5 Tema Outbound Untuk Perusahaan Yang Menarik Dicoba

Outbound merupakan segala bentuk pembelajaran semua ilmu terapan yang dilakukan di alam terbuka maupun tertutup dengan bentuk permainan yang lebih efektif. Semua permainan dalam acara outbound menggabungkan antara fisik, mental dan intelegensia. Outbound bertujuan untuk membangun kelompok, kerjasama, komunikasi, kepemimpinan, konsentrasi, kreativitas, perencanaan, analisis, dan konfiden. Acara outbound yang dilakukan sebuah perusahaan biasanya telah di konsep dengan tema yang menarik agar acara menjadi lebih menarik dan berkesan. Berikut beberapa tema outbound untuk perusahaan yang dapat dicoba, antara lain:

1. Team Building Games

Tema outbound dalam bentuk permainan team building games ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan, paham mengenai prinsip serta keputusan dalam menyelesaikan misi dan target, menimbulkan motivasi untuk melakukanpekerjaan dengan lebih baik. Semua peserta dalam permainan ini harus siap terhadap perubahan dan kemungkinan terburuk yang akan terjadi dan harus dilalui. Permainan team building akan menggambarkan mengenai metafora kemungkinan terburuk dari perubahan kondisi dan situasi dalam kehidupan.

2. Menghibur dan Menantang

Outbound dengan tema permainan menghibur dan menantang menjadi salah satu tema yang sangat disukai oleh para karyawan perusahaan. Permainan ini bukan hanya untuk memberikan hiburan dan tantangan, namun dengan permainan ini akan membangun kerjasama dan kekompakan yang baik. Tema outbound berupa permainan menghibur dan menantang ini dikemas dengan berbagai permainan seperti high ropes atau paint ball. Acara outbound yang dikonsep menggunakan tema ini akan membuat para karyawan menjadi lebih kompak dan seru ketika dapat melewati berbagai tantangan yang harus dilalui. Pihak perusahaan juga dapat memberikan reward kepada setiap karyawan yang memenangkan permainannya dan menjaga kekompakannya.

3. Camping

Camping menjadi salah satu tema outbound yang sangat menarik untuk dicoba. Tema outbound ini akan memberikan kesan yang mendalam kepada para karyawan perusahaan yang mengikutinya. Kegiatan outbound dengan tema camping ini biasanya akan dilakukan di sebuah camping ground dengan lokasi yang luas dan memiliki nuansa alam yang sangat kental. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan acara outbound ini sekitar dua hari satu malam.

Agar lebih mudah, dapat memilih tempat wisata yang telah menyiapkan berbagai fasilitas dan kebutuhan untuk camping. Pada siang hari biasanya acar akan diisi dengan kegiatan team building games. Kemudian pada malam hari akan dilanjutkan kegiatan camping. Camping dapat diisi dengan kegiatan yang menarik seperti, menyaksikan pertunjukan tari, pentas seni, atau bernyanyi. Kegiatan camping akan membuat para karyawan perusahan lebih mengenal satu sama lain dan lebih akrab lagi.

4. ICE Breaking

Ice breaking merupakan tema outbound yang bertujuan untuk menyatukan visi mengenai team work dan memecah kekauan birokrasi yang terjadi antar peserta. Selain itu, ice breaking akan membuat suasana lebih tenang dan santai. Tema ice breaking ini dapat dilakukan dengan berbagai macam permainan. Permainan yang dimainkan akan disesuaikan dengan melihat terlebih dahulu situasi peserta. Adapun permainan yang sering dimainkan dalam tema ice breaking adalah berhitung, menari di Menara, menangkap monyet, kerrang dan Mutiara serta permainan lainnya yang menarik.

5. Wisata Adventure

Wisata adventure menjadi tema outbound yang dapat memberikan tantangan kepada para pesertanya. Kegiatan wisata adventure ini biasanya dilakukan di pedesaan yang masih sangat asri agar dapat merefresh semua peserta. Wisata adventure akan disisipkan dengan kegiatan cycling amazing race dan trekking amazing race. Dalam cycling amazing race, semua peserta menggunakan sepeda untuk menyusuri beberapa pos yang telah disiapkan dan akan diberi tantangan disetiap posnya. Sedangkan untuk trekking amazing race, semua peserta diharuskan untuk berjalan kaki dipedesaan melewati sungai, sawah, dan rumah penduduk.

Itulah beberapa tema outbound untuk perusahaan yang dapat dicoba. Kegiatan outbound menjadi salah satu kegiatan rutin yang sangat penting untuk dilakukan pada sebuah perusahaan. Outbound memberikan manfaat yang sangat besar baik untuk karyawan maupun perusahaan.



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Tinggalkan komentar