Training Service Excellent di Tuapejat

Pengertian training service excellent adalah metode yang digunakan agar setiap pribadi dapat memberikan quality service yang terbaik dan tulus dari hati. Hal ini sangat berharga bagi kelangsungan tim atau perusahaan Anda. Karena baik atau buruknya suatu perusahaan bisa dilihat dari bagaimana pelayanan yang diberikan. Biasanya masalah terbesar dari  pelayanan adalah memberikan pelayanan yang tulus dari hati.

Pelayanan yang tulus tidak hanya sekedar memberikan pelayanan yang baik. Tapi berupa pelayanan yang diberikan dengan kondisi mental bebas dari emosi negatif. Karena jika memiliki mental yang baik pasti akan memberikan pelayanan yang baik pula.

Training Service Excellent di Tuapejat merupakan salah satu cabang training atau pelatihan motivasi untuk karyawan. Training service excellent sering disebut sebagai pelayanan prima. Dimana pelayanan ini ditujukan untuk memenuhi apa yang diperlukan dan dibutuhkan pelanggan. Melalui training service excellent, karyawan akan dilatih dan diarahkan tentang bagaimana melayani dengan baik melalui sikap dan perilaku.

Bagi sebuah perusahaan, customer service dan receptionist merupakan tombak reputasi perusahaan. Customer dan receptionist ini adalah bagian yang berhubungan langsung dengan pelanggan. Jika pelayanan yang diberikan buruk, maka pelanggan akan kecewa sehingga akan berdampak pada menurunnya reputasi perusahaan. Jika sudah begini perusahaanlah yang akan dirugikan. Oleh karena itu pelatihan pelayanan prima sangat dibutuhkan guna memberikan latihan serta arahan kepada karyawan agar dapat memberikan pelayanan secara maksimal.

Konsep Pelayanan Prima

Dalam pelayanan prima terdapat beberapa konsep yang menunjang sebuah layanan yang berkualitas. Konsep-konsep ini merupakan pondasi bagi service excellent yang baik, oleh karena itu sangat penting dimiliki karyawan. Beberapa konsep service excellent diantaranya yaitu :

Training Service Excellent di Tuapejat

1. Sikap

Dalam pelayanan prima terdapat berbagai konsep yang harus diterapkan. Salah satu konsep utama pelayanan prima yang harus ada dalam perusahaan yaitu sikap. Image sebuah perusahaan akan sangat ditentukan dari sikap para karyawannya, terutama yang berhubungan langsung dengan pelanggan maupun perusahaan luar.

Sikap dan pelayanan karyawan perusahaan sangat menggambarkan citra perusahaan. Setiap karyawan perusahaan sudah semestinya memiliki sikap yang ramah dan penuh simpatik. Melalui kedua sikap ini pelanggan akan merasa nyaman menggunakan produk maupun jasa yang perusahaan Anda berikan.

2. Kemampuan

Disamping itu, kemampuan atau skill juga sangat dibutuhkan bagi karyawan. Dalam hal ini yang terpenting adalah kemampuan tentang bagaimana karyawan berkomunikasi, pengetahuan yang baik di bidang pekerjaannya serta kemampuan untuk memotivasi diri.

Hal tersebut bertujuan agar karyawan senantiasa memberikan pelayanan dengan prima. Kemampuan ini dapat secara alami memang sudah ada di dalam diri karyawan. Namun dapat juga didapatkan dari latihan yang dilakukan secara siginifikan dan terus menerus.

3. Perhatian

Tak hanya itu, perhatian juga sangat dibutuhkan dalam memberikan pelayanan prima. perhatian erat kaitannya dengan kepedulian. Kepedulian terhadap pelanggan akan membuat pelanggan merasa dihargai sehingga pelanggan akan terkesan dengan pelayanan yang diberikan. Perhatian di sini dapat dilakukan dengan menyapa dan mengucapkan salam, bersikap ramah dan sopan, mimik wajah harus tampak ceria dan murah senyum.

