan Pribadi

Peninggkatan kemampuan dan keterampilan karyawan bukan hanya semata-mata hanya menguntungkan bagi pihak perusahaan. Justru melalui pelatihan yang diberikan ini akan meningkatkan kemampuan dan keterampilan pribadi yang akan menjadi prestasi sendiri bagi karyawan. Pelatihan dapat dijadikan sebagai ajang oeningkatan prestasi diri. Sehingga dengan pelatihan karyawan bukan hanya perusahaan saja yang diuntungkan melainkan diri pribadi karyawan itu sendiri juga akan mendapatkan manfaatnya.



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Leave a Comment