5 Teknik Presentasi Efektif Yang Patut Dicoba

Presentasi merupakan kegiatan memberikan informasi di depan publik dan biasanya menggunakan media. Pada umumnya presentasi dilakukan sebagai kegiatan untuk menyampaikan informasi maupun menjelaskan suatu materi. Media yang digunakan bisa berupa menggunakan laptop, proyektor dan berbagai peralatan penunjang lainnya.

Tidak semua orang bisa memiliki keterampilan presentasi yang baik. Orang yang terbiasa dan lihai dalam melakukan presentasi tentu saja memiliki teknik presentasi yang mereka gunakan. Adapun teknik presentasi tersebut beberapa diantaranya yaitu:

1. Persiapkan Materi Dan Mental

Sebelum melakukan presentasi hal utama yang seharusnya dilakukan yaitu menyiapkan materi dan mental? Materi yang disiapkan dengan matang sebelum presentasi akan membuat Anda paham apa yang akan disampaikan. Dengan menguasai materi yang akan disampaikan maka rasa gugup dan tidak percaya diri dapat ditepis dengan pemahaman materi yang telah matang. Selain materi, mental juga harus dipersiapkan sebelum berbicara di depan umum. Aspek mental tersebut diantaranya bagaimana Anda mengolah gugup, mengumpulkan rasa percaya diri dan mengumpulkan keberanian.

2. Awali Presentasi Dengan Pembukaan Memukau

Pembukaan yang memukau yang Anda tampilkan saat awal membuka presentasi merupakan kesan pertama yang akan menentukan bagaimana suasana dan kondisi audiens kedepannya. Maka hal ini akan sangat menentukan. Dua sampai tiga menit pertama presentasi akan sangat menentukan, apakah audiens akan antusias mendengarkannya sampai selesai atau tidak. Kalau audiens mau mendengarkan dengan semangat, ditambah melakukan tindakan yang diharapkan, maka berarti presentasi tersebut akan berjalan efektif. Disamping itu kesan pertama yang memukau akan menambah antusias dan semangat baik bagi audiens maupun bagi Anda.

3. Sampaikan Materi Dengan Singkat, Padat, Jelas

Semua orang tentu malas jika harus mendengarkan orang yang berbicara dengan bertele-tele. Begitu juga ketika Anda akan presentasi. Usahakan materi yang disampaikan telah dikemas dengan padat, singkat dan jelas. Hal ini akan menghindarkan dari perasaan bosan para audiens. Biasanya pembahasan yang bertele-tele juga justru akan merepotkan diri Anda sendiri.  Usahakan buat presentasi yang singkat namun berkesan.

4. Bersikap Rileks

Tak dapat dipungkiri, rasa gugup memang wajar terjadi saat akan berbicara di depan banyak orang. Hal ini sering membuat orang mereasa gelisah, gugup dan tidak percaya diri. alhasil penyampaian materi didepan audiens pun menjadi tidak kondusif karena Anda tidak nyaman. Sebaiknya hindari hal tersebut. Buat diri Anda senyaman dan serileks mungkin. Anda bisa sambil berjalan-jalan di atas panggung, bahkan bisa juga sesekali mendekat kepada audiens. Dengan demikian, maka Anda tidak membuat batas antara Anda sebagai pembicara dengan para audiens. Lebih dari itu bahkakn para audiens akan merasa lebih dekat dengan Anda. Kalau audiens merasa dekat dengan Anda, maka mereka akan lebih mempercayai Anda.

5.  Lakukan Kontak Mata

Salah satu kunci teknik presentasi yang sering dilupakan yaitu melakukan kontak mata dengan audiens. Padahal hal ini merupakan suatu hal yang penting. Kontak mata dilakukan untuk menjalin hubungan yang lebih intens dengan audiens. Saat presentasi dilakukan di depan jumlah audiens yang sedikit, proses kontak mata ini akan lebih mudah dilakukan. Sementara untuk audiens yang berjumlah ratusan orang Anda juga bisa melakukan kontak mata sejauh jangkauan Anda. Kontak mata juga dilakukan agar audiens merasa bahwa dirinya sedang diajak berbicara, jadi secara tak sadar mereka akan lebih memperhatikan materi yang Anda sampaikan.

Beberapa teknik presentasi di atas bisa dilakukan agar saat presentasi tidak merasa gugup dan lebih percaya diri. Hal lain yang perlu diperhatikan juga selain poin-poin diatas beberapa diantaranya yaitu perhatikan penampilan Anda. Penampilan yang membuat Anda nyaman akan menjadikan Anda juga nyaman ketiak presentasi.



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Leave a Comment