Pemimpin dituntut mampu untuk memilki manajemen diri yang baik, khususnya dalam mewujudkan komunikasi efektif. Karena hal itu akan memudahkan dalam proses memimpin organisasi / perusahaan yang dipimpinnya. Berikut beberapa keterampilan yang perlu dimiliki pemimpin untuk meningkatkan kemampuan komunikasi efektifnya :
1.Memiliki Keterampilan dalam Mengatur Waktu.
Seringkali, para pemimpin lupa dengan batasan waktu yang dimilikinya untuk berbicara di depan karyawan. Kadang-kadang, sangking asyiknya berdiskusi dengan para karyawan atau audiens lainnya, pemimpin tersebut lalu menghabiskan waktu lebih dari yang telah ditetapkan. Kondisi seperti ini tidak jarang akan memunculkan komunikasi yang kurang efektif.
Supaya lebih bisa meraih komunikasi yang efektif, sebaiknya pemimpin membiasakan untuk mengasah keterampilan dalam mengatur waktu ketika berbicara. Pemimpin perlu memahami kapan harus berpindah ke topik pembicaraan yang baru, kapan pemimpin harus mengulang poin-poin penting yang sama, kapan pemimpin bisa memberikan humor dan kapan pemimpin harus serius dalam menjelaskan poin-poin penting.
2. Fokus untuk Mendapatkan Komunikasi Efektif.
Pemimpin sesekali memang perlu menyisipkan humor di sela-sela diskusinya dengan orang lain. Tujuannya agar perbincangan tidak berjalan terlalu serius, sehingga audiens atau para pendengar kemudian bisa rileks dan tertawa-tawa bersama-sama. Akan tetapi, dalam dunia profesional, komunikasi efektif tidak didominasi dengan humor dan tertawa yang berlebihan. Jangan sampai fokus pemimpin tersebut kemudian menjadi melenceng dan terlupa untuk menyampaikan poin-poin penting dalam menciptakan komunikasi efektif.
3. Tidak Terpaku dengan Teks.
Terlalu terpaku dengan kalimat-kalimat yang tertera di dalam teks hanya akan membuat pemimpin menjadi komunikator yang kaku dan membosankan. Kenyataannya, para subordinat atau karyawan akan lebih suka dan merasa lebih terinspirasi ketika mereka mendengar penjelasan dari para pemimpinnya yang tidak menggunakan teks, buku atau terpaku dengan sumber bacaan lainnya.
4. Meminta Umpan Balik (Feedback) yang Jujur.
Feedback atau umpan balik bukan hanya perlu diberikan ketika penilaian kinerja. Namun untuk meraih komunikasi efektif, pemimpin juga perlu meminta feedback atau umpan balik dari orang lain loh. Dalam hal ini, pemimpin bisa meminta feedback atau umpan balik dari rekan-rekan kerjanya seperti, CEO, manajer, rekan kerja sebaya, bahkan memintanya dari para anggota tim.
Dengan berkomunikasi secara jelas tersebut akan menghasilkan komunikasi yang efektif. Dan keterampilan untuk menciptakan komunikaasi efektif tersebut perlu dimiliki oleh setiap pemimpin di dunia ini. Tujuannya adalah agar semua kerja keras yang dilakukan bersama dapat menuju satu arah tujuan yang jelas.
Salah satu upaya untuk meningkatkan kmunikasi efektif khususnya di Perusahaan adalah dengan mengadakan Pelatihan Komunnikasi Efektif. Pelatihan tersebut harus diberikan oleh lembaga training / konsultan yang terpercaya agar hasil pelatihan tersebut memiliki dampak bagi perusahaan tersebut. PT INSPIERA SINERGI INDONESIA sebagi selaku salah satu provider training terkemuka di Indonesia telah banyak dan berpengalaman dalam membantu perusahaan / instansi dalam membantu mengadakan event Pelatihan omunikasi Efektif bagi perusahaan / instansi / organisasi. Hubungi 0823-3236-0252 Untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai layananan dari PT. Inspiera Sinergi Indonesia
2 thoughts on “Meningkatkan Komunikasi efektif”