Jangan lupa untuk selalu mendahulukan keperluan dan keinginan pelanggan, menanyakan keperluan dan keinginan pelanggan dengan ramah serta mendengarkan dan memahami kebutuhan pelanggan dengan penuh rasa empati. Semua hal inisangat penting untuk mengambil hati pelanggan. Jika hal ini berhasil maka pelanggan akan senantiasa menggunakan produk maupun jasa milik perusahaan Anda.

4. Tindakan

Tindakkan yang nyata juga harus dilakukan dengan tepat dan cepat untuk melayani pelanggan. Jika pelayanan yang diberikan dalam bidang transaksi, maka prosedur kecekatan dan ketepatan transaksi harus menjadi prioritas utama. Meskipun telah melayani dengan sikap yang ramah, namun jika tidak dibarengi dengan tindakan maka takkan dapat memuaskan pelanggan. Ini sering terjadi pada perusahaan yang hanya memberikan janji-janji untuk memnuhi kebutuhan pelanggannya tanpa diimbangi dnegan tindkan yang nyata.

Sudah seharusnya ini tidak terjadi pada perusahaan Anda. Sebab selain akan berdampak pada reputasi yang buruk di mata pelanggan, juga akan mengurangi kepercayaan pelanggan. Alhasil perusahaan justru akan mengalami kerugian.

5. Tanggung jawab

Pelayanan prima juga harus diimbangi dengan tanggung jawab. Sikap keberpihakan terhadap pelanggan adalah kunci utamanya. Dengan begitu pelanggan akan merasa dipedulikan. Karyawan yang tidak memiliki rasa tanggung jawab terhadap pekerjaannya akan sangat merugikan pelanggan.

Oleh karena itu tanggung jawab terhadap bidang pekerjaan masing-masing harus benar-benar diperhatikan dengan baik. Sehingga akan meminimalisir ketidakpuasan pelanggan. Maka yang terjadi pelanggan akan lebih percaya terhadap kualitas kinerja perusahaan Anda.

6. Penampilan

Tak hanya softskill yang dibutuhkan dalam memberikan pelayanan prima kepada pelanggan. Penampilan juga sangat menunjang service excellent yang sempurna. Penampilan karyawan secara fisik terbukti merefleksikan kredibilitas perusahaan. Oleh karenanya standar penampilan juga harus diperhatikan bagi perusahaan.

Standar penampilan fisik yang paling menonjol dalam pelayanan prima adalah pakaian formal dan sopan. Selain itu factor kerapihan tempat kerja maupun personal karyawan juga perlu diperhatikan. Dan yang terpenting adalah gunakan tanda pengenal, sehingga pelangga akan lebih yakin terhadap kinerja karyawan perusahaan Anda.

Siapa Yang Membutuhkan Training Service Excellent di Tuapejat?

Bisa dikatakan semua perusahaan saat ini membutuhkan training service excellent. Karena dijaman yang modern saat ini perusahaan membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas. Dan salah satu yang menjadi indikatornya adalah tingkat kualitas pelayanan. Pelayanan terhadap rekan kerja, pimpinan (internal customer) maupun pelayanan terhadap pelanggan (external customer)

Pelayanan terhadap internal customer

Internal customer adalah orang-orang yang terlibat didalam proses produksi perusahaan. Seperti semboyan para pebisnis : “Bila pegai tidak bisa terpuaskan, maka Anda tidak akan mempunyai pelanggan yang terpuaskan”. Oleh karena itu semua wajib melaksanakan pelayanan prima dilingkungan perusaahan. Yang akan menunjang kelancaraan proses produksi. Dan bisa berdampak pada meningkatnya tingkat kepuasan para pelanggan.

Pelayanan terhadap eksternal customer

Pelanggan adalah sesuatu yang sangat penting bagi perusahaan. Karena pelanggan merupakan peluang besar perusahaan untuk mendapat keuntungan. Untuk itu perusahaan wajib menomer satukan pelanggan. Bahkan ada semboyan : “Pelanggan adalah raja”. Dengan memberikan pelayanan prima kepada pelanggan diharapkan dapat meningkatkan loyalitas kepada perusahaan. Yang pasti berrdampak pada meningkatnya keuntungan perusahaan.

Kenapa Training Service Excellent Sangat Dibutuhkan Perusahaan?

