Tujuan Pengembangan SDM Yang Penting Bagi Perusahaan

Pengembangan SDM di dalam sebuah perusahaan bertugas membantu karyawan dalam mengembangkan kemampuannya. Biasanya di dalam perusahaan tugas ini dijalankan oleh HRD. Melalui divisi HRD kemampuan dan keterampilan karyawan akan dikembangkan dengan berbagai macam metode. Dimana hal ini dilakukan guna mendpaatkan SDM yang berkualitas. Pengembangan SDM itu sendiri ditujukan agar karyawan dalam situasi kerja dapat memperoleh kemampuan untuk mengerjakan tugas-tugas mereka. Pentingnya tujuan pengembangan SDM menjadikan perusahaan-perusahaan mulai memikirkan hal ini untuk kesejahteraan karyawannya. Lebih jauh mengenai tujua pengembangan SDM akan dipaparkan berikut ini:

1. Meningkatkan Produktifitas Kerja

Hal utama yang menjadi tujuan pengembangan SDM yaitu meingkatkan produktifitas kerja. Peningkatan ini disebabkan karena pengembangan SDM diberikan akan mengasah  technical skill, human skill, dan managerial skill karyawan yang semakin baik. Dengan bekal pemahaman yang baik tentang hal-hal tersebut maka kinerja karyawan pun akan terdorong menjadi semakin baik pula.

2. Memelihara Moral Karyawan

Tujuan yang kedua yaitu memelihara moral karyawan. Melalui pengembangan tidak hanya hard skill karyawan saja yang dikembangkan. Melainkan soft skills berupa moral SDM juga turut dilatih dan dikembangkan. Dengan kemampuan soft skills yang baik yang dimiliki karyawan maka terjadinya kecurangan di dalam perusahaan akan dapat diminimalisir dengan baik. berbagai sikap buruk seperti berbohong, korupsi, dan lain-lain bisa dicegah melalui fungsi pengembangan SDM.

3. Meningkatkan Peluang Karir

Pengembangan SDM juga bertujua untuk menignkatkan peluang karir. Adanya pengembangan SDM maka kesempatan untuk meningkatkan karier karyawan semakin besar. Hal ini karena keahlian, keterampilan, dan prestasi kerjanya menjadi lebih baik. Prestasi itulah yang nantinya akan menjadi pertimbangan untuk menaikkan jenjang karir.

4. Meminimalisir Kerusakan

Salah satu orientasi pengembangan SDM yaitu menciptakan SDM yang terlatih. SDM yang terlatih tentu akan terhindar dari melakukan kesalahan. Beberapa kesalahan seperti kerusakan barang, produksi, dan mesin-mesin karena karyawan akan dapat terhindari. Hal ini karena dengan pengembangan SDM karyawan akan semakin ahli dan terampil dalam melaksanakan pekerjaannya

5. Meningkatkan Kepemimpinan

Dalam pengembangan SDM biasanya diberikan materi dan pemahaman mengenai kepemimpinan. Disinilah jiwa kepemimpinan semua karyawan akan diasah. Dengan memiliki jiwa kepemimpinan maka motivasi serta semangat bekerja akan lebih tinggi. Tidak hanya itu karyawan juga akan mampu menyikapi masalah kelompok dengan bijak. Sikap kepemimpinan yang dibutuhkan dalam sebuah kelompok pun akan dipahami melalui pengembangan SDM ini.

6. Meningkatkan Komitmen Karyawan

Pemberian pengembangan SDM bagi karyawan dapat meningkatkan komitmen karyawan itu sendiri terhadp perusahaan. Mengapa demikian? Karena kegiatan pengembangan ini akan memunculkan persepsi baik dari karyawan kepada perusahaan. Mereka akan merasa diperhatikan kesejahteraannya. Bahkan hal ini dapat memotvasi mereka untuk bekerja lebih giat lagi. Disinilah komitmen karyawan terhadap perusahaan akan muncul.

7. Meningkatkan Pelayanan

Dalam pengembangan SDM karyawan juga akan diberi pelatihan mengenai bagaimana memberikan pelayanan yang baik terhadap konsumen. Beberapa materi yang diberikan biasanya mengenai komunikasi efektif, pelayanan prima dan lain-lain. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik dari SDM. Sebab pemberian pelayanan yang baik merupakan cover perusahaan di mata konsumen. Semakin baik pelayanannya maka akan dianggap semakin kredibel perusahaannya.

Pada intinya tujuan utama pengembangan SDM yaitu meningkatkan produktifitas kerja karyawan. Dalam upaya mengembangkan kualitas SDM biasanya dilakukan pelatihan. Pelatihan yang diberikan terbukti mampu meningkatkan keterampilan serta motivasi kerja karyawan. Sehingga pada akhirnya akan mengarah pada peningkatan produktifitas kerja yang lebih tinggi. Dengan demikian maka akan berdampak pula pada profitabilitas perusahaan Anda.

 



Contact Person : Andik
0856 3054 878 (WA) 
081 230231 150 (WA/Telpon)
 
Email: inspieraid@gmail.com 

Leave a Comment