Selling Skills Training Untuk Meningkatkan Penjualan

Selling skills training atau yang bisa disebut pelatihan kemampuan penjualan merupakan pelatihan yang diadakan untum meningkatkan kemampuan penjualan salesman. Training ini akan mengasah kemampuan karyawan dalam memasarkan produk. Pada umumnya training ini akan menekankan pada keterampilan menjual dengan tatap muka (Sophisticated Selling Skills), perencanaan hubungan dengan klien (Client Relationship Planning) dan manajemen penjualan (Sales Management). Adapun 3 kemampuan tersebut akan dibahas pada artikel selling skills training berikut ini.

Sophisticated Selling Skills

Sophistcated selling skills atau keterampilan menjual secara tatap muka akan dipelajari lebih luas dan mendalam pada pelatihan ini. Keterampilan menjual dengan canggih yaitu berorientasi pada hubungan interpersonal antara salesman dengan calon konsumen. Melalui training ini karyawan akan diberikan pemahaman bahwa penjual yang canggih adalah penjual yang mencari hubungan di luar penjualan. Atau dapat diartikan dalam memasarkan produk bukan hanya penjualan produk yang mereka fokuskan namun hubungan sosial yang baik dengan calon konsumen. Tentu saja hal ini akan memberikan kesan tersendiri bagi calon konsumen.

Selling skills training akan berfokus pada keterampilan interpersonal karyawan untuk melakukan penjualan yang produktif dengan menjalin hubungan jangka panjang dan saling menguntungkan dengan calon konsumen. Metode ini akan membangun keterampilan penjualan yang konsultatif dan lebih berfokus pada klien daripada berfokus pada produk. Adapun output yang akan didapat karyawan yaitu:

  • Kemampuan berhubungan dengan baik terhadap orang lain
  • Kemampuan mengembangkan kebutuhan klien
  • Kemampuan mendapatkan komitmen calon konsumen untuk menggunakan produknya

Client Relationship Planning

Perencanaan hubungan dengan klien atau calon konsumen adalah hal yang penting dan tidak semua perusahaan melakukan itu. Hubungan yang baik dengan konsumen akan membuat konsumen merasa nyaman menggunakan produk perusahaan. Hubungan yang baik ini menjadi jembatan komitmen konsumen agar selalu setia menggunakan produk atau jasa perusahaan. Oleh karenanya hubungan jangka panjang dapat berdampak pada peningkatan penjualan. Tentu saja kemampuan ini harus dimiliki karyawan Anda.

Melalui program training atau pelatihan penjualan, karyawan Anda akan mendapat kemampuan menjalin hubungan dengan konsumen. Sebab melalui pelatihan ini karyawan akan diberikan kemampuan untuk dapat mengenali karakter konsumen, kemampuan mendengar keluhan konsumen, bagaimana berkomunikasi dengan baik, menjalin komitmen dengan konsumen serta memberikan lebih dari ekspektasi konsumen.

Kemampuan tersebut merupakan bentuk upaya untuk menjalin hubungan jangka panjang kepada konsumen maupun calon konsumen. Bayangkan jika karyawan Anda memiliki kemampuan tersebut, bukankan ini akan membangun perusahaan Anda dapat menjalin hubungan yang baik dengan konsumen bukan?

Sales Management

Dalam melakukan penjualan ada teknik-teknik yang digunakan agar penjualan yang dilakukan dapat berhasil sesuai target. Melalui training ini karyawan akan diberikan pengetahuan mengenai teknik atau strategi tersebut. Beberapa teknik yang dapat dilakukan diantaranya yaitu menentukan kebutuhan pelanggan, menganalisa target pasar yang tepat sasaran, menentukan lokasi pembeli yang potensial, pendekatan dengan calon konsumen hingga pelayanan sesudah penjualan.

Kemampun tersebut merupakan bekal yang diberikan kepada para karyawan di bidang sales dan marketing sebelum terjun langsung di lapangan untuk melakukan penjualan. Bekal ini situjukan sebagai upaya untuk dapat memasarkan produk dengan tepat. pemasaran produk yang tepat tentu saja akan lebih efektif dan efisien. Sehingga perusahaan tidak akan dirugikan oleh waktu dan biaya yang lebih besar karena kegagalan dalam penjualan.

Kemampuan dan materi-materi tersebut dapat diberikan langsung dari perusahaan kepada karyawan maupun dapat melalui pelatihan bersama perusahaan training seperti kami. Sebagai upaya meningkatkan profit atau keuntungan perusahaan memang sudah semestinya perusahaan memberikan perhatian khusus bagi karyawan bidang sales dan marketing. Sebab apabila SDM pada bidang ini telah berkompeten maka peluang untuk mendapatkan keuntungan bagi perusahaan akan semakin besar.



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Tinggalkan komentar