Manfaat Permainan Outbound Sebagai Bentuk Pelatihan Bagi Karyawan

Permainan outbound  menjadi suatu agenda yang dilakukan oleh perusahaan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan di luar kantor. Kegiatan ini akan berujung pada kemampuan seorang karyawan utuk berkontribusi terhadap kemajuan perusahaan, hal tersebut tentu saja positif. Selain itu, outbound juga bisa dijadikan untuk sarana refreshing karena sibuknya pekerjaan yang mungkin membuat stress.

Banyak kota yang sering dijadikan sasaran untuk melakukan kegiatan di luar atau biasa disebut outbound. Antara lain adalah Outbound Lembang, Outbound Puncak Cipanas, Sungai dan Ciwedey Jawa Barat, penginapan dan tempat outbound di Malang, serta outbound di Bedugul Bali. Semua tempat memiliki metode, permainan, serta konsep yang berbeda-beda namun tentu saja dengan tujuan yang sama.

Sebenarnya tujuan dari perainan outbound sendiri tidak lain dan tidak bukan adalah untuk meningkatkan kemampuan aktualisasi diri bagi peserta. Dan sasaran tempat di atas tentu saja memiliki kesamaan yaitu memanfaatkan alam sebagai media untuk tempat belajar. Outbound di Ciwidey lebih mengutamakan alam untuk mendaki gunung, sedangkan di malang memanfaatkan kegiatan-kegiatan seperti rafting di sungai-sungai untuk media peningkatan aktualisasi diri.

Dengan melihat berbagaitujuan yang ditujukan untuk permainan outbound sendiri, tentu saja outbound memiiki banyak manfaat. Berikut manfaat Permainan outbound yang bisa dinikmati dan mengaktualisasi diri pesertanya.

1. Menumbuhkan Jiwa Leadership

Menumbuhkan jiwa leadership sangat diperlukan dalam suatu perusahaan. Oleh karena itu beberapa kegiatan outbound ada yang menggunakan metode untuk memancing jiwa leadership. Mungkin selama ini tidak pernah nampak jiwa kepemimpinannya, dengan masalah-masalah yang diberikan saat outbound mungkin jiwa leadership seseorang akan muncul dengan sendirinya.

2. Melatih Kerja Sama Tim

Dalam kegiatan outbound sangat jarang sekali ditemukan permainan-permainan yang individu, karna kebanyakan akan dibentuk tim-tim. Dengan begitu secara sengaja, peserta akan diajarkan bagaimana bekerja dengan tim, pentingnya saling membantu dan bahu membahu untuk menyelesaikan permainannya.

3. Menyeimbangkan Kemampuan Analisa

Kemampuan analisa dan pola pikir tentu saja sangat penting untuk dilatih. Bagaimana caranya? Tentu saja dengna menyeimbangkan fungsi otak kanan dan otak kiri. Keseimbangan dalam berpikir yang konseptual, realistis, serta feeling merupakan senjata yang ampuh untuk mengambil keputusan.

4. Mengasah Kemampuan Mengambil Keputusan

Tidak semua orang bisa mengambil dengan benar dan yakin, ole karena itu hal tersebut perlu untuk diasah. Seseorang bisa mengambil keputusan ketika dia sudah tidak ada ilihan lagi untuk mengelak, hal seperti itu bisa saja baru pertama kali dialami oleh perserta.

5. Meningkatkan Kedewasaan

Kedewasaan dapat dilatih dengan kemampuan peserta dalam menerima kekalahan ketika bermain. Saat permainan berlangsung tentu saja ada regu yang kalah dan menang. Apabila kita berada pada regu yang kalah maka sikap kita seharusnya mengakui kekalahan dan lebih sportif. Hal ini akan melatih sikap dewasa kita termasuk di dalam lingkungan kerja.

6. Menumbuhkan Kehidupan Kebersamaan

Sekarang ini sangat banyak orang yang terlalu memikirkan diri sendiri dan individualistis yang tinggi. Bahkan sangat sering mengarah pada persaingan yang sangat ketat dan saling ingin menjatuhkan.

Metode yang digunakan untuk aktualisasi diri biasanya dibungkus dalam kegiatan permainan yang akan diberikan dengan rasa suka cita optimal bagi setiap individu sebagai eserta outbound. Manfaat outbond ini secara tidak langsung akan membuat kinerja seseorang dalam sebuah kelompok erusahaan menjadi lebih baik. Setelah kegiatan biasanya pola pikir seseorang akan terbentuk.

Mengapa demikian? Karena metode permainan dalam outbound sangat mudah untuk menempel di alam bawah sadar peserta. Bagaimana? Sangat menarik bukan permainan outbound yang bisa diagendakan oleh perusahaan.

 

 



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Leave a Comment