Pelayanan prima mempunyai pengaruh penting terhadap bisnis suatu perusahaan. Dengan pelayanan yang baik. Pasti akan berdampak pada banyaknya pelanggan yang terpuaskan. Jika banyak pelanggan yang merasa puas. Maka nama baik perusahaan menjadi terkenal. Yang tentunya akan berdampak meningkatnya keuntungan perusahaan.

Salah satu hal terpenting dengan diberikannya pelayanan prima yaitu memberikan bekal kepada karyawan untuk memberikan pelayanan prima yang optimal kepada konsumen. Elemen-elemen tersebut berupa kepuasan, kualitas, kuantitas, proses, kenyamanan, keamanan, biaya, ketepatan serta kecepatan. Melalui pelayanan prima, karyawan dapat memahami cara memberikan pelayanan yang tepat kepada konsumen. Dengan begitu karyawan akan tetap ramah serta disenangi para konsumen.

Training Service Excellent di Tuapejat ini sangat dibutuhkan bagi cooperation seperti rumah sakit. Kegiatan sehari-hari dalam rumah sakit adalah memberikan pelayanan terhadap orang yang sakit. Pelayanan yang diberikan dari dokter, maupun perawat harus dilakukan dengan pelayanan yang prima yaitu sesuai dengan konsep keramahan, kecepatan dan ketepatan. Cara-cara memberikan pelayanan prima ini dapat dilakukan melalui program training service excellent yang kami sediakan.

Banyak perusahaan-perusahaan besar yang sukses karena memprioritaskan pada pelayanan prima yang mereka berikan. Sebagai contoh, Bank BCA dan BRI merupakan dua bank yang paling banyak memiliki nasabah di Indonesia. Kedua bank ini memiliki banyak nasabah karena pelayanan yang optimal yang mereka berikan. Bisa kita lihat, bank BRI menyediakan layanan ATM hingga pelosok desa. Sementara Bank BCA melayani nasabahnya melalui pelayanan yang mereka optimalkan melalui teknologi, seperti layanan chat bagi nasabah yang membutuhkan bantuan. Melalui layanan chat ini sangat memudahkan nasabah untuk menjangkau mereka.

Dari contoh tersebut kita tahu bahwa pelanggan akan lebih cenderung mengutamakan pelayanan yang diberikan. Kemudahan untuk menjangkau layanan yang diberikan adalah tujuan utama pelanggan. Kecepatan dan kenyamanan yang diberikan kepada pelanggan ini merupakan beberapa konsep dalam service excellent. Oleh karena itu pelatihan dan pengembangan sikap serta perilaku dalam sistem pelayanan berupa “standard service” perusahaan adalah kegiatan yang perlu dan penting untuk dilakukan. Mengingat service excellent ini merupakan bagian dari perusahaan yang tidak dapat dipisahkan.

Melalui Training Service Excellent di Tuapejat, perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang diperoleh, diantaranya yaitu :

  • Para karyawan akan mengetahui dan memahami bagaimana memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan.
  • Meningkatkan kepercayaan perusahaan kepada pelanggan
  • Meningkatkan kredibilitas atau citra baik perusahaan di dalam masyarakat
  • Meminimalisir resiko tuntutan dari pelanggan
  • Meningkatkan omzet perusahaan
  • Menciptakan image perusahaan yang professional
  • Kelangsungan usaha lebih terjamin

Tujuan Training Service Excellent di Tuapejat

Untuk dapat menerapkan pelayanan prima, training service excellent sangat diperlukan. Service excellent berperan untuk mendongkrak  SDM perusahaan agar dapat memberikan pelayanan prima yang optimal kepada pelanggan.

Hal utama yang menjadi tujuan diadakannya training service excellent agar perusahaan dapat mengambil manfaat yang diperoleh. Bagi perusahaan, training service excellent berperan sebagai :

1. Karyawan Akan Memiliki Karakter Yang Membuat Pelanggan Terlayani Dengan Baik

Dalam prosesnya, para peserta training service excellent akan belajar bagaimana memperlakukan pelanggan sebagai raja. Selain itu peserta juga akan dilatih untuk meningkatkan motivasi diri. Dengan motivasi diri yang baik maka akan terbentuk mental karyawan yang positif. Sehingga mereka bekerja bukan hanya untuk mendapatkan uang melainkan memberikan kepuasan bagi para pelanggan, dan itu menjadi tujuan mereka bekerja.

