Keuntungan Yang Didapat Dengan Mengikuti Training Kerja

Training kerja dalam Undang-Undang Republik Indonesia  Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan merupakan keseluruhan kegiatan yang dilaksanakan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan,  dan juga mengembangkan kompetensi kerja sekaligus produktivitas serta kedisiplinan dan menumbuhkan sifat jujur pada tiap-tiap karyawannya. Selain itu juga platihan kerja diharapkan mampu memberikan keahlian tertentu sesuai dengan kualifikasi pekerjaan jabatan atau pekerjaan. Pelatihan kerja yang baik dan tepat sasaran adalah yang memberikan manfaat bagi perusahaan dan tenaga kerja itu sendiri.

Training kerja dapat dilakukan oleh sebuah perusahaan secara mandiri dan internal, namun dapat juga dilaksanakan oleh lembaga eksternal yang telah ditunjuk. Seperti menghadirkan trainer-trainer dari suatu organisasi atau perusahaan lain. Seperti pada perusahaan penyedia trainer dan motivator terpercaya bersama PT. Inspiera. Adapun keuntungan yang akan didapat dengan diadakannya training kerja ini adalah sebagai berikut.

1. Menambah Ilmu Pengetahuan (Knowledge)

Para tenaga kerja atau karyawan baru yang mengikuti training kerja diharapkan dapat meningkatkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Dengan adanya peningkatan ilmu pengetahuan, maka para karyawan dapat menjalankan pekerjaannya dengan maksimal.

2. Menambah Kemampuan (Skill)

Dengan adanya training kerja para calon karyawan diharapkan mampu mengembangkan serta mengetahui skill yang telah dimilikinya. Dengan begitu para karyawan dapat mampu melakukan tugas saat ditempatkan diberbagai situasi karena proses penanaman skill yang telah dilakukan sebelumnya. Training kerja ini sangat bertujuaan agar tenaga kerja lebih memahami dan dapat fokus dengan skill dan kemampuan yang dimilikinya.

3. Dapat Menentukan Sikap (Attitude)

Dari keseluruhan tujuan yang ingin dicapai dengan mengikuti training kerja ini, ada hal penting lainnya yang akan secara alami terbentul. Para karyawan atau tenaga kerja akan dapat menentukan sikapnya secara jelas dan tepat. Sehingga prilaku yang muncul nantinya dapat lebih terjaga dan sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan. Attitude menjadi penting karena dengan prilaku yang baik dan terjaga, image perusahaan akan ikut dijaga serta dijunjung dalam setiap kesempatannya.

4. Meningkatkan Produktifitas

Segala kegiatan yang diselenggarakan dari training kerja ini secara tidak langsung akan meningkatkan produktifitas kita sebagai karyawan. Dengan mengikuti segala kegiatan yang ada, nantinya saat kita telah kembali pada suasana kerja, produktifitas pun akan otomatis terbentuk. Dengan begitu pekerjaan akan lebih maksimal dan terasa menyenangkan.

5. Mengurangi Kesalahan Saat Bekerja

Sebelum memulai pekerjaa kita tentu harus memastikan bahwa tidak akan terjadi kesalahan sedikitpun yang dapat menghambat. Inilah manfaat langsung yang akan dirasakan dari adanya training kerja. Para karyawan dan tenaga kerja akan dapat menghandle dan mengurangi kesalahan saat bekerja. Karena saat melakukan training, kita akan diberikan pelatihan mengenai problem solving yang dapat meminimalisir kesalahan sekecil apapun.

6. Memiliki Kemampuan Bekerja

Sebagai karyawan baru tentunya kemampuan yang dimiliki masih sangat minim. Inilah mengapa sangat penting mengikuti training kerja, agar kemampun yang ada dapat terasah dan semakin baik. Dengan mengikuti training kita akan dapat memiliki kemampuan dalam bekerja sesuai dengan job desk dan jabatan masing-masing. Sehingga pekerjaan yang akan dilakukan nantinya berjalan lebih maksimal.

Itulah beberapa keuntungan yang didapat perusahaan dari adanya training kerja. Sebagai tenaga kerja yang baik, tentu kita harus menaati setiap aturan yang diberikan oleh perusahaan termasuk dengan mengikuti training kerja. Untuk membuat karyawan teratur dan mau menaati aturan pun bisa didapatkan melalui pelatihan kerja. Banyak keuntungan baik bagi karyawan maupun perusahaan yang mengikuti pelatihan kerja. Keuntungan yang didapatkan pun tidak akan membuat kegiatan tersebut menjadi sia-sia. Selamat bekerja.



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Leave a Comment