3 Poin Penting Diadakannya Training Penjualan

Penjualan di dalam perusahaan merupakan hal penting untuk mendapatkan profitabilitas. Keuntungan atau omzet perusahaan tergantung pada penjualan yang dilakukan. Sistem penjualan di dalamperusahaan biasanya menjadi tanggung jawab bidang salaes dan marketing. Oleh karenanya dibutuhkan strategi khusus untuk meningkatkan penjualan. Pada umumnya perusahaan-perusahaan dalam rangka meningkatkan penjualan, mereka memanfaatkan training penjualan kepada karyawan mereka, khususnya bidang sales dan marketing.

Training penjualan ini dilakukan dengan tujuan untuk membidik dan menciptakan marketer professional yang mampu menaikkan omzet perusahaan. Alasan mereka mengadakan training penjualan pun tidak terlepas dari 3 hal berikut ini.

Training Penjualan Memberikan Pengertian Pentingnya Menjalankan Tugas Marketing

Karyawan yang berada di bidang sales dan marketing merupakan karyawan yang berhunungan langsung dengan calon pembeli. Para karyawan di bidang ini merupakan karyawan yang harus memiliki kecakapan dalam memasarkan produk maupun jasa yang ditawarkan perusahaan. Dalam hal ini sebagai seorang pemimpin tentu tidak bisa karyawan bekerja sendiri. Pemimpin harus membekali salesman pengetahuan dan strategi dalam memasarkan produk dengan tepat.

Anda bisa memberikan pelatihan kepada mereka untuk memberikan wawasan tentang bagaimana memasarkan produk yang tepat sasaran. Bagi karyawan yang belum memiliki pengalaman di bidang marketing tentu stategi memasarkan produk adalah hal yang masih asing bagi mereka. Oleh karenanya melalui pelatihan yang diberikan karyawan akan diberikan pemahaman tentang bagaimana meminimalisir ponalakan yang terjadi ketika memasarkan produk. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menganalisis target yang akan menjadi tujuan pemasaran. Tentukan target pasar yang tepat seperti misalnya memilih pasar berdasarkan usia, tingkat kebutuhan, jenis kelamin, pendapatan ekonomi dan lain sebagainya. Selain memahami dan mampu menganilasa target pemasaran,di dalam training penjualan juga karyawan akan diberikan motivasi dan kesadaran mengenai pentingnya tugas yang mereka jalankan. Sehingga mereka akan sadar bahwa pekerjaannya adalah harapan perusahaan untuk meningkatkan profit atau keuntungan. Maka sebagai roda penggerak perusahaan seorang sales harus mampu berkontribusi sesuai target yang ditetapkan.

Training Penjualan Akan Menekan Motivasi Karyawan

Biasanya perusahaan memberikan reward kepada karyawan bagian marketing ini berupa bonus yang didapat jika mampu memasarkan produknya sesuai target yang ditetapkan. Ini merupakan bentuk motivasi bagi karyawan untuk dapat mencapai target penjualan yang telah ditentukan. Tidak hanya itu, dalam pelatihan karyawan juga akan dimotivasi secara psikologis mengenai dorongan untuk lebih giat lagi dalam mengerjakan pekerjaannya.

Berbagai materi dan dorongan untuk mencapai target penjualan akan dibahas dan diberikan kepada karyawan dalam pelatihan ini. Dengan diberikannya pemahaman dan motivasi ini diharapkan karyawan akan dapat bekerja dengan lebih giat lagi. Pemberian motivasi kepada karyawan khususnya di bidang sales marketing ini adalah penting. Sebab pekerjaan seorang salesman bukanlah pekerjaan yang mudah dan sering mendapat penolakan dari konsumen. Karyawan salesman yang tidak memiliki motivasi yang tinggi maka mental meereka akan ciut sehingga membuat diri tidak memiliki semangat lagi. Apabila ini terjadi maka yang harus dilakukan adalah tetap memberikan apresiasi terhadap kinerjanya dan terus berikan semangat dan motivasi. Apresiasi sekecil apapun yang mereka berikan akan membuat mereka merasa pekerjaan mereka dihargai. Dengan demikian mereka akan bekerja lebih giat lagi.

Training Penjualan Mendukung Peningkatan Penjualan Bisnis

Mengapa training penjualan dapat meningkatkan penjualan bisnis? Sebab peningkatan penjualan dan keuntungan perusahaan merupakan salah satu tujuan diadakannya trainin penjualan ini. Melalui training peserta akan mendapatkan output berupa:

  1. Pemahaman mengenai kinerja penjualan yang efektif
  2. Peningkatan mental saat di lapangan dan berhadap langsung dengan calon konsumen
  3. Mampu menganalisa target pasa
  4. Memiliki pemahaman tentang bagaimana meningkatkan pelayanan kepada konsumen
  5. Meningkatkan rasa percaya diri saat memasarkan produk
  6. Memiliki pengetahuan tentang bagaimana meyakinkan calon konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan
  7. Memiliki kemampuan berkomunikasi verbal yang baik dengan konsumen

Keuntungan tersebut akan didapatkan karyawan sales dan marketing ketika mengikuti pelatihan. Selain menguntungkan dan menambah kemampuan para karyawan, output training penjualan tersebut juga akan membawa progress baik bagi perusahaan. Dengan demikian peningkatan penjualan bisnis yang Anda harapkan dan sesuai target dapat tercapai dengan baik.

 



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Leave a Comment