Aspek Yang Dinilai Dan Manfaat Penilaian Prestasi Kerja

Prestasi kerja merupakan hasil yang dapat dicapai oleh setiap individu menurut ukuran yang berlaku untuk pekerjaan yang bersangkutan. Prestasi ini juga dibatasi sebagai hasil dari perilaku kerja seseorang yang menunjang tercapainya output atau prestasi dan berkaitan dengan sebuah usaha untuk menyelesaikan tugasnya pada periode waktu tertentu. Terdapat beberapa aspek yang perlu dinilai untuk melihat kualitas kerja karyawan. Oleh sebab itu penilaian prestasi kerja juga sangat penting untuk dilakukan.

Aspek yang Dinilai dari Prestasi Kerja

1. Kejujuran

Kejujuran merupakan hal yang sangat penting yang harus dimiliki oleh semua orang. Kejujuran menjadi salah satu aspek yang dinilai dari kualitas kerja karyawan. Aspek ini dinilai dari kejujuran dalam melaksanakan tugasnya serta memenuhi perjanjian baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain.

2. Kesetiaan

Kesetiaan dilihat melalui kesediaan seseorang untuk selalu menjaga dan membela organisasinya. Baik di dalam maupun di luar pekerjaan. Kesetian karyawan menjadi hal yang sangat diharapkan semua perusahaan. Aspek inilah yang akan mencerminkan bahwa segala sesuatu yang dikerjakan tidak ada masalah atau kendala.

3. Kedisiplinan

Kedisplinan dinilai melalui cara setiap individu mematuhi semua peraturan yang ada. Selain itu, dilihat melalui kinerja yang dilakukan dalam melakukan pekerjaannya sesuai dengan instruksi yang diberikan. Karyawan yang disiplin tentu memiliki kulitas kinerja yang baik.

4. Kepribadian

Kepribadian juga menjadi salah satu aspek yang dinilai dari prestasi kerja. Penilaian aspek kepribadian ini dilihat dari perilaku individu, kesopanan, memberi kesan menyenangkan, periang, memperlihatkan sikap yang baik, disukai serta berpenampilan simpatik dan wajar.

5. Tanggung Jawab

Tanggung jawab menjadi suatu hal yang sangat penting dalam melakukan sebuah pekerjaan. Tanggung jawab dapat dinilai melalui kesediaan individu dalam mempertanggung jawabkan tugas serta kebijaksanaannya dalam menyikapi suatu masalah. Selain itu, tanggung jawab juga dapat dinilai dari kesediaan dalam mempertanggung jawabkan pekerjaan, hasil kerja, sarana dan prasarana yang digunakan, dan perilaku kerjanya.

Manfaat Penilaian Prestasi Kerja

Penilaian prestasi kerja sangat penting dilakukan, karena dapat memeperbaiki keputusan dan memberikan umpan balik mengenai pelaksanaan kerja. Berikut beberapa manfaat penilaian prestasi kerja, antara lain:

1. Perbaikan Prestasi Kerja

Adanya penilaian prestasi karyawan bermanfaat untuk perbaikan prestasi kerja kryawan itu sendiri. Umpan balik dalam pelaksanaan kerja akan memungkinkan untuk dapat memperbaiki kegiatan-kegiatan guna memperbaiki kinerja agar lebih baik lagi.

2. Penyesuaian Kompensasi

Manfaat mengetahui kualitas kinerja karyawan yaitu dapat membantu para pengambil keputusan untuk menentukan kenaikan upah dan pemberian bonus. Disamping itu hal ini juga berguna untuk semua bentuk kompensasi lainnya.

3. Keputusan-keputusan

Rencana ini ditempatkan guna membantu atasan dalam penempatan kerja. Selain itu juga untuk membantu dalam memanfaatkan bakat yang dimiliki oleh masing-masing individu secara tepat. Tentu saja kayawan yang berprestasi akan menempati jabatan yang lebih tinggi dibandingkan yang kurang berprestasi.

4. Kebutuhan dalam Pelatihan dan Pengembangan

Karyawan yang kurang berprestasi dalam pekerjaannya berarti menunjukkan perlu dilakukan pelatihan. Sementara hasil kerja yang baik akan mencerminkan potensi yang harus dikembangkan. Dengan begitu dapat dikatakan bahwa melalui evaluasi ini dapat dijadikan sebagai indikator untuk menentukan apakah perlu atau tidak dilakukan pelatihan dan pengembangan.

5. Tantangan Eksternal

Manfaat lainnya dari penilaian prestasi kerja adalah dengan adanya tantangan eksternal. Biasanya prestasi karyawan dapat dipengaruhi oleh faktor di luar lingkungan kerja. Hal ini seperti keluarga, kesehatan serta kondisi finansial. Dengan melakukan evaluasi kinerja maka masalah penurunan kualitas kerja dapat dipetakan dan dicarikan solusinya.

Berdasarkan penjelasan di atas, itulah beberapa aspek yang dinilai  dan manfaat penilaian prestasi kerja. Prestasi kerja dapat dinilai melalui beberapa aspek penting yang ada pada diri individu masing-masing. Hal ini penting untuk dilakukan penilaian agar dapat memberikan manfaat seperti meningkatkan kualitas dan produktivitas kinerja pada setiap karyawan.

 



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Tinggalkan komentar