Pentingnya Leader Membangun Team Building

Seorang leader harus membangun hubungan yang baik dengan yang dipimpinnya. Dengan menciptakan hubungan yang baik antar sesama maka proses team building dalam tim baik di organisasi / perusahaanpun akan menjadi lebih mudah. Seorang leader harus mampu membangun hubungan yang baik dengan kepercayaan dan kesetiaan dibanding dengan menciptakan ketakutan bawahan terhadap dirinya.

Team-Building-Perusahaan-0823-3236-0252
Team-Building-Perusahaan-0823-3236-0252

Berikut beberapa tips membangun team building seorang leader dengan bawahan / karyawannya :

  1. Menganggap semua ide yang dilontarkan oleh anggota tim sebagai sebuah masukan. Dengan demikian bawahan tersebut akan merasa dihargai pendapatnya.
  2. Memiliki keterbukaan dengan anggota tim untuk bisa mengenali tipe dan karakter masing-masing. Leader yang baik akan menjaga perkataan atau perasaan agar tidak terjadi prasangka di kemudian hari.
  3. Menjadi penengah dalam anggota tim serta membantu menyelesaikan konflik yang ada.
  4. Mengenali cara berkomunikasi dengan tim dan berhati-hati dalam berkomunikasi dan memilih kata-kata yang digunakan.
  5. Membangun komunikasi antar anggota dengan baik sehingga anggotapun dapat berkomunikasi dengan baik untuk masalah pekerjaan. Pemimpin juga harus bisa membangun suasana dimana anggota/karyawan bisa mendengarkan ide satu sama lain dan brainstorming. Terkadang banyak karyawan yang belum tersampaikan ide-idenya sehingga mereka cuma menjadi mengiyakan tetapi sebenarnya tidak tahu/paham urgensi atau detail teknis atas pekerjaannya. Pemimpin yang baik akan mengajarkan untuk berdiskusi untuk semua hal dan dapat menerima opini orang lain.
  6. Membangun kepercayaan dan kerjasama dengan tim/anggota/karyawan agar dapat menyelesaikan kendala yang ditemukan dalam pekerjaan. Serta dalam team sendiri untuk belajar untuk berbagi informasi demi tujuan bersama.
  7. Menekankan values dan tujuan dari Tim. Mengevaluasi dan membuat feedback terhadap performa masing-masing dalam team. Ini dapat meningkatkan performa masing-masing individu dan diharapkan dapat mempengaruhi satu team.

 

Terdapat banyak cara dalam membuat team building menjadi sukses, yang terpenting adalah menyesuaikan dengan keadaan organisasi/perusahaan masing-masing. Yang  terpenting adalah seorang leader dapat membangun hubungan yang baik dengan bawahan serta menjalin komunikasi yang baik pula. Team building sangat diperlukan untuk menyelesaikan banyak konflik, ketika tidak mencapai target atau kurang adanya motivasi. Leader perlu menciptakan suasana yang penuh dengan tantangan dan bersahabat kepada bawahannya. Untuk bisa memastikan bawahan/karyawan juga bisa lebih produktif lagi.

 

Leader dapat membuat outbound atau outing untuk team nya untuk membangun pengenalan akan satu sama lain agar kekompakan sebuah team tercipta dan dapat membawa keuntungan untuk organisasi / perusahaan.  PT INSPIERA SINERGI INDONESIA sebagi selaku salah satu provider training terkemuka di Indonesia telah banyak dan berpengalaman dalam membantu perusahaan / instansi dalam membantu mengadakan event Pelatihan team building dan berbagai pelatihan lainnya bagi perusahaan / instansi / organisasi.  Hubungi 0823-3236-0252 Untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai layananan dari PT. Inspiera Sinergi Indonesia.



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Tinggalkan komentar