Mengenal Apa Itu Sales Management

Sales management atau manajemen penjualan merupakan seni dalam mempengaruhi orang lain agar bersedia membeli produk yang ditawarkan. Peran manajemen penjualan sangat penting bagi perusahaan. Sebab bidang ini berhubungan dengan pendapatan atau penerimaan perusahaan. Manajemen penjualan itu sendiri menyangkut proses perencanaan, pengorganisasian, implementasi, dan semua hal yang berhubungan dengan menjual.

Proses Manajemen Penjualan

Pada prosesnya manajemen penjualan melakukan semua kegiatan yang berhubungan dengan menjual, mulai dari perencanaan penjualan hingga tahap pelayanan sesudah penjualan. Adapun lebih rinci mengenai tahap-tahap penjualan dalam manajemen penjualan yaitu:

1. Menentukan Kebutuhan Dan Keinginan Calon Konsumen

Salah satu cara untuk dapat mengetahui kebutuhan dan keinginan calon konsumen yaitu dengan melakukan pengamatan langsung atau survey di lapangan. Perhatikan barang atau jasa apa yang dibutuhkan dan diinginkan. Survey dan pengamatan bisa dilakukan melalui media sosial. Perhatikan apa yang sedang marak dibutuhkan konsumen.

2. Tentukan Pasar Khusus

Secara umum terdapat tiga jenis pasar sasaran khusus, yaitu pasar individual, pasar khusus dan pasar tersegmentasi. Penjelasan lebih rinci dapat dilihat berikut ini:

  • Pasar individual, jenis pasar ini merupakan pasar yang memberikan layanan hanya kepada individu-individu tertentu dalam rangka memenuhi kebutuhan secara individual.
  • Pasar khusus, jenis pasar ini memberikan pelayanan khusus untuk konsumen tertentu misalnya, melayani kebutuhan pedagang, petani, dan sebagainya.
  • Pasar tersegmentasi, jenis pasar ini menyediakan pelayanan bagi kelas konsumen tertentu, misalnya pelayanan yang khusus diberikan pada pelanggan kelas atas, menengah atau bawah. Atau biasanya konsumen juga dikelompokkan berdasarkan kota, desa, usia atau tingkat pendapatan.

3. Tetapkan Posisi Pasar

Posisi pasar juga penting dan cukup berpengaruh bagi keberhasilan penjualan. Hal ini bertujuan agar kegiatan penjualan yang dilakukan dapat lebih efektif. Menetapkan posisi pasar misalnya menyusun produk yang dijual di tempat yang sesuai dan tepat. dengan demikian akan memudahkan untuk menjangkau konsumen.

4. Menentukan Strategi Penjualan

Setelah menyiapkan rencana penjuallan di atas maka langkah selanjutnya yaitu memilih strategi yang tepat. Strategi yang dapat dilakukan berupa penentuan produk, harga, cara promosi dan bagaimana mendistribusikannya. Strategi ini harus dilakukan dengan tepat agar menghindari kerugian. Melakukan survey terhadap harga dan produk competitor juga bisa dilakukan pada tahap ini dean tujuan untuk menetapkan harga dan produk perusahaan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan pada tahap ini diantaranya:

  • Persiapan sebelum penjualan, pada tahap ini kegiatan yang bisa dilakukan yaitu menyiapkan tenaga kerja. Berikan pemahaman terlebih dahulu mengenai barang yang akan dijual, teknik penjualn dan pasar yang akan dituju kepada tenaga penjual agar mereka lebih memahami apa yang mereka lakukan dan bisa mendapatkan konsumen serta mencapai target yang ditetapkan.
  • Pelajari calon konsumen, tahap ini merupakan tahap yang penting. Mengetahui karakter calon konsumen akan mendukung melakukan penjualan. Beberapa hal yang mungkin dapat diketahui seperti kebiasaan membeli, kegemaran konsumen, intensitas membeli dan lain sebagainya. Ini sebagai upaya pendekatan untuk bisa mendapatkan konsumen dengan tepat.
  • Pelayanan sesudah penjualan, proses penjualan yang efektif tidak sampai disitu saja. Penjualan yang efektif adalah bukan hanya tentang produk melainkan dengan hubungan terhadap konsumen. Jalinlah hubungan yang positif terhadap konsumen. Dengan hubungan yang baik ini akan membuat konsumen merasa nyaman menggunakan pelayanan Anda. dengan demikian Anda tidak hanya mendapatkan keuntungan dari penjualan produk melainkan dari kesetiaan pelanggan terhadap pelayanan Anda. Dengan melakukan manajemen penjualan yang baik maka peluang untuk mencapai target yang ditetapkan akan semakin terbuka lebar.


Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Tinggalkan komentar