Tips Menjadi Pembicara Motivasi Agar Tepat Sasaran

Bagi seorang pembicara pemula tentu ketika berbicara di depan umum harus berlatih terlebih dahulu. Sebab selain meminimalisir rasa gugup atau demam panggung, seorang pembicara juga harus memberikan materi yang tepat agar tepat sasaran. Apalagi untuk pembicara motivasi. Dimana keberhasilan dalam berbicara diukur dengan seberapa banyak orang lain termotivasi dari apa yang dibicarakan. Oleh sebab itu harus ada pemahaman dan pelatihan khusus untuk menjadi pembicara motivasi agar tepat sasaran. Mengenai tips menjadi pembicara yang handal dan tepat sasaran ada baiknya perhatikan beberapa hal berikut ini :

 

1. Tetapkan Tujuan Anda Berbicara

Seorang pembicara yang handal selalu memiliki tujuan untuk apa mereka bebrbicara. Hal ini agar apa yang disampaikan selalu berorientasi pada tujuan yang akan dicapai. Selain itu dengan tujuan yang jeas, maka seorang pembicara akan mengetahui apa yang seharusnya disampaikan serta dapat mengontrol presentasi yang dilakukan. Oleh sebab itu menetapkan tujuan di awal sebelum presentasi adalah hal yang harus dipersiapkan dengan matang.

2. Kenali Audiens

Selalu kenali dengan dan untuk siapa Anda berbicara. Sebab hal ini akan mempengaruhi cara penyampaian yang dilakukan. Jika audiens adalah anak muda misalnya pelajar dan mahasiswa tentu saja pembawaaan Anda harus lebih santai dan menyeimbangkan dengan gaya berbicara anak muda. Sementara jika audiens Anda sebuah perusahaan yang sebagian besar pesertanya orang-orang yang telah dewasa maka penyampaiannya pun bisa lebih formal. Mengenali audiens saat presentasi bertujuan agar Anda dapat berbicara sesuai dengan gaya kepribadian dan kebutuhan audiens.

3. Pahami Materi Dengan Baik

Meskipun pembicara motivator yang hanya berorientasi untuk mendorong dan menginspirasi orang lain, namun materi yang disampaikan pun harus diperhatikan dengan baik. pemilihan materi pun harus sesuai dengan tema yang sedang diusung. Apalagi bagi seorang pembicara motivasi dimana pesan yang disampaikan harus sesuai dan tepat sasaran.  Dengan menguasai materi Anda akan lebh percaya diri. Disamping itu  Anda juga akan mampu menyampaikan materi dengan mendalam sehingga materi dapat diterima dengan baik oleh audiens.

4. Buka Presentasi Dengan Semangat 

Sebagai pembicara motivasi tentu saja kesan yang ditampilkan harus lebih semangat dari audiens. Jangan sampai Anda sebagai pembicara motivasi justru menampilkan gerak gerik yang lunglai dan tidak memotivasi. Jika Anda menyampaikan materi dengan semangat tnggi maka audiens pun akan tertular dengan semangat Anda. Untuk itu saat opening atau pembukaan ciptakan semangat menyampaikan materi yang tinggi. Hal ini tentu saja akan membuat audeins juga semangat dan semakin tertarik dengan presentasi Anda.

5. Pelajari Teknik Berbicara Yang Baik

Seorang pembicara di depan umum yang bertujuan untuk mempengaruhi orang lain mamiliki teknik berbicara yang mereka gunakan. Bukan hanya asal berbicara untuk didengarkan saja. Seorang pembicara yang handal biasanya menggunakan teknik bercerita dalam menyampaikan materi. Pembicara akan membuat ilustrasi berdasarkan materi atau tema yang akan disampaikan. Hal ini akan membuat audiens ikut terlibat di dalamnya, sehingga penerimaan materi pun akan lebih efektif.

6. Nikmati presentasi

Jika presentasi dan penyampaian materi ingin dapat tercapai dengan baik maka Anda harus meikmati presentasi Anda sendiri. Bayangkan jika Anda saja tidak menikmati presentasi Anda maka bagaimana dengan audiens tentu saja mereka lebih bosan dan tidak ingin mendengarkan presentasi Anda. Untuk itu optimalkan dan nikmati setiap detik yang berlalu saat Anda menyampaikan materi. Jangan jadikan presentasi menjadi beban karena ini tentu akan menyulitkan diri Anda. Cukup fokus dan nikmati resentasi Anda maka semua akan berjalan dengan baik.

Beberapa tips di atas bisa Anda lakukan untuk mempelajari bagaimana menjadi pembicara motivasi yang tepat sasaran. Pada intinya agar motivasi yang diberikan tepat sasaran maka hal yang utama harus dilakukan adalah memanajemen diri sendiri terlebih dahulu. Oleh sebab itu sebelum memberikan motivasi maka harus mempersiapkan berbagai hal agar pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik.

 

 

 

 

 

 

 

 



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Leave a Comment