Pengertian, Fungsi, Dan Tujuan Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran sangat diperlukan bagi siapaun yang berkaitan dengan penjualan dan pemasaran. Dalam perusahaan ataupun bisnis strategi pemasaran memiliki peran yang sangat penting. Sebab strategi pemasaran merupakan penentu nilai ekonomi perusahaan, baik mengenai harga maupun jasa. Sementara itu tiga faktor sebagai penentu nilai harga barang dan jasa yaitu produksi, pemasaran dan konsumsi. Maka tak heran jika tim pemasaran selalu berkutat dengan ketiga hal tersebut. Perannya yang begitu penting bagi perusahaan menjadikan strategi pemasaran menjadi perhatian utama dalam perusahaan. Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian, tujuan serta fungsi strategi pemasaran bagi perusahaan. Berikut ulasannya.

Pengertian Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran merupakan upaya memasarkan produk baik barng maupun jasa dengan rencana atau teknik tertentu agar jumlah penjualan meningkat. Adanya strategi pemasaran ini merupakan harapan untuk menciptakan nilai dan keuntungan bgai perusahaan dan memuaskan konsumen. Elemenn penting dalam bidang ini yaitu produk, distribusi, promosi serta harga.

Dalam aktifitas pemasaran secara umum strategi yang digunakan mencakup menetapkan tujuan sasaran, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Kunci utama dari adanya strategi pemasaran yaitu pada kepuasan pelanggan. Dengan kata lain setiap perusahaan memiliki cara atau strategi sendiri dalam memberikan kepuasan bagi pelanggannya. Meskipun strateginya berbeda namun orientasinya tetap sama, yaitu mencapai kepuasan pelanggan.

Fungsi Strategi Pemasaran

Setidaknya terdapat empat fungsi utama strategi pemasaran. Fungsi tersebut diantaranya meningkatkan motivasi yang berorientasi pada masa depan, meningkatkan efektivitas koordinasi pemasaran, merumuskan tujuan perusahaan dan sebagai pengawas pemasaran. Lebih rinci penjelasan tersebut akan dijelaskan berikut ini.

1. Meningkatkan Motivasi Untuk Lebih Berorientasi Pada Masa Depan

Orientasi dari bidang ini yaitu memotivasi agar manajemen perusahaan dapat berpikir dan melihat masa depan dengan cara yang berbeda. Hal ini sangat penting untuk menjaga keberlangsungan perusahaan dalam jangka panjang. Dengan orientasi yang seperti ini maka perusahaan dapat meminimalisir resiko sekecil apapun yang mungkin saja terjadi kedepannya.

2. Meningkatkan Efektivitas Koordinasi Pemasaran

Strategi merupakan cara yang dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan. Semua perusahaan memiliki strategi atau cara sendiri untuk mencapai target-target mereka, sehingga dengan adanya bidang ini maka dapat dikoordinasikan lebih efektif. Sehingga peningkatan penjualan dapat lebih terfokus.

3. Merumuskan Tujuan Perusahaan

Semua perusahaan memiliki tujuan berupa visi dan misi yang harus dicapai. Untuk melihat dengan jelas tujuan tersebut maka para pelaku usaha biasanya menggunakan startegi pemasaran. Melalui strategi pemasaran maka tujuan perusahaan akan terpetakan dengan baik, misalnya mengenai tujuan yang telah tercapai dan tujuan yang harus dicapai.

4. Pengawasan Kegiatan Pemasaran

Bidang pemasaran juga memiliki peran untuk mengawasi kegiatan pemasaran. Melalui bidang ini maka perusahaan dapat memiliki standar prestasi kerja bagi para anggotanya. Dengan adanya fungsi ini maka mutu dan kualitas kerja dapat dipantau dengan lebih efektif.

Tujuan Strategi Pemasaran

Dalam pemasaran, strategi dibutuhkan sebagai upaya untuk mencapai hasil penjualan yang telah ditentukan. Ada beberapa tujuan dengan adanya strategi ini. Beberapa tujuan tersebut diantaranya yaitu:

  • Meningkatkan kualitas koordinasi individu dengan tim pemasaran
  • Sebagai alat ukur keberhasilan pemasaran berdasarkan target yang telah ditentukan
  • Sebagai dasar untuk mengambil keputusan
  • Meningkatkan kemampuan beradaptasi jika terjadi perubahan dalam pemasaran

Dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran merupakan teknik yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka meningkatkan penjualan dan pemasaran dengan cara yang berbeda dan bahkan belum pernah ada. Apalagi di era digital seperti sekarang ini cara memasarkan produk pun harus ikut berkembang dan menyesuaikan dengan perkembangan jaman. Sehingga perusahaan tidak akan ketinggalan dan tetap eksis di mata masyarakat.

 



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Leave a Comment