SERVICE EXCELLENCE DI PERUSAHAAN JASA

Beberapa anggapan tentang definisi service excellence diantaranya layanan yang sangat memahami kebutuhan customer, atau layanan yang menitik beratkan pada penepatan janji terhadap customer. Ada juga yang berpendapat bahwa service excellent mengandung arti memberikan kepuasan yang lebih daripada yang diharapkan oleh customer, sehingga konsumen jatuh cinta pada produk / layanan / perusahaan tersebut. Ada pula yang melihat dari sisi emotional seperti ketika customer merasa sangat diperhatikan oleh pemberi jasa, seperti dengan menyebutkan salah satu kesukaan atau hobby yang akan sangat berkesan bagi seseorang.

Sebuah perusahaan jasa mungkin tidak dalam sekejap dapat langsung memberikan service yang excellent bagi konsumennya, perlu cukup waktu dimulai dari mengenali tipe-tipe customer yang dihadapi. Misal, ada tipe customer yang tidak rewel, yang banyak maunya dan sering membuat kalang kabut dalam menghadapinya, atau ada juga konsumen yang jika dilayani secara sangat baik justru merasa kurang nyaman.

Beberapa hal penting yang harus dilakukan diantaranya adalah :
• Mengenali siapakah konsumen anda dan apa kebutuhan mereka
• Berikan pelayanan dengan ramah, tepat waktu dan sesuai yang dibutuhkan.
• Dengarkan apabila ada keluhan dan usahakan sedapat mungkin dapat diselesaikan pada hari yang sama. Apabila tidak selesai terus di follow up sampai akhirnya selesai dengan tuntas.
• Berusah terus menerus melakukan improvement baik dari sisi people, product mapupun fasilitas pendukung.
• Minta maaf apabila melakukan kesalahan dan segera di tindak lanjuti.
• Memberikan pujian sekali-sekali kepada konsumen

Dan satu hal lagi yang sangat penting yaitu segera dipraktekkan dan kemudian dievaluasi. Sehingga disini secara garis besar dapat disimpulkan bahwa service excellent adalah upaya untuk memenangkan hati konsumen atau calon konsumen yang dilakukan dengan tulus dan terus menerus

Training-Service-Excellence-0823-3236-0252
Training-Service-Excellence-0823-3236-0252

Salah satu aktivitas yang dapat meningkatkan Service Excellence pada karyawan dalam perusahaan adalah membuat secara khusus event Training Service Excellence itu sendiri. Dan disini PT INSPIERA SINERGI INDONESIA selaku salah satu provider training terkemuka di Indonesia telah banyak dan berpengalaman dalam membantu perusahaan / instansi dalam membantu mengadakan event Service Excellent Training bagi perusahaan / instansi / organisasi. Hubungi 0823-3236-0252 Untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai layananan dari PT. Inspiera Sinergi Indonesia.



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Tinggalkan komentar