Melalui karakter diri yang baik tersebut maka karyawan hanya akan berfokus pada pemberian pelayanan yang terbaik. Dengan begitu peserta akan menjadikan pelanggan nomor satu dan akan lebih mengutamakan kepentingan pelanggan.

2. Karyawan Akan Memperoleh Teknik Berkomunikasi Yang Baik Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan

Dalam hal ini training service excellent akan berfokus pada kualitas perilaku komunikasi baik verbal maupun non verbal. Peserta akan diajarkan mengidentifikasi karakteristik pelayanan pelanggan secara langsung maupun tidak langsung. Sebab komunikasi dan interaksi yang baik akan memberikan kepuasan tersendiri bagi pelanggan. Terutama dalam memahami keluhan pelanggan. Semua hal itu akan peserta dapatkan melalui training service excellent.

Yang terpenting dari poin ini adalah bagaimana meningkatkan profesionalisme melalui teknik berkomunikasi yang baik. Sehingga akan menimbulkan hubungan positif antara pelanggan dengan karyawan, terutama (frontline).

3. Karyawan Akan Memiliki Kecerdasan Emosional Yang Baik

Melalui training service excellent peserta akan mempelajari dan memahami kcerdasan emosi masing-masing. Kecerdasan emosi sangat penting dan dibutuhkan perusahaan. Melalui kecerdasan emosional yang baik yang ada pada diri karyawan akan memberikan efek positif bagi pelayanan prima kepada pelanggan.

Saat menjalani pelatihan, peserta akan belajar membangun hubungan, interaksi serta komunikasi secara personal maupun interpersonal skill. Dengan demikian peserta akan memiliki rasa empati yang dapat diaplikasikan kepada pelanggan.

4. Karyawan Akan Belajar dan Memahami Etika Pelayanan Yang Baik dan Benar

Ada banyak hal yang dipelajari dalam etika pelayanan. Beberapa diantaranya yaitu integritas, loyalitas serta tanggung jawab moral. Etika pelayanan ini sangat berpengaruh pada reputasi sebuah perusahaan. Dengan belajar etika pelayanan, maka karyawan akan mengurangi perilaku negative mereka. ini sangat menguntungkan bagiperusahaan.

Selain dapat memberikan pelayanan prima terhadap pelanggan juga dapat meminimialisir konflik di dalam perusahaan. Karyawan yang memiliki etika yang baik tentu akan berperilaku baik pula. Dengan begitu konflik yang mungkin terjadi di dalam perusahaan maupun karyawan akan dapat diminimalisir.

Apa Manfaat Training Service Excellent di Tuapejat?

Kompetisi dalam dunia bisnis sangatlah ketat. Tingkat persaingan semakin lama semakin kuat. Perusahaan yang dapat memberikan pelayanan terbaiklah yang bisa memenangkan kompetisi tersebut. Untuk itu setiap perusahaan dituntut untuk terus meningkatkan pelayanannya. Dengan persaingan yang semakin ketat pasti kompetitor Anda juga melakukan  hal yang sama. Jika Anda mudah merasa puas dengan kualitas pelayanan di perusahaan Anda. Maka lambat laun Anda akan tersingkir dari persaingan ini.

Dengan memberikan training service excellent. Maka Anda sudah berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan diperusahaan Anda. Manfaat training service excellent banyak sekali, diantaranya:

  • Karyawan mengetahui bagaimana cara memberikan pelayanan yang maksimal. Agar pelanggan merasa puas dan menjadi pelanggan yang loyal terhadap perusahaan.
  • Meningkatkan kepercayaan pelanggan kepada perusahaan.
  • Meningkatkan citra perusahaan dimata masyarakat. Yang berdampak pada meningkatnya jumlah pelanggan setia maupun pelanggan baru perusahaan.
  • Menghindari adanya tuntutan atau komplain dari pelanggan .
  • Meningkatnya jumlah keuntungan perusahaan.

