Perbedaan Pelatihan Dan Pengembangan

Pelatihan dan pengembangan merupakan dua hal yang berbeda namun dapat saling berkaitan satu sama lain. Dengan mengikuti pelatihan dan pengembangan seseorang dapat meningkatkan kualitas diri untuk mencapai suatu tujuan hidup tertentu.  Adapun pengertian dari pelatihan itu sendiri merupakan suatu pengalaman belajar atau suatu peristiwa guna untuk mengembangkan hal-hal yang terdapat dalam diri individu seperti pengetahuan (knowledge), kemampuan (skill), sikap (attitude), dan perilaku (behavior). Dimana kesemua itu berfungsi dalam mengembangkan serta meningkatkan kapasatias diri dalam jangka waktu pendek dan terbilang memiliki proses yang cepat.

Sedangkan pengertian dari pengembangan ialah sebuah aktivitas yang dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan serta menambah hal-hal yang telah ada dalam diri seseorang. Pengembangan ini berarti juga upaya untuk menanamkan proses serta konsep secara keseluruhan dan dalam jangka waktu lama. Upaya pengembangan berfungsi untuk memperbaharui atau upgrading segala kemampuan yang telah kita miliki. Dengan demikian kita dapat menjalankan segala aktivitas dengan tenang dan tidak khawatir akan kemajuan zaman dan tekhnologi yang kian hari kian berkembang pesat. Dengan adanya pelatihan inilah kita dapat ikut menyeimbangkan serta mengikuti alur perkembangan zaman yang terjadi.

Berikut adalah beberapa perbedaan yang dapat kita lihat dari pelatihan dan pengembanga. Meskipun memiliki tujuan yang serupa yaitu meningkatkan serta menambah kualitas kemampuan diri, namun ada hal-hal yang menjadi pembeda dari kedua jenis upaya upgrading diri ini. Yaitu sebagai berikut.

1. Pelatihan

Pelatihan memiliki tujuan untuk memperbaiki penguasaan serta kemampuan berbagai keterampilan atau skill dengan teknik dalam melakukan pekerjaan tertentu untuk kebutuhan saat ini. Pelatihan ditujukan bagi mereka yang ingin mempelajari sesuatu yang tadinya sama sekali belum diketahui. Pelatihan biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan masa sekarang yang mengharuskan kita memiliki suatu kemampuan tertentu. Orientasi dari pelatihan itu sendiri adalah skill atau kemampuan, knowledge atau ilmu pengetahuan, dan attitude atau perilaku.

Pelatihan biasanya digunakan untuk meningkatkan kemampuan individu bagi kepentingan dan kebutuhan di masa sekarang. Dengan jangka waktu yang relatig lebih singkat, pelatihan lebih banyak dilakukan oleh karyawan, mahasiswa, ataupun orang-orang yang ingin melakukan peningkatan kualitas diri untuk suatu tujuan atau kebutuhan tertentu. Efek dari pelatihan terhadap karir memiliki keterkaitan yang relatif kecil. Karena kebutuhan yang ditujukan hanya sebatas jangka pendek saja.

2. Pengembangan

Pengembangan memiliki tujuan yang lebih kompleks, yaitu menyiapkan seseorang dapat mendapatkan posisi tertentu di masa yang akan datang. Dengan berbagai macam kualifikasi-kualifikasi yang diperlukan. Inilah mengapa pengembangan sifatnya lebih mengarah pada peningkatan kualitas diri jangka panjang. Dengan berorientasi pada pengembangan karir dalam kehidupan seseorang yang berpotensial lebih dari yang lainnya. Selain itu juga memiliki perubahan yang lebih terencana serta tertata lebih rapih. Sehingga saat melakukan pengembangan diri, kita dapat merasakan hasil yang lebih memuaskan. Ini dapat dirasakan dikemudian hari karena tujuannya adalah memang untuk mengembangkan potensi diri untuk jangka waktu tertentu.

3. Perbedaan Pelatihan dan Pengembangan

Melalui penjabaran diatas maka dapat diketahui bahwa perbedaan dari pelatihan dan pengembangan adalah terdapat diberbagai aspeknya. Mulai dari tujuan yang ingin dicapai, orientasi, serta sasaran waktu yang ingin diraih. Maka dengan ini dapat lebih jelas lagi apa-apa saja perbedaan dari pelatihan dan pengembangan. Sehingga kita dapat melakukan sesuai dengan kebutuhan dan potensi yang dimiliki.

Itulah penjabaran mengenai perbedaan dari pelatihan dan pengembangan. Dimana terkait dari perbedaan-perbedaan tersebut, ada satu hal kesamaan yang dapat dijadikan pengikat dari keduanya. Yaitu fungsi utama dari keduanya yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas serta kemampuan diri.



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Tinggalkan komentar