Mengenal Apa Itu Training The Train, Tujuan Dan Manfaatnya Bagi Trainer

Seperti pelatihan pada umumnya, training the train juga merupakan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi seseorang, baik khusus untuk seorang traner maupun umum seperti para karyawan perusahaan.

Seperti yang kita tahu dalam perusahaan training atau pelatihan adalah bagian penting yang tidak dapat dilepaskan dari kemajuan perusahaan. Apalagi bagi seorang pemimpin yang merupakan trainer bagi bawahannya. Maka dengan mengikuti training the train ini diharapkan pemimpin dapat memberikan motivasi serta pembelajaran bagi bawahannya.

Melalui pelatihan ini peserta yang mengikuti training akan mendapat materi berupa teknik yang memungkinkan seseorang menjadi fasilitator yang baik. Pada prosesnya Training The Train mencakup tiga tahapan, diantaranya yaitu mengasah keterampilan melatih, memberikan bekal kepada trainer agar mampu mendesain materi training serta menciptakan trainer yang mampu membawa progress bagi pesertanya.

Sebab perlu diketahui bahwa keberhasilan seorang trainer atau fasilitator bukan terletak pada kemampuan dirinya dalam menyampaikan materi. Melainkan pada dampak baik dan progress yang akan didapatkan para pesertanya.

Apa Itu Training The Train?

Training the train atau biasa disebut pelatihan untuk pelatih merupakan pelatihan yang diberikan kepada fasilitator atau pelatih agar menjadi seorang trainer yang handal. Jadi bukan hanya karyawan saja yang membutuhkan pelatihan, melainkan seorang pelatih juga membutuhkan pelatihan untuk terus mengasah kemampuannya.

Keberadaan pelatihan ini cukup penting bagi seorang trainer. Sebab ada banyak manfaat yang bisa diambil, diantaranya yaitu agar mampu menganalisis kebutuhan pelatihan berupa merancang hingga mengevaluasi pelatihan. Melalui training the train maka seorang trainer akan dapat memahami berbagai tipe cara belajar, gaya mengajar dan memahami dimensi efektivitas sebagai trainer untuk dapat menerapkan pada berbagai situasi. Menjadi seorang trainer berarti bertugas mengembangkan sumber daya manusia. Oleh sebab itu dibutuhkan pelatihan guna dapat mengenal komponen dan esensi dasar dari SDM sebagai suatu potensi dalam mencapai tujuan perusahaan. Dengan pamahaman yang dimiliki demikian maka penyampaian materi pelatihan kepada peserta akan dapat berjalan dengan efektif.

Siapa Saja Yang Bisa Mengikuti Training The Train?

Tidak hanya seorang pelatih saja yang membutuhkan pelatihan ini. Oleh karena pelatihan ini juga berhubungan dengan bagaimana mengatur dan mengembangkan sumber daya manusia, maka individu-individu yang menempati posisi kunci dalam menagani pengembangan SDM di perusahaan pun juga bisa mengikuti  pelatihan ini. Selain itu, setiap level pimpinan yang bertanggung jawab untuk memberdayakan bawahan juga sebaiknya mendapatkan pelatihan ini.

Tujuan Diadakan Training The Train

Pelatihan ini didesain untuk memenuhi kebutuhan untuk meningkatkan kompetensi. Adapun lebih lanjut mengenai tujuan tersebut yaitu:

  • Agar peserta pelatihan dapat memahami peran penting seorang trainer dalam menjalankan training.
  • Agar peserta pelatihan dapat mampu menjadi seorang trainer berbasis experiential learning.
  • Agar peserta mampu mengembangkan program Inhouse Training di perusahaan/institusi atau Outhouse Training lainnya.
  • Agar peserta pelatihan mampu mengenali kunci sukses seorang trainer.
  • Agar peserta dapat menerima feedback & evaluasi serta mampu mengembangkan diri menjadi seorang trainer yang berkompeten dan handal.

Materi Training The Train

Untuk meningkatkan kemampuan dalam memberikan pelatihan, para peserta akan dberikan materi khusus. Dalam pelatihan ini biasanya akan dibahas berbagai topik diantaranya:

  • Materi Pengantar dan Kunci Sukses Seorang Trainer
  • Materi Teknik Presentasi
  • Materi Persiapan Materi Training
  • Materi Manajemen Peserta Training
  • Materi Metode Training dan Penggunaan Media Training
  • Materi Praktek, Feedback dan Evaluasi
  • Materi Siklus Training dan Konsep Training
  • Icebreaking

 



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Leave a Comment