Untuk itu tidak ada salahnya jika anda memberikan pelatihan untuk meningkatkan pelayanan prima karyawaan perusahaan Anda.

Anda Membutuhkan Training Service Excellent di Tuapejat?

PT. Inspiera Sinergi Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dibidang pengembangan dan pelatihan SDM. Selama lebih dari 10 tahun memberikan pelatihan-pelatihan diberbagai perusahaan besar diseluruh Indonesia. Sangat banyak perusahaan-perusahaan besar di Indonesia yang merasa puas dengan hasil training Inspiera.

Banyak perusahaan yang berhasil meraih prestasi setelah melakukan training karyawan bersama kami. Sebagai contoh prestasi perusahaan yang pernah training bersama Inspiera.

 

Dirjen Pajak Kanwil III Malang berhasil menjadi Kanwil terbaik di Indonesia pada tahun 2016. Bahkan capaian penerimaan pajak di kanwil III Malang mampu melebihi target yang telah ditentukan oleh Presiden Jokowi. Jadi setelah melakukan training bersama Inspiera instansi tersebut berhasil menyabet 2 penghargaan sekaligus. Yaitu penghargaan karena menjadi satu-satunya kanwil pajak yang berhasil mencapai target. Dan yang kedua penghargaan sebagai Dirjen Pajak terbaik di Indonesia.

Bank BCA Kanwil 5 Surabaya berhasil melampaui target tahunan di bidang KPR. Bahkan capaian sampai 300% melebihi target tahunan yang telah ditentukan. Oleh sebab itu BCA Kanwil V Surabaya mengirimkan email dan meminta PT Inspiera untuk mentraining mereka kembali secara rutin.

Dengan demikian hal tersebut menjadi bukti bahwa PT Inspiera merupakan lembaga pelatihan dan pengembangan terbaik. Bersama trainer-trainer Nasional senior yang bergabung bersama kami. Semakin menambah nilai unggul PT Inspiera di Indonesia.

Salah satu trainer yang mencuri perhatian adalah Andik Top. Siapa itu Andik Top?

Andik Top Motivator Termuda Di Inspiera

Kami adalah layanan training motivasi yang sudah terkenal di Malang. Kami memiliki fasilitator berpengalaman yang telah dipercaya ratusan klien untuk mendongkrak karyawan agar memiliki basic service excellent yang lebih baik. Trainer yang kami sediakan telah terbukti bekerja memotivasi karyawan klien dan membawa dampak baik bagi perusahaan mereka. Ini dibuktikan dengan banyaknya klien yang melakukan repeat order seminar maupun training yang kami berikan.

Trainer kami akan mengajarkan dan memberikan arahan kepada karyawan perusahaan Anda mengenai cara mengetahui keinginan serta apa yang dibutuhkan pelanggan. Disamping itu, diajarkan juga mengenai cara bersikap terhadap pelanggan. Cara-cara ini dilakukan melalui bahasa atau cara berbicara, bahasa tubuh, hingga memahami kondisi psikologis orang yang dihadapi.

Mochamad Andik, SE atau biasa di panggil Andik Top adalah motivator termuda yang ada di Inspiera. Meskipun beliau termuda tapi dalam ilmu pelatihan dan pengembangan SDM beliau tidak perlu diragukan lagi. Beliau adalah seorang pebisnis sejati yang memulai bisnisnya sejak duduk dibangku SMA.

Menantang kerasnya dunia usaha sejak usia dini. Rugi, bangkrut, tertipu adalah yang sering beliau rasakan. Hal tersebutlah yang membuatnya menjadi pribadi yang tangguh. Bukannya kapok berbisnis, hal tersebut justru membuatnya menjadi wirausahawan yang sejati.

Tercatat beberapa prestasi menakjubkan yang berhasil beliau raih. Baik prestasi akademik maupun prestasi dimata masyarakat. Seperti saat beliau berhasil membeli mobil sendiri meskipun sedang duduk dibangku kuliah. Bahkan beliau berhasil menciptakan hasil karya. Hasil karya tersebut berupa sebuah buku karangan berjudul Jadilah Mahasiswa Kaya  yang diterbitkan Erlangga Group.

Selain motivator, Andik Top juga merupakan pebisnis yang sukses. Jatuh bangunnya dalam dunia bisnis memberikan berbagai macam pengalaman yang menantang. Beliau telah sukses memotivasi banyak orang untuk menjadi karyawan yang bekerja lebih baik dengan tulus dari hati.

Selain seorang wirausahawan sukses beliau juga dikenal sebagai motivator handal. Sudah lebih dari 13 tahun beliau berkeliling Indonesia untuk memberikan pelatihan-pelatihan karyawan di perusahaan besar. Materi unggulan yang sudah terkenal dari beliau adalah seputar tehnik peningkatan produktifitas karyawan.

Selain Andik Top , masih banyak lagi motivator-motivator dan trainer-trainer kawakan yang bergabung bersama kami. Untuk itu tidak salah jika Anda mempercayakan kebutuhkan training Anda kepada Inspiera.

Mengapa Memilih PT Inspiera?

Selain memiliki trainer-trainer dengan kualifikasi Pembicara Nasional. PT Inspiera juga memiliki nilai unggul yang perlu Anda pertimbangkan untuk Training Service Excellent di Tuapejat, berikut ini:

  • Inpiera memliki Tim EO yang profesional, kompak, atraktif dan seru. Yang akan mensuport kegiatan Training perusahaan Anda menjadi pelatiha yang paling berkesan bagi karyawan Anda.
  • Tim EO siap menghandel segala kebutuhan training. All in Facilities : Akodomasi, konsumsi dan transportasi. Bukan hanya itu, segala perlengkapan pendukung akan disiapkan untuk menunjang semua kegiatan Training prusahaan Anda.
  • Bukan Sekedar Pelatihan karyawan biasa. Ini akan menjadi moment paling berkesan bagi karyawan Anda. kami siap mengkonsep acara yang out of the box. Yang belum pernah Anda bayangkan sebelumnya.

Mekanisme pelatihan yang kami berikan melalui dua jenis metode, yaitu indoor dan outdoor. Melalui metode indoor, karyawan akan dibekali berbagai materi mengenai service excellent melaui training motivasi maupun seminar. Sedangkan metode outdoor, dilakukan melalui outbond dan berbagai rangkaian kegiatan untuk membentuk kerjasama tim yang baik. Kami juga memberikan pelatihan kepada karyawan berupa games sebagai simulasi kondisi pekerjaan. Melalui games ini akan memudahkan dan memaksimalkan penyerapan materi.

Agenda Training Service Excellent di Tuapejat Yang Dapat Dipilih

Kami melayani kebutuhan traning sesuai dengan yang perusahaan Anda butuhkan. Agenda yang disediakan yaitu terbagi menjadi tiga bagian. Model agenda dapat Anda pilih sesuai kebutuhan dan keinginan Anda. Beberapa agenda yang kami sediakan yaitu :

1. One Session Training

Training yang dilakukan dengan agenda ini berlangsung hanya dalam satu sesi. Trainer kami akan memberikan pelatihan dan motivasi kepada peserta dengan waktu yang cukup singkat.

2. Full Day Training

Untuk pelatihan dengan agenda full day training dilakukan selama satu hari full. Pelatihan berlangsung selama beberapa sesi. Semua fasilitas sudah kami akomodir, sehingga peserta hanya terima beres.

3. Full Day Training Plus Outbond

Sementara untuk agenda ini pelatihan dilakukan dengan cara indoor dan outdoor. Setelah peserta diberikan materi secara indoor, kemudian peserta diajak melakukan kegiatan outdoor.

Melakukan training bersama Inspiera adalah pilihan yang sangat tepat. Karena itu artinya Anda berkesempatan untuk menyerap ilmu dan inspirasi dari trainer-trainer senior. Percayakan solusi training perusahaan Anda kepada PT Inspiera Sinergi Indonesia. Bersama trainer-trainer yang berpengalaman selama lebih dari 10 tahun . Memberikan training di banyak perusahaan besar di Indonesia. Jika anda ingin meningkatkan produktifitas kinerja dan pelayan prima di perusahaan Anda. Hubungi segera : 081.230.231.150



Contact Person : Bpk. Andik Top
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Leave